Masyarakat 'Protes' Pemutaran 'LASKAR PELANGI'

Anton | 23 November 2008, 07:27 WIB
Kapanlagi.com - Pemutaran film LASKAR PELANGI yang digelar Pertamina, untuk memeriahkan HUT-nya ke-51 di 14 lokasi di seluruh Indonesia, memunculkan 'protes' masyarakat yang tidak berkesempatan diundang ikut nonton bareng.

"Kami menganggap bukan protes, tetapi aspirasi yang berkembang di masyarakat yang belum berkesempatan ikut menonton. Ini membuktikan film LASKAR PELANGI mendapatkan sambutan positip masyarakat," kata Tim Pemutaran film LASKAR PELANGI Pertamina, Ikfi Sukarya, di sela-sela pemutaran film di gedung Sasono Suko Cepu, Jateng, Sabtu (22/11).

Ifki mengaku banyak menerima aspirasi dari masyarakat yang meminta film diputar ulang termasuk dalam pemutaran di Cepu, juga menghadapi hal yang sama dari masyarakat terutama para guru di Blora, diluar Kecamatan Cepu yang menginginkan bisa menonton film LASKAR PELANGI.

"Karena pemutaran film ini sudah terjadwal, kami mohon maaf tidak mungkin permintaan bisa kami penuhi," katanya menjelaskan.

Menurut dia, aspirasi yang berkembang di masyarakat agar Pertamina memutar kembali film tersebut, akan menjadi bahan pertimbangan setelah pemutaran film di 14 lokasi sejak pertama di Rantau, Aceh pada 8 November dan terakhir di Jayapura pada 13 Desember.

"Sejauh ini dari pemutaran film di tujuh lokasi, termasuk di Cepu ini mendapatkan sambutan masyarakat yang luar biasa," kata Ifki yang juga Manager Data dan Informasi Pertamina (Persero).

Dia mencontohkan, pada pemutaran film di Sorong, Papua yang dilakukan di tempat terbuka dengan membuat tenda, meski diguyur hujan penonton tetap bertahan hingga rampungnya film.

Padahal, tenda yang dimanfaatkan berteduh bocor, masyarakat penonton termasuk para siswa SD tidak meninggalkan lokasi pemutaran film.

Yang jelas, menurut dia, agenda pemutaran film di 14 lokasi di seluruh Indonesia yang menjadi lokasi kegiatan Pertamina, agar pesan yang terkandung di dalam film bisa dirasakan masyarakat semua pihak, tidak hanya di Jakarta saja.

Lokasi yang menjadi ajang pemutaran film Laskar Pelangi yang digelar Pertamina yakni mulai Rantau Aceh, Prabumulih, Banyubang, Sangatta, Cepu, Bontang, Boyolali, Tanjung, Sorong, Lahendong, Mataram, Babelan dan Jayapura.

"Memang ke 14 lokasi yang kami pilih tersebut, ada kegiatan Pertamina," katanya menambahkan. (kpl/bun)

Editor:  

Anton