Reka Ulang Adegan Favorit, Joko Anwar: Bikin Film Pendek Susah!

Fitrah Ardiyanti | 31 Agustus 2016, 18:52 WIB
Reka Ulang Adegan Favorit, Joko Anwar: Bikin Film Pendek Susah!

Kapanlagi.com - Sutradara muda Joko Anwar dan Angga Dwimas Sasongko berkolaborasi memproduksi ulang adegan favorit mereka dalam film-film terpopuler. Didukung oleh Tribe, salah satu OTT (Over The Top) selular untuk konsumen video, karya mereka mengawali rangkaian acara Tribe Shorties.

Sebagai awalan, mereka berdua menggarap salah satu adegan ikonik dari film THE RAID, di mana Julie Estelle dan Iko Uwais berkelahi dengan musuh. Menurut Julie, koreografi dalam film pendek ini jauh lebih rumit daripada film biasanya.

"Yang beda pastinya dari segi koreografi. Director treatment juga beda dengan initial scene. Karena di sini scene tanpa senjata, jadi lebih kompleks koreonya dan jadi tantangan bagi kita semua," tutur Julie Estelle saat ditemui di acara penayangan Tribe Shorties, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (30/8).

Joko: bikin film pendek susah/©KapanLagi.com®/M. Akrom SukaryaJoko: bikin film pendek susah/©KapanLagi.com®/M. Akrom Sukarya

Film pendek jadi sebuah tantangan baru buat Joko. Ia merasa butuh waktu yang lebih panjang untuk set-up dan harus memangkasnya habis-habisan.

"Film pendek itu lebih susah dari film panjang. Kalo film panjang punya banyak waktu set-up. Sepuluh menit kenalin karakter. Kalo film pendek langsung, nggak bisa panjang durasinya. Gue belum bisa berhasil bikin film kurang dari sembilan menit," jelas Joko.

Dirinya tak butuh waktu lama untuk melakukan pengambilan gambar filmnya bersama Julie ini. "Syuting cuma sebentar, satu setengah hari. Make-up lama sampai sembilan jam. Tetap kita set-up. Film pendek lebih banyak tantangan. Cuma caranya sih sama seperti bikin film panjang dari segi cerita," tandasnya,

(kpl/far/tch)

Reporter:  

Fikri Alfi Rosyadi