'MARTABAK BANGKA', Film Drama Komedi yang Angkat Tema Kemajemukan

Wulan Noviarina Anggraini | Jum'at, 20 September 2019 16:38 WIB
'MARTABAK BANGKA', Film Drama Komedi yang Angkat Tema Kemajemukan

Kapanlagi.com - Bukan hanya mengangkat panganan populer daerah dan juga eksotisme alam di Bangka, film MARTABAK BANGKA besutan sutradara Eman Pradipta ini juga memiliki misi untuk mengenalkan budaya dan kerukunan dalam kemajemukan di timur Sumatra .

"Tujuan film ini untuk menunjukkan bahwa masih ada budaya Indonesia yang saling menghormati sesama. Karena di Bangka, (etnis) Tionghoa dan melayu hidup berdampingan. Itu salah satu misi yang mau dibawa, bahwa masih berlakunya Bhineka Tunggal Ika meski dikemas dengan komedi dan drama," ujar Eman Pradipta ditemui saat acara nonton bareng film MARTABAK BANGKA di Serpong, Tangerang, Kamis (19/9).

1 dari 2 halaman

1. Cerita MARTABAK BANGKA

Cerita MARTABAK BANGKA © KapanLagi.com/Daniel Kampua
Film MARTABAK BANGKA yang diproduseri Arbi Leo ini bercerita tentang Jaya (Ramon Jusuf Tungka) yang bekerja di kedai martabak milik Koh Acun di Jakarta. Pasca meninggalnya Koh Acun, Jaya pun memutuskan untuk terbang ke Bangka guna mencari keluarga Koh Acun. Dari situ, petualangan Jaya pun dimulai.

Selain jalan cerita, hal lain yang membuat Ramon Y. Tungka tertarik untuk bermain dalam film tersebut ialah lantaran para pemain yang terlibat. Memang bukan nama-nama besar di dunia perfilman, hampir keseluruhan pemain yang terlibat merupakan putra asli Bangka yang sama sekali belum pernah menjajal dunia akting sebelumnya.

2 dari 2 halaman

2. Banyak Pemain Film Asli Bangka

"Dengan film ini gua pengin menghapus paradigma ada aktor Ibukota, ada aktor daerah, itu sebenarnya nggak ada. Aktor ya aktor, mau dari mana kek, ya kerjaan lu aktor. Di sini kita bisa lihat kawan-kawan di Bangka mampu bermain baik, bahkan ini pertama mereka akting di depan kamera. Ketika gua ditawarin main film ini, gua mau karena tau 95 persen pemainnya orang Bangka," papar pria 35 tahun itu.

Selain Ramon Y. Tungka, film tersebut juga diperankan oleh nama-nama seperti Gabriella Desta, Ajul, Anyun, Abah Yusef, Samirah, Risky, Claresta, Yafet Ibrahim, Paulus Djauhari, dan Graceilla Angelica. Film MARTABAK BANGKA sudah bisa dinikmati penggemar film di bioskop sejak 19 September 2019.

 

(kpl/dan/phi)


Reporter:  

Dadan Deva

↑