Kupas Tuntas 'WIRO SABLENG' di AoV: Reaksi YouTuber Gaming - Skill Hero Super Keren

Sora Soraya | Sabtu, 11 Agustus 2018 11:08 WIB
Kupas Tuntas 'WIRO SABLENG' di AoV: Reaksi YouTuber Gaming - Skill Hero Super Keren

Kapanlagi.com - WIRO SABLENG ternyata nggak cuma dibuat dalam versi film remake lho. Sebagai kejutan, pihak Lifelike Pictures juga mengungkapkan jika Wiro akan menjadi tokoh hero terbaru dalam game Arena of Valor (AoV). Buat kamu yang udah nggak sabar memainkan karakternya, bisa mengikuti event in-game 'Untukmu Indonesiaku'.

Tentunya hal ini membuat para pecinta game antusias dan makin nggak sabar melihat aksi keren Wiro Sableng saat mengeluarkan jurus-jurus andalannya. Setidaknya hal itulah yang berulang kali disampaikan oleh sederet YouTubers gaming tanah air.

Lewat akun YouTube-nya, mereka berlomba-lomba untuk me-review bagaimana kerennya game ini dilihat dari berbagai sisi. Lantas, seperti apa sih asal mula dan detail tentang karakter Wiro Sableng yang menjadi hero baru dalam game AoV ini? Daripada makin penasaran, yuk langsung saja simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini! ;)

1 dari 5 halaman

1. Apa Itu Game AoV?

Apa Itu Game AoV? Tencent Games
Buat kamu yang masih asing dengan game, pastinya penasaran dong apa AoV itu? Well, AoV adalah singkatan dari Arena of Valor, sebuah game yang masuk dalam genre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang paling populer saat ini. Mampu menyaingi Mobile Legends yang sempat digilai beberapa waktu lalu, AoV sukses membuat gamers jatuh cinta sejak pertama kali mengoperasikannya.

Game yang mementingkan strategi, skill, dan kerja sama tim ini bertujuan untuk menghancurkan markas tim lawan. Sementara itu, karakter yang dimainkan biasa disebut sebagai hero dan juga champion. Nah, berbeda dari MOBA yang lain, AoV punya keistimewaan tersendiri.

Tidak hanya punya grafik HD yang super keren, AoV juga menawarkan ragam hero dari film-film superhero tersohor seperti Batman, Superman, Wonder Woman, hingga yang terbaru Wiro Sableng. Tentunya mereka juga punya karakter hero asli dari AoV itu sendiri.

2 dari 5 halaman

2. Popularitas & Dipertandingkan di Asian Games

Sejak awal kemunculannya, AoV memang sukses mencuri perhatian para gamers. Kerap dibanding-bandingkan dengan Mobile Legends ataupun game MOBA serupa, popularitas AoV benar-benar meroket tajam. Disebutkan ada lebih dari 150 juta pengguna aktif per bulan yang tersebar dari seluruh dunia.

Hal ini pun semakin memuncak saat AoV akhirnya terpilih menjadi game yang masuk dalam cabang baru dalam Asian Games 2018. Adalah electronic sports atau yang lebih dikenal dengan e-Sports sebuah cabang olahraga yang mempertimbangkan keterampilan, kekuatan, kecepatan, adu strategi, hingga solidaritas tim sebagai faktor utama.

Disebutkan jika ada 45 negara yang akan memamerkan skill para atlet mereka untuk cabang e-Sports Asian Games 2018. Selain AoV masih ada 5 game lain yang ikut dipertandingkan, Pro Evolution Soccer, League of Legends, Clash Royale, Hearthstone, dan Starcraft 2.

3 dari 5 halaman

3. YouTuber Gaming Ikut Penasaran!

YouTuber Gaming Ikut Penasaran! instagram.com/lalatimothy
Sebelum kabar baik tentang game AoV ini datang, Sheila Timothy selaku produser film WIRO SABLENG sempat memberikan teaser-nya pada 21 Mei lalu. Lewat akun Instagram-nya, kakak Marsha Timothy ini terlihat duduk di depan kantor pusat Tencent China, developer dari AoV.

Salah seorang YouTuber gaming pemilik chanel EJGaming yang bernama Erwin Jingga pun merasa antusias dan melihat hal ini benar-benar keren. Ia sama sekali tak menyangka jika ada 2 orang dari Garena AoV Indonesia yang jauh-jauh pergi ke China untuk mengurus hal ini.

