Melanie Subono Kenalkan Kekayaan Indonesia Melalui Film 'TENTANG IBU'

Editor KapanLagi.com   | Jum'at, 15 Oktober 2021 18:05 WIB
Melanie Subono Kenalkan Kekayaan Indonesia Melalui Film 'TENTANG IBU'
Melanie Subono (Credit: Instagram.com/melaniesubono)

Kapanlagi.com - Penyanyi sekaligus aktivis, Melanie Subono memproduksi film terbaru berjudul TENTANG IBU. Dibintangi oleh Jajang C. Noer dan Khiva Iskak, film ini akan tayang di platform streaming Vidio mulai 1 Desember 2021 mendatang. Film TENTANG IBU mengisahkan tiga figur ibu yakni ibu yang melahirkan anak, ibu bumi, dan ibu pertiwi.

Seorang anak yang berkeliling Indonesia untuk mencari ayahnya hanya bermodalkan foto pernikahan orangtuanya dan juga kain milik ayahnya. Kemudian, kain itulah yang mengarahkan anak tersebut kelima pulau Indonesia. Lalu, bertemu dengan lima kearifan, lima lagu, dan lima tradisi.

Awalnya, Melanie tidak percaya diri untuk memproduksi sebuah film. Mengingat,ia merupakan seorang wanita yang berprofesi sebagai musisi dan aktivis. Otomatis, untuk memproduksi film menjadi hal yang baru ia jalani.

"Lalu saya berkaca lewat albumnya Cokelat. Pada suatu masa Cokelat bikin album nasional. Mereka me-recycle lagu, banyak banget lagu nasional. Pada saat itu anak-anak band me-recycle lagu nasional," tambah Melanie.

"Jadi, muter otak, gimana caranya perasaan saya sudah bikin lagu, saya sudah marah-marah. Seperti apa bisa bikin orang mengenal Indonesia lewat seni," kata Melanie.

1. Sempat Tak Percaya Diri Memproduksi film

"Saya sendiri sebenernya tidak pede, saya nonton teasernya mau nangis rasanya. Saya dari dulu bergerak sebagai musisi maupun sebagai aktivis. Aktivis saya lama baik dari seni maupun teriak-teriak di jalan," kata Melanie.

Ketertarikan Melanie mempersembahkan film TENTANG IBU, karena ingin memperlihatkan betapa kayanya Indonesia dari panorama alam, dan budaya melalui karya seni.

"Ibu di sini yang kita angkat ibu dalam bentuk wujud ibu, ibu bumi di mana kita bercerita tentang rempah, ada makanan dan segala macam. Dan ibu pertiwi. Kita tidak pernah melupakan bendera Merah Putih di 5 daerah," kata Melanie dalam jumpa pers virtual, Kamis (7/10/2021).

2. Menggaet Aktor Senior

Pada film TENTANG IBU, Melanie memilih aktris senior Jajang C. Noer untuk menjadi pemeran utama sebagai ibu. Aktris yang sudah mempunyai segudang pengalaman di dunia perfilman ini merasa bersyukur bisa dilibatkan di film TENTANG IBU tersebut.

"Dengan diajak Melanie saja saya sangat bersyukur, menyenangkan sekali. Saya sih mikir, mungkin Melanie mikir tampang saya agak ke-kampungan. Jadi cocok buat orang yang di kampung. Pengalaman saya memainkan ibu di berbagai film udah banyak jadi bisa diadaptasikan," kata Jajang C. Noer.

Reporter:   Fikri Alfi Rosyadi