Plaza Indonesia Film Festival 2020 Tayangkan Lebih dari 10 Film Pilihan Terbaik

Selasa, 25 Februari 2020 07:15 WIB
Plaza Indonesia Film Festival 2020 Tayangkan Lebih dari 10 Film Pilihan Terbaik

Kapanlagi.com - Ajang Plaza Indonesia Film Festival (PIFF) yang ke-8 tahun ini mengambil tema Colors of Love. Total ada lebih dari 10 film terbaik di dalam maupun luar negeri yang dipilih untuk ditayangkan di Cinema XXI Level 6, Plaza Indonesia per tanggal 24 hingga 28 Februari 2020 mendatang.

Selain pemutaran film, ada berbagai rangkaian acara lain selama periode event berlangsung. Beberapa di antaranya seperti movie clinic, movie talk serta pameran foto.

"Kini, sebagai satu-satunya festival film di Jakarta dan kami sebagai satu-satunya mall yang memiliki film festival, PIFF berkomitmen untuk terus menghadirkan film-film terbaik dari dalam maupun luar negeri sebagai bentuk kepedulian dan apresiasi Plaza Indonesia terhadap dunia perfilman serta para pelaku di dalamnya. Kami juga menyuguhkan berbagai kegiatan inspiratif bagi masyarakat. Sehingga diharapkan PIFF tidak hanya menghibur, tetapi juga dapat menjadi inspirasi untuk berkarya," jelas Zamri Mamat selaku General Manager Marketing Plaza Indonesia.

 

1 dari 2 halaman

1. Film Terbaik Pilihan yang Ditayangkan di PIFF 2020

Film Terbaik Pilihan yang Ditayangkan di PIFF 2020 Plaza Indonesia Film Festival 2020 / Credit: Dokumentasi Pribadi
10 film yang ditayangkan juga dipilih secara sangat selektif. Namun satu yang perlu dicatat, film-film tersebut sebelumnya belum pernah tayang di layar lebar Indonesia, seperti Mountain Song (Indonesia), House of Hummingbird (Korea Selatan), Monos (Columbia), The Science of Fictions (Indonesia), The Lighthouse, System Crasher (Jerman), Honeyland (Macedonia) dan masih banyak lainnya.

Untuk edisi terbarunya ini, PIFF juga bakal menayangkan film karya dari insan perfilman legendaris asal Italia bernama Federico Fellini. Tujuannya, PIFF ingin memberikan apresiasi terhadap 100 tahun karya Federico Fellini

"Federico Fellini merupakan seorang sutradara dan penulis skenario kebanggan Italia yang telah menghasilkan berbagai film berkualitas dan menjadi inspirasi bagi sineas dunia dari masa ke masa. Bersama dengan PIFF 2020 kami akan menayangkan dua film terbaik Federico Fellini yang sejalan dengan tema 'Colors of Love', yaitu La Dolce Vita dan 8 1/2," ungkap Maria Battaglia selaku perwakilan dari Istituto Italiano di Cultura.

"Melengkapi pemutaran film-film tersebut, kami menggelar pameran foto di balik layar dari film 8 1/2 yang belum pernah dipublikasikan dan diterbitkan karya Paul Ronald serta Movie talk dengan Annamaria Gradara, seorang jurnalis dan kurator kolom mingguan mengenai Federico Fellini pada harian Corriere di Romagna, Italia," sambungnya.

2 dari 2 halaman

2. Movie Clinic Dihdairi Sederet Insan Perfilman Papan Atas Tanah Air

Movie Clinic Dihdairi Sederet Insan Perfilman Papan Atas Tanah Air Plaza Indonesia Film Festival 2020 / Credit: Dokumentasi Pribadi
Tak hanya memberikan aspirasi dari mancanegara, namun Plaza Indonesia juga akan memberikan inspirasi dari dalam negeri melalui movie clinic. Beberapa insan perfilman senior Tanah Air juga bakal terlibat untuk memberikan lecture, seperti Mira Lesmana (Produser), Riri Riza (Sutradara), Joko Anwar (Sutradara), Tara Basro (Aktris), Chitra Subiakto (Pengarah busana) dan Ical Tanjung (Cinematographer).

Rangkaian acara movie clinic akan diadakan di Atrium Level 4 dan Disrupto Society dengan membahas tema 'Dream Team', di mana para tokoh-tokoh inspirasional ini akan berbagi cerita bagaimana para pembuat film dapat memunculkan emosi melalui warna, kostum dan suara pada layar.

"Dengan adanya konsistensi PIFF yang rutin diselenggarakan sejak tahun 2015 dalam menghadirkan inspirasi kepada insan kreatif di dunia film, kami berharap dapat memunculkan figur-figur baru dan memajukan industri film Indonesia hingga kancah internasional" tutup Sugar Nadia selaku Kurator Film PIFF.

Untuk menyaksikan dan menghadiri rangkaian acara pada PIFF 2020, tiket bisa didapatkan melalui situs resminya di link INI.

(kpl/gtr)


 

TOPIK TERKAIT
 
↑