'PEREMPUAN TANAH JAHANAM' dan 'PENGABDI SETAN', 2 Film Horor Indonesia Yang Sukses Menggebrak Pasar Internasional

Editor KapanLagi.com   | Jum'at, 03 September 2021 11:23 WIB
'PEREMPUAN TANAH JAHANAM' dan 'PENGABDI SETAN', 2 Film Horor Indonesia Yang Sukses Menggebrak Pasar Internasional
Poster Perempuan Tanah Jahanam (cr: IMDB), Poster Pengabdi Setan (cr: IMDB)

Kapanlagi.com - Sepertinya industri film Indonesia semakin gencar membawa karya-karya anak bangsa ke mata dunia. Beberapa tahun belakangan ini banyak sekali kabar baik dari dunia entertainment Indonesia salah satunya beberapa film yang sudah go international seperti Perempuan Tanah Jahanam dan Pengabdi Setan.

Tentu saja hal ini merupakan angin segar bahwa industri film Indonesia, karena film PEREMPUAN TANAH JAHANAM dan PENGABDI SETAN ini membuktikan kepada dunia bahwa film dari negara yang ada di Asia Tenggara ini juga mampu bersaing di kanca internasional. Sungguh hal yang membanggakan yah K-Lovers!

Kedua film ini tentu saja sama-sama memiliki daya tarik mereka sendiri untuk para penggemar. Baik itu dari segi alur atau jalan cerita ataupun dari segi pengambilan kamera. Film yang sama-sama menggunakan genre horor ini, tentu saja memiliki tingkat keseraman mereka sendiri. Kira-kira mana yang lebih seram yah? Berikut 5 ulasan menarik mengenai film horor PEREMPUAN TANAH JAHANAM dan PENGABDI SETAN.

1. Digarap Oleh Sutradara Yang Sama

Film PENGABDI SETAN atau SATAN'S SLAVE ini lebih dulu dirilis yaitu pada tanggal 28 September 2017, dibanding dengan film PEREMPUAN TANAH JAHANAM yang baru dirilis 2 tahun setelahnya atau pada tahun 2019.

Ternyata kedua film ini digarap oleh sutradara yang sama yaitu bung Joko Anwar. Joko Anwar, selain menjadi seorang sutradara, ia juga menjadi seorang penulis skenario dan produser keturunan Jawa, Melayu, dan Batak dan merupakan alumni dari salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia yaitu ITB.

Dilansir dari Fimela.com, dalam menggarap film PENGABDI SETAN sendiri, joko anwar mengaku kesulitan dalam mencari lokasi karena PENGABDI SETAN merupakan film tahun 80-an yang digarap ulang. "Tantangannya yang pertama yang paling besar adalah lokasi. Karena lokasi yang bisa menggambarkan di tahun 80-an sekarang sudah tidak ada lagi di Jakarta," ujar Joko Anwar pada Bintang.com dalam wawancaranya.

Ia harus sampai mencari keluar kota hanya untuk mendapatkan setting tempat yang bagus untuk film tersebut. Dan tak tanggung-tanggung Joko Anwar ternyata menghabiskan 3 bulan untuk mendapatkan lokasi yang tepat dan terpilihlah lokasi syuting mereka salah satu daerah di Jawa Barat.

Sedangkan cerita berbeda terjadi saat ia menggarap PEREMPUAN TANAH JAHANAM, yang merupakan film original yang ia tulis sendiri. Dikutip dari Fimela.com, Joko Anwar mengaku bahwa ia menggarap naskah film ini sejak tahun 2008 dan berhasil tayang pada tahun 2019, artinya ia membutuhkan setidaknya 11 tahun untuk merealisasikan karya originalnya tersebut.

2. Alur Cerita Yang Begitu Rapi

Walaupun di garap oleh sutrada yang sama, tetapi film PEREMPUAN TANAH JAHANAM dan PENGABDI SETAN sangat memiliki alur cerita yang begitu berbeda. Film PEREMPUAN TANAH JAHANAM sendiri menceritakan kehidupan dua sahabat yaitu Maya dan Dini dalam mencari tahu masalah lalu Maya yang sebenarnya. Ternyata pencarian mereka itu membawa petaka untuk keduanya.

Alur ceritanya disusun begitu rapi dengan memunculkan budaya dan mitos-mitos di sebuah desa. Meskipun Joko Anwar menuangkan banyak mitos, ilmu hitam dan budaya horor di dalamnya, film ini terlihat begitu nyata dan masuk akal. Apalagi begitu banyak plot twist dari film ini yang akan membuat terkesima dengan salah satu film garapan Joko Anwar ini.

Jika PEREMPUAN TANAH JAHANAM menceritakan masa lalu seseorang yang begitu kelam, kali ini PENGABDI SETAN membawa jalan cerita yang berbeda. PENGABDI SETAN sendiri menceritakan sebuah keluarga yang pindah ke rumah nenek yang ada di Desa karena finansial yang terus menurun. Tidak lama kemudian sang Ibu meninggal dunia dan teror mulai berdatangan.

