Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Kumpulan 6 Film Horor dan Thriller Terbaik Joko Anwar, Wajib Ditonton!

Editor KapanLagi.com   | Minggu, 11 September 2022 12:04 WIB
Kumpulan 6 Film Horor dan Thriller Terbaik Joko Anwar, Wajib Ditonton!
Poster Kumpulan Film Joko Anwar (credit: instagram.com/jokoanwar)

Kapanlagi.com - Joko Anwar, pria kelahiran tahun 1976 ini ialah seorang sutradara, penulis skenario, dan produser asal Indonesia. Ia sejak di bangku SMP sangat gemar menulis dan menyutradarai pertunjukkan drama di sekolahnya. 

Kariernya mulai berkembang saat ia mewawancarai Nia Dinata untuk surat kabar harian The Jakarta Post. Saat itu Nia sangat terkesan dengan Joko Anwar dan pada akhirnya Nia mengajaknya untuk membuat proyek film bersama. Proyek film yang digarap pertama kalinya bersama Nia adalah film ARISAN (2003). 

Saat ia sukses menggarap film bersama Nia, ia memulai kariernya sendiri dengan menggarap film pertama yang berjudul JANJI JONI (2005). Mulai dari situ lah ia sering menggarap beberapa film dari genre komedi sampai horor. 

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

Ini dia beberapa film yang disutradarai dan ditulis oleh Joko Anwar. Penasaran ada apa saja? Check this out!

1. PINTU TERLARANG (2009)

Gambar

Film yang berjudul PINTU TERLARANG ini diadaptasi dari novel yang berjudul sama karya Sekar Ayu Asmara. Film tersebut bergenre psychological-thriller. Film ini dibintangi oleh Fachri Albar, Marsha Timothy, Ario Bayu, Otto Djauhari, dan masih banyak lagi. Film ini mengandung plot twist yang cukup gila.

Film yang dirilis pada tahun 2009 ini berhasil meraih penghargaan Best of Puchoon di Puchon International Fantastic Film Festival pada 16 - 26 Juli 2009 di Korea Selatan.

Film ini mengisahkan tentang seorang pematung sukses yang bernama Gambir dan memiliki kehidupan yang sempurna. Gambir ini memiliki istri cantik yang bernama Talyda. Patung - patung hasil karya Gambir ini berbentuk wanita hamil.

Ternyata, di balik semua patung wanita hamil ini terdapat sebuah rahasia besar yang mengerikan, yaitu bahwa Talyda sempat hamil dan menggugurkan kandungannya sendiri, lalu janin - janinnya tersebut ditanam di balik patung wanita hamil yang sedang dikerjakan Gambir.

Buat para pecinta thriller, jangan sampai ketinggalan untuk nonton film tersebut karena film PINTU TERLARANG saat ini sudah ada di Netflix.

2. MODUS ANOMALI (2012)

Gambar

Film MODUS ANOMALI yang dirilis pada tahun 2012 ini bergenre horor-thriller. Film ini menceritakan tentang seorang pria yang bernama John Evans (Rio Dewanto) lupa ingatan dan kebingungan di tengah hutan. Ia terbangun dari lubang kuburan yang digalinya sendiri dan tampak panik dan mencari jalan keluar atas kebingungannya dengan yang ia alami. 

John pun berusaha mencari jalan keluar dan ia tiba di sebuah pondok kecil. Ia singgah di sana dan tanpa sengaja, ia menemukan sebuah rekaman video mengerikan di televisi yang memperlihatkan pembunuhan seorang wanita hamil. Ia semakin ketakutan dan ia sadar bahwa jasad wanita itu berada tepat di belakangnya. 

Film ini diperankan oleh Rio Dewanto, Hannah Al Rashid, Izzi Isman, Surya Saputra, Marsha Timothy, Jose Gamo, dan masih banyak lagi. Walaupun film ini sudah lama dirilis, tentunya masih tetap menegangkan untuk disaksikan. Film tersebut tentunya sudah ada di Netflix, bagi pecinta horor-thriller jangan lupa untuk menyaksikan film MODUS ANOMALI ini.

