Pertama Kali Digelar, Ini Daftar Pemang Indodax Short Film Festival 2019

Guntur Merdekawan | Rabu, 11 Desember 2019 15:35 WIB
Pertama Kali Digelar, Ini Daftar Pemang Indodax Short Film Festival 2019

Kapanlagi.com - Malam penutupan Indodax Short Film Festival 2019 (ISFF 20199) diramaikan dengan perhelatan Awarding Night di Gedung Usmar Ismail Jakarta. Puncak acara tersebut dihadiri oleh sejumlah sineas perfilman Indonesia, pun sekitar 300 tamu dari berbagai kalangan.

Beberapa program seru yang bisa dinikmati para pengunjung malam itu antara lain festival eksibisi, workshop, temu komunitas hingga penayangan film pendek. Oscar Darmawan selaku CEO Indodax, memberikan opening speech seputar tujuan diadakannya ISFF 2019, yakni mewadahi masyarakat terutama kaum millennial untuk lebih aktif dan berani mengekspresikan gagasannya yang kreatif, inspiratif, dan edukatif berbentuk film pendek.

"ISFF 2019 kami gelar untuk dapat menjadi sarana dan peluang bagi masyarakat Indonesia untuk saling belajar serta memberikan inspirasi dalam upaya mengembangkan perfilman nasional sambil menjalankan misi kita untuk memberikan edukasi seputar blockchain dan digital aset di Indonesia," tambah Oscar Darmawan.

1 dari 3 halaman

1. Dukungan Penuh Fajar Nugros

ISFF 2019 juga dihadiri oleh sutradara kondang, Fajar Nugros. Pria yang telah menukangi sejumlah judul film layar lebar populer Tanah Air itu ditunjuk sebagai salah satu dewan juri ISFF 2019. Fajar menyebut jika acara ini sangat efektif dalam menumbuhkembangkan ide dan kreatifitas masyarakat Indonesia di dunia seni perfilman, membangun semangat kolaborasi antar filmmaker, serta mengajak masyarakat untuk lebih mencintai film Indonesia.

"Saya sangat senang Indodax telah berhasil menggelar festival seperti ini yang mana memberi ruang dan kesempatan munculnya bakat-bakat baru di dunia film Indonesia," ungkap Fajar Nugros.

2 dari 3 halaman

2. Penilaian Positif GoenRock

Penilaian Positif GoenRock Credit: Dokumentasi Pribadi
Sementara itu, GoenRock yang juga jadi salah satu dewan juri sempat memberi nilai yang sangat positif terhadap film-film pendek yang telah disubmit di ISFF 2019. Dengan potensi yang ada, GoenRock percaya dalam waktu dekat ini, banyak sineas muda yang nantinya bakal jadi filmmaker profesional.

"Setelah melihat film-film pendek yang sudah masuk, saya percaya bahwa mereka semua berpotensi untuk menjadi filmmaker profesional dalam waktu dekat dan semoga ke depan Indodax memiliki terobosan baru yakni rutin mengadakan workshop pembuatan film di seluruh pelosok negeri secara berkala," tambah GoenRock.

3 dari 3 halaman

3. 5 Pemenang ISFF 2019

Dalam pelaksanaan perdananya, lebih dari delapan puluh tim yang melakukan submisi, terhitung sejak 2 September hingga tanggal 3 November 2019. Dari film-film yang masuk, dipilih sepuluh film terbaik yang kemudian ditayangkan dan dinilai kembali pada Awarding Night guna menentukan 5 film yang berhak mendapatkan kategori pemenang.

Adapun yang kemudian keluar sebagai pemenang adalah film berjudul Mitos sebagai 'Best Short Film', Sudut Rumah sebagai Best Director, Galaxy Adventure sebagai Best Commercial Version, Kinanthi sebagai Most Favorite dan Juara Sejati sebagai Appreciation Award.

(kpl/gtr)


Editor:  

Guntur Merdekawan

↑