Alur cerita yang begitu rapi dan benar-benar menceritakan bagaimana keluarga tersebut mendapat teror hingga mengetahui bahwa teror tersebut terjadi karena keluarga mereka pernah melakukan perjanjian dengan makhluk halus. Film ini benar-benar menitik beratkan fokus alur mereka pada keluarga itu, sehingga membuat film horor yang begitu apik dengan alur yang dapat dimengerti oleh penonton.

3. Pemakaian Sound Yang Tepat

Bagus dan tidaknya film biasanya dilihat dari sisi intrinsik dan ekstrinsiknya, dan kali ini kita akan mengulas sound yang digunakan dalam film PEREMPUAN TANAH JAHANAM dan PENGABDI SETAN.

Namanya saja film horor tentu tidak jauh dengan bumbu sound yang digunakan di dalam film tersebut. Selain itu sound juga merupakan hal yang sangat krusial dalam film horor, karena jika sound kurang atau berlebihan pemakaiannya maka film yang dihasilkan bisa jauh dari ekspektasi.

Untuk film PEREMPUAN TANAH JAHANAM sendiri tidak atau sangat jarang ada scene yang menggunakan jumpscare sound untuk membuat film ini menjadi horor.Film ini malah lebih menunjukkan sisi yang sangat natural sebagaimana yang ada di kehidupan nyata dan hal tersebut menambah kesan yang lebih horor di bandingkan dengan jumpscare sound apalagi dengan pengambilan kamera yang begitu sempurna.

Karena sound ini akan sangat berpengaruh bagi penonton film tersebut. Bagaimana mereka dibawa masuk dan memposisikan sebagai pemain dalam film, apalagi film ini juga sedikit memberi alunan musik tradisional yang membuat bulu kuduk bakal merinding banget.

Sama halnya dengan film PENGABDI SETAN film horor yang satu ini juga memiliki pemakaian sound yang tepat walaupun dengan beberapa tambahan musik jumpscare yang ditampilkan dalam film.

Hebatnya pemakain sound dalam film ini perlu diakui, karena langkah kaki, percikan air atau suara radio rusak begitu terdengar dengan begitu halus. Dan hal yang menarik juga adalah rumah dibuat begitu hening yang mana selain menambah kesan horor tetapi juga hal tersebut dibuat karena memakai setting tahun 80-an yang mana jarak satu rumah berjauhan.

Begitulah mengapa sound sangat penting dalam mempengaruhi suasana. Jadi apakah kalian ingin menonton kedua film ini?

4. Adegan Dinilai Terlalu Horor

Bukan main-main, kedua film yang mampu menembus festival film dunia ini tentunya memiliki adegan yang sangat horor. Dalam film PEREMPUAN TANAH JAHANAM ada banyak scene pembunuhan yang tidak manusiawi dan scene tersebut ditayangkan tanpa sensor.

Banyak penonton yang kewalahan dengan rasa takut mereka saat adegan pembunuhan dan manusia dikuliti dalam film tersebut ditayangkan melalui layar besar bioskop. Banyak dari mereka tidak sanggup menahan kengerian karena adegan tersebut dan ada yang juga menjadi begitu trauma. Tapi tentu saja, adegan itulah salah satunya alasan mengapa film ini lain dari yang lain.

Sedang, film PENGABDI SETAN, yang begitu mantap dengan setting waktu dan tempat ini, juga membawa adegan horor yang sangat membekas di ingatan para penonton, kemunculan ibu yang secara terus menerus meneror keluarganya membuat para penonton ngeri dan takut sehingga terus terbayang-bayang dengan adegan yang di dalam film. Ngeri banget yah!

5. Tayang di Berbagai Negara

Namanya saja tembus internasional film ini tayang di berbagai negara. Tidak hanya negara yang ada di Asia Tenggara saja, tetapi kedua film ini juga laris di pasar benua Eropa dan Amerika. PENGABDI SETAN telah melebarkan sayapnya ke negara-negara seperti Jepang, Spanyol, Polandia, Thailand, Amerika, Eropa, Malaysia dan beberapa negara lainnya yang jika di total film ini tayang di 42 negara sekaligus.

Angka yang sangat fantastis untuk film karya anak bangsa ini. Keuntungan yang diraih pun tidak tanggung-tanggung yaitu sebanyak 16,2 juta USD atau setara dengan Rp. 230 Miliar. Fantastis bukan.

Sementara itu setelah sukses dengan PENGABDI SETAN, film PEREMPUAN TANAH JAHANAM juga mampu menembus pasar internasional dan tayang di berbagai negara di belahan dunia. Negara-negara tersebut seperti Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Taiwan dan negara lainnya.

Kesuksesan dari film ini bahkan mampu menembus masuk ke dalam festival film Sundance salah satu festival terbesar yang ada di dunia. Film ini meraih 1,7 juta penonton dan PENGABDI SETAN menembus angka 4 juta penonton. Bangga banget yah KLovers!

Jadi, setelah ulasan unik tentang kedua film ini, kalian bakal nonton yang mana nih? PEREMPUAN TANAH JAHANAM atau PENGABDI SETAN?

Ditulis oleh: Siti Radibah Imatufariq

Editor:   Editor KapanLagi.com