3. PENGABDI SETAN (2017)

Gambar

Film PENGABDI SETAN yang tayang pada tahun 2017 ini merupakan salah satu film terlaris karena telah ditonton oleh 4.206.103 penonton di bioskop. Film ini juga tayang di beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, dan Amerika Serikat. 

Film ini berlatar di rumah yang tradisional, seperti masih ada sumur timba karena cerita ini diambil pada latar tahun 1981. Film ini diperankan oleh Tara Basro, Ayu Laksmi, Endy Arfian, Elly D. Luthan, dan masih banyak lagi. 

Film yang berhasil mendapatkan banyak penghargaan ini menceritakan tentang masalah finansial sebuah keluarga karena habis untuk biaya pengobatan sakit sang ibu yang bernama Mawarni (Ayu Laksmi). Berbagai upaya dilakukan oleh Rini (Tara Basro) sebagai anak pertama dari keluarga tersebut untuk mendapatkan uang tambahan.

Hingga suatu hari, sang ibu meninggal dunia setelah tiga tahun sakit dan hanya bisa terbaring di kamar tidur. Setelah ibu meninggal, ada banyak peristiwa aneh yang menimpa keluarga mereka. Seperti teror dari makhluk gaib yang terus menerus menghantui keluarga itu. 

Terdapat peristiwa nahas yang dialami keluarga tersebut, akhirnya Rini beserta bapak dan adik-adiknya pun memutuskan untuk pindah ke sebuah rumah susun. Sang bapak meyakinkan kalau rumah susun tersebut lebih aman dibanding rumah lama mereka.

Buat para pecinta horor, jangan sampai ketinggalan untuk nonton film tersebut karena film PENGABDI SETAN saat ini sudah ada di Netflix.

4. RATU ILMU HITAM (2019)

Gambar

Film ini mendapatkan 5 nominasi pada Festival Film Indonesia tahun 2020 yang memenangkan 2 penghargaan piala citra untuk kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik yang diterima oleh Ade Firman Hakim dan Penata Efek Visual Terbaik yang diterima oleh Gaga Nugraha. 

Film tersebut diperankan oleh Adhisty Zara, Ari Irham, Ario Bayu, Sheila Dara, Ade Firman, Miller Khan, Tanta Ginting, Hannah Al Rashid, dan masih banyak lagi. 

Film yang ditulis oleh Joko Anwar ini menceritakan tentang Hanif (Ario Bayu) membawa Nadya (Hannah Al Rashid) istrinya dan ketiga anak mereka ke panti asuhan tempat Hanif dibesarkan dulu. Mereka bermalam di sana untuk memberikan penghormatan terakhir buat orang yang sudah mengasuh Hanif dari kecil, karena pengasuh panti itu sudah sangat tua dan sakit keras, maka Hanif berniat untuk menjenguk setelah bertahun - tahun tidak bertemu.

Selain keluarga Hanif, terdapat sahabat - sahabat Hanif yang waktu kecilnya juga dirawat oleh pengasuh panti itu. Mereka semua berkumpul dan menyangka bahwa malam itu akan jadi malam yang penuh kedamaian. Tak disangka, satu per satu dari mereka mengalami keganjalan yang mengerikan dan sebagian diteror.

Film RATU ILMU HITAM adalah film bergenre horor tahun 2019 yang diadaptasi dari film berjudul sama keluaran tahun 1981. Film horor mencekam ini sudah dirilis resmi di Netflix. 

