Quentin Tarantino Bakal Disaingi Sutradara Muda di Festival Cannes

Yunita Rachmawati | 20 April 2007, 18:38 WIB
Quentin Tarantino Bakal Disaingi Sutradara Muda di Festival Cannes

Kapanlagi.com - Beberapa sutradara kawakan, seperti Quentin Tarantino, Emir Kusturica, Gus Van Sant, dan Wong Kar Wai akan saling bersaing dengan para sutradara muda yang lapar penghargaan untuk meraih penghargaan utama pada Festival Film Cannes tahun ini, kata pihak penyelenggara, Kamis (19/4).

Campuran sutradara tua dan muda dalam daftar 22 film yang bersaing memperebutkan Palme d'Or tersebut mencerminkan daya upaya perhelatan film itu, yang merupakan hajatan film terbesar di dunia, untuk tetap dalam suasana segar dan bersemangat saat festival merayakan tahunnya yang ke-60.

"Untuk menyambut perayaan itu kami memilih untuk mencampur antik dengan modernitas, nama terkenal dengan muka baru," kata Giles Jacob, presiden festival, dalam jumpa pers di Paris.

Wong, sutradara Hongkong yang tahun lalu menjadi ketua dewan juri, akan membuka festival dengan MY BLUEBERRY NIGHTS, film perjalanan dalam bahasa Inggris dengan bintang, penyanyi Norah Jones.

Dalam kompetisi untuk memperebutkan Palme d'Or kali ini, Tarantino, yang meraih penghargaan itu pada 1994 lewat PULP FICTION, dan juga menjadi ketua dewan juri tiga tahun silam, akan menampilkan film arahannya, DEATH PROFF.

Kusturica, yang pernah memenangi dua penghargaan Palme d'Or, akan kembali dengan PROMISE ME THIS, sebuah film tentang seorang pria tua Serbia yang berdoa agar putranya mendapatkan jodoh.

Van Sant, yang menyabet Palme d'Or pada 2003 lewat ELEPHANT, akan menampilkan filmnya, PARANOID PARK, sebuah pemaparan kehidupan kota lainnya di AS yang dimulai ketika seorang pemain skat remaja membunuh seorang penjaga keamanan.

Penantang wajah baru

Mereka akan ditantang oleh beberapa wajah baru, antara lain Marjane Satrapi dari Iran, yang membawa buku komik populer tentang kehidupan di Teheran ke layar lebar, dan Fatih Atkin, sutaradara Jerman keturunan Turki. Wajah baru lainnya adalah sutradara Lee Chang-Dong dari Korea Selatan dan Christian Mungui dari Rumania.

Juri tahun ini dipimpin oleh sutradara Inggris, Stephen Frears, yang memenangi Piala Oscar lewat THE QUEEN, film tentang pergulatan batin Ratu Elizabeth menyusul kematian Putri Diana.

Frears akan didampingi delapan anggota dari kalangan kesusasteraan dan perfilman, antara lain aktris Toni Colette dari Australia, dan aktris Maggie Cheung dari Hongkong, serta pengarang Peraih Nobel Kesusasteraan, Orhan Pamuk dari Turki. (*/boo)

Editor:   Yunita Rachmawati