Para Sineas Bicara Soal Optimistik Film Indonesia di XYZ Day 2018

Galuh Esti Nugraini | 25 April 2018, 17:30 WIB
Para Sineas Bicara Soal Optimistik Film Indonesia di XYZ Day 2018

Kapanlagi.com - XYZ Day 2018 yang digagas KapanLagi Youniverse (KLY) tidak hanya bicara soal konten digital, tapi juga perkembangan film Indonesia. Dalam salah satu panel diskusi, para filmmaker seperti produser Ody Mulya Hidayat dan Sheila Timothy, serta sutradara Angga Dwimas Sasongko dan novelis Pidi Baiq, mengaku optimistis dengan antusias penonton.

Sejak dua tahun terakhir, jumlah penonton film Indonesia memang meningkat bahkan mencapai angka tiga kali lipat. Angga Dwimas selaku sutradara WIRO SABLENG mengatakan agar jumlah ini tidak membuat para produser terlena.

"Angka penonton bagus, tapi juga harus hati-hati. Jangan take for granted dengan antusias penonton hari ini. Caranya adalah produser nggak bermain aman dengan bikin film yang trendy, tapi juga bikin film yang unprogramming," kata Angga di The Hall Senayan City, kawasan Jakarta Pusat, Rabu (25/4/2018).

Sineas Indonesia mengaku optimis tentang perfilaman Indonesia © Kapanlagi.com/Bayu HerdiantoSineas Indonesia mengaku optimis tentang perfilaman Indonesia © Kapanlagi.com/Bayu Herdianto

Ia melanjutkan, "Karena saya yakin penonton akan minta lebih. Kalau kita tenang berjalan sementara penonton jalan duluan, kita takut akan jadi bubble," tutur bapak satu anak ini.

Perkembangan teknologi juga harus diantisipasi. Apabila tidak digunakan untuk sistem promosi, alangkah sangat disayangkan.

"Untuk reach lebih besar, konten digital harus pinter-pinter digunakan kreator untuk menciptakan kreasi, kebaruan, sehingga orang akhirnya tertarik menonton film. Karena dengan market yang baik, kita sebagai produser akan semakin semangat untuk terus bikin film," tandas produser Sheila Timothy.

(kpl/abs/gen)

Reporter:  

Adi Abbas Nugroho