5. PEREMPUAN TANAH JAHANAM (2019)

Gambar

Film PEREMPUAN TANAH JAHANAM merupakan film horor Indonesia yang dirilis pada 17 Oktober 2019 disutradarai dan ditulis oleh Joko Anwar. Film tersebut diperankan oleh Tara Basro, Marissa Anita, Asmara Abigail, Zidni Hakim, Aghniny Haque, Christine Hakim, dan masih banyak lagi. 

Film horor ini juga memasukkan unsur - unsur budaya Indonesia di dalamnya. Seperti terlihat dari tutur bahasa para pemain dan juga rumah - rumah yang menjadi setting tempat dalam film ini.

Satu hal yang harus tahu bahwa film ini ternyata sudah mulai proses penggarapan oleh Joko Anwar sejak tahun 2011. Karena banyaknya garapan film yang harus diselesaikan oleh Lifelike Picture ini sebelum memroduksi film PEREMPUAN TANAH JAHANAM. Setelah 7 tahun, akhirnya film ini menemukan titik terang bahwa Joko akhirnya bekerja sama dengan Ivanhoe Picture untuk memroduksi film tersebut. 

Film ini menceritakan tentang kisah Maya (Tara Basro) yang mempunyai keinginan untuk mengungkapkan misteri keluarganya. Ia hidup di sebuah kota dan suatu kejadian yang tidak menyenangkan ini datang saat ia sedang bekerja. Maya diteror oleh salah satu penumpang saat ia sedang bekerja sebagai penjaga tol. Setelah kejadian itu, ia ingin beristirahat dari pekerjaannya dan pergi ke kampung leluhurnya. 

Dalam film tersebut banyak sekali adegan mengerikan yang akan membuat merinding ketakutan. Bagi yang belum nonton, wajib banget nonton karena film PEREMPUAN TANAH JAHANAM saat ini sudah ada di Netflix. 

6. PENGABDI SETAN 2: COMMUNION (2022)

Gambar

Film PENGABDI SETAN 2: COMMUNION ini merupakan salah satu film horor yang laris di tahun 2022. Film tersebut baru saja rilis pada 4 Agustus 2022 lalu. Film ini merupakan lanjutan dari film PENGABDI SETAN pertama yang sebelumnya dirilis pada tahun 2007. Karena keberhasilan di sekuel pertama, banyak sekali orang yang penasaran dengan sekuel kedua ini. 

Usai 25 hari tayang, film ini memperoleh 6,2 juta penonton bioskop. Banyak sekali teka - teki dalam film sekuel kedua hingga penonton yang sudah menontonnya, ingin menonton film horor ini kembali. 

Film ini dibintangi oleh Tara Basro, Asmara Abigail, Ayu Laksmi, Endy Arfian, Egi Fedly, Bront Palarae, Nasar Anuz, Ratu Felisha, Jourdy Pranata, dan masih banyak lagi. Terdapat juga pemeran sekuel pertama di sekuel kedua ini. 

Film PENGABDI SETAN 2: COMMUNION ini menceritakan tentang keluarga Suwono yang terdiri dari Rini, Bapak, Tony, dan Bondi yang menjalani kehidupan mereka selama lima tahun selamat dari kejadian horor pasca ibu meninggal dunia. Mereka pindah ke rumah susun tak terawat di Jakarta dan mulai membangun kehidupan barunya.

Ketika mereka berusaha menjalani hidup dengan normal, tiba - tiba fenomena Petrus (penembak misterius) merajalela dan fenomena tersebut heboh di media. Selain itu, diramalkan akan ada badai besar yang melanda Jakarta dan menjadi topik hangat. Selain itu, elevator rumah susun jatuh dan menyebabkan sejumlah korban jiwa. Kehidupan yang mereka jalani malah tidak berjalan dengan mulus. 

Bagaimanakah kelanjutan hidup keluarga Suwono? Bagi yang penasaran dan belum menonton jangan lupa ditonton karena masih tayang di bioskop Tanah Air.

 Ditulis oleh Ribka Felicia.

Editor:   Editor KapanLagi.com

Topik Terkait