"Menurut bang EJ ini nggak cuma Wiro Sableng yang bakal rilis ya temen-temen. Dari temen-temen yang di Malaysia, mungkin ada tokoh-tokoh fiktifnya, di Singapura, Filipina, Thailand, Eropa. Waduh, ini bakal jadi super rame banget. Gila, gila. Gue nggak ngebayangin mereka punya hero-hero yang fiktif seperti ini ya kan?" tutur EJ yang benar-benar antuasias saat mendengar awal berita ini.

Karena itulah ia benar-benar penasaran menantikan seperti apa jadinya alur AoV saat melibatkan tokoh Wiro Sableng sebagai hero di dalamnya. "Gue juga nggak sabar sih, pengin nyobain hero Wiro Sableng. Karena akan menjadi suatu kebanggaan bagi kita temen-temen ya! Hero merupakan asal dari Indonesia yang bisa dimainkan semua orang dari seluruh dunia. Bayangin kalau orang di Amerika 'What the hell is this Wiro Sableng? He is really cool man. He got an axe. His body have 212'. Ngomong apa sih anjir," tutur EJ yang tak bisa menyembunyikan rasa antusiasnya.

4 dari 5 halaman

4. Skill Hero Yang Super Keren!

Terpilihnya Wiro Sableng sebagai karakter hero baru dalam AoV tentu mengundang rasa penasaran banyak orang. Dari penampilan fisik, hero Wiro tak jauh berbeda dengan sosoknya yang ada di film. Berotot kekar dan punya rambut panjang, hero Wiro juga masih memakai baju silat lengkap dengan ikat kepalanya yang berwarna putih. Senjata andalannya pun masih Kapak Maut Naga Geni 212. Namun yang bikin makin spesial, Wiro dalam game juga dilengkapi dengan armor di bagian tangan dan kaki.

Saat bicara soal skill, hero Wiro pun memiliki berbagai jurus keren yang terdiri dari 1 skill aktif dan 3 pasif. Di antaranya ada Sacred 212, 212 Axe, Tornado Fist, dan Sunray Fist. Satu-satunya skill pasif yang dimiliki Wiro akan membuatnya hidup kembali setelah mati karena serangan musuh. Sayangnya, pertahanan fisik Wiro berkurang sebanyak 25% setelah memakai Sacred 212.

Sementara itu, 3 skill aktif yang lain berguna untuk melakukan serangan pada musuh. Dengan senjata pamungkasnya, Wiro bisa menerbangkan musuh ke langit karena pukulan kuatnya. Selain itu, Wiro juga mampu melumpuhkan musuh hingga menyebabkan kerusakan fatal, terutama saat terdorong ke dinding.

Last but not least, Sunray Fist merupakan kekuatan Wiro saat menghantamkan kapaknya ke tanah. Hal itu dapat menghasilkan ledakan besar yang mampu menghancurkan lawan ataupun markas yang ada di sekitarnya. Namun perlu digarisbawahi, ledakan Wiro akan semakin besar apabila ia mengumpulkan energinya lebih lama. Seru banget deh ya!

5 dari 5 halaman

5. Alasan Wiro Sableng Dibuat Versi Game

Sheila Timothy sebagai produser film WIRO SABLENG sekaligus pemilik Lifelike Pictures menjelaskan bagaimana tokoh Wiro bisa menjadi hero dalam AoV. Ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, ia pun menyampaikan, "Wiro Sableng sejak awal kami sudah memutuskan bahwa Wiro Sableng ini akan menjadi punya banyak turunan. Bukan cuma film."

"Terus Caravan Studio menawarkan bagaimana kalau kita kerja sama dengan game. Nah, game yang diajukan waktu itu adalah AoV. Nah ketika kami pelajari, AoV punya profil yang sangat menarik," tambahnya lagi.

Intelectual Property atau disingkat IP dari Wiro Sableng adalah alasan utama bagaimana akhirnya karakter ini dapat merambah ke dunia game. Menurut perempuan yang biasa disapa Lala ini, Wiro Sableng memiliki IP yang menarik dan menjanjikan.

"Dan seperti yang dijelaskan AOV oleh Garena, bahwa Wiro kan IP yang udah dikenal di Indonesia dari tahun 1967. Fansnya banyak dan sangat mewakili Indonesia. Karena dia ceritanya sangat Indonesia, martial art-nya juga Indonesia banget pencak silat," jelasnya.

(kpl/sry)


Editor:  

Sora Soraya

↑