Menghitung Calon Tokoh Antagonis di SPIDER-MAN 3

Darmadi Sasongko | 01 Juli 2004, 19:14 WIB
Kapanlagi.com - Dalam film SPIDER-MAN 2, tokoh superhero laba-laba menghadapi tokoh antagonis Doctor Octopus yang mempunyai tambahan empat lengan robot hidup di punggungnya. Tetapi film produksi Columbia Pictures yang ceritanya diangkat dari komik terbitan Marvel ini juga menyisipkan beberapa tokoh sampingan yang akan menjadi tokoh-tokoh antagonis dalam sequel SPIDER-MAN 3 mendatang.

Beberapa calon tokoh antagonis baru tersebut diantaranya The Lizard, yang kemunculannya berawal dari Dr. Connors semula bersahabat dengan Peter. Connors kehilangan satu lengannya dan merekayasa suatu perawatan untuk meniru cara kadal menumbuhkan kembali ekornya bila putus. Tetapi prosedur perawatannya keliru dan berakibat buruk, bahkan merubah Dr. Connors menjadi tokoh antagonis berdarah dingin dan bersisik.

Tokoh antagonis lainnya adalah Green Goblin, berawal dari Norman Osborn (diperani Willem Dafoe) tewas dalam film pertama SPIDER-MAN ketika ia baku hantam dengan SPIDER-MAN. Akibatnya anaknya, Harry, menyimpan dendam kesumat pada SPIDER-MAN. Tokoh Harry Osborne yang diperani James Franco dalam dwilogi SPIDER-MAN menjanjikan balas dendam terhadap SPIDER-MAN, tanpa Harry menyadari bahwa sang superhero laba-laba adalah sahabat karibnya, Peter Parker.

Kelak Harry melanjutkan keonaran yang pernah ditimbulkan mendiang ayahnya dengan menjadi Green Goblin baru. Tanda-tandanya sudah terlihat dalam klimaks SPIDER-MAN 2, saat Harry menemukan laboratorium rahasia mendiang ayahnya.

Musuh lainnya SPIDER-MAN yang tak kalah buas adalah Man-Wolf, Tokoh Pemimpin Redaksi J. Jonah Jameson dari tabloid The Daily Bugle dikenal sebagai tokoh bersuara keras, galak dan pelit. Tapi puteranya, John, adalah astronot Amerika yang pernah menjelajahi bulan. Dalam film SPIDER-MAN 2, John Jameson yang ganteng (diperani pendatang baru Daniel Gillies) menjalin hubungan romantis dengan Mary Jane Watson, bahkan nyaris menikahi gadis pujaan Peter tersebut.

Dalam versi komiknya, John Jameson mengembangkan kekuatan manusia super dari batu kristal bulan hingga malih-rupa menjadi monster separuh manusia, separuh serigala.

Film SPIDER-MAN 2 yang sangat dinantikan para penggemarnya diputar Rabu (30/6) secara serentak di perbioskopan Amerika, Indonesia, dan mancanegara. (dis/dar)

Editor:  

Darmadi Sasongko