Reza Rahadian, Proyek Film Baru & Keinginan Regenerasi Aktor

Fitrah Ardiyanti | 03 Januari 2017, 20:25 WIB
Reza Rahadian, Proyek Film Baru & Keinginan Regenerasi Aktor

Kapanlagi.com - Siapa yang mampu menyangkal talenta Reza Rahadian Matulessy atau kita kenal dengan nama Reza Rahadian? 7 kali masuk nominasi FFI sejak tahun 2009, Reza jadi salah satu deretan aktor top Indonesia yang bermain dalam sekitar 40 judul film layar lebar dalam jangka 7 tahun saja.

Reza mengawali karir aktingnya dalam film layar lebar FILM HORROR sebagai Benni di tahun 2007. Setelah itu, ia menggebrak dengan masuk dalam nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik pada tahun 2009 dalam film EMAK INGIN NAIK HAJI dan menyabet Piala Citra atas aktingnya dalam PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN.

Lalu pada 2010, Reza dinominasikan 2 kali dalam 2 kategori berbeda atas aktingnya dalam film 3 HATI 2 DUNIA 1 CINTA dan ALANGKAH LUCUNYA NEGERI INI. Pada 2013, dirinya menyabet Piala Citra atas aktingnya sebagai BJ Habibie pada HABIBIE & AINUN.

Reza Rahadian langganan pemenang FFI/©KapanLagi.com®/Agus ApriyantoReza Rahadian langganan pemenang FFI/©KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

Lelaki 29 tahun itu dinominasikan dalam satu kategori atas film GURU BANGSA: TJOKROAMINOTO dan KAPAN KAWIN. Tahun 2016 kemarin, Reza kembali dinominasikan dalam dua film berbeda yaitu dalam film komedi arahan Upi AviantoMY STUPID BOSS, dan film biopik arahan Hanung Bramantyo yaitu RUDY HABIBIE. Total, Reza berhasil membawa pulang total 6 Piala Citra sepanjang karirnya.

Young, talented and restless, adalah sebutan yang dirasa pas untuk Reza. Namun, ia cukup jengah dengan komentar banyak orang di luar sana yang cukup sinis atas keberadaannya di dunia film, khususnya layar lebar. 

"Nggak pernah bikin target (main film), tahun ini (2016) saya hanya syuting dua film dan ini saya klarifikasi ya. Saya cukup gerah, telinga saya mendengar kalau ada yang bilang 'Ahh film Indonesia isinya Reza Rahadian doang'. Riset, oke," ujar Reza saat ditemui usai pengumuman nominasi FFI di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (14/10).

Reza sukses gondol Piala Citra tahun 2016/©KapanLagi.com®/Agus ApriyantoReza sukses gondol Piala Citra tahun 2016/©KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

Reza pun menjelaskan bahwa di 2016 , dirinya hanya syuting dua judul film yakni, RUDY HABIBIE dan SURGA YANG TAK DIRINDUKAN 2. "Itu pun saya baru selesai syuting di Budapest. Belum ada film lagi yang saya syuting untuk penayangan tahun depan," kata aktor yang memfavoritkan LASKAR PELANGI itu.

Memang, jika dilihat, Reza yang sangat selektif pilih-pilih peran ini hanya membatasi sekitar 3 hingga 6 film per tahunnya. Ia ingin regenerasi dalam industri film itu terus bergulir.

"Bersyukur, tapi saya menginginkan tahun depan ada nama aktor baru yang bisa mengisi nama aktor terbaik gitu. Karena buat saya regenerasi itu penting. Bukan masalah faktor kebintangan, tapi aktor yang berkualitas," ujar Reza saat ditemui belum lama ini.

Soal prestasi yang diraih oleh Reza, banyak yang kemudian menganggap sang aktor bakal menaikkan harga kontrak untuk film-filmnya. Menanggapi hal ini, Reza menjelaskan dengan rendah hati soal urusan bayarannya di sebuah film.

Reza tak mau sebutkan berapa jumlah bayarannya saat main film/©KapanLagi.com®/Bayu HerdiantoReza tak mau sebutkan berapa jumlah bayarannya saat main film/©KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

"Itu bisa berpengaruh atau tidak menurut saya. Lagipula di film diketahui, setiap aktor sulit mematok harga tertentu. Kita mau tahun depan harga sekian, kayak bensin itu kenaikan. Kalau bensin mengalami penurunan, sama kayak aktor. Tergantung PH dan perannya. Jadi nggak bisa dipatok, bisa naik bisa turun," jelasnya.

Tahun 2017 ini, Reza membocorkan bahwa dirinya akan terlibat dalam 3 proyek film dan salah satunya adalah proyek yang dinilainya cukup besar. Wah, film apa ya? Sayang, Reza belum bisa memberikan bocorannya.

"Tahun depan ada 3 project film yang cukup besar dan kerjasama dengan director cukup sering kerjasama dengan saya. Ada project cukup besar tahun depan tanpa menanggung beban yang di mana film Indonesia isinya Reza Rahadian semua. Itu menurut saya anggapan yang super duper berlebihan karena tahun ini ada 7 atau 8 film Indonesia yang box office yang di atas 1 juta penonton. Desember sekitar 7 film Indonesia tayang dan bisa mendulang penonton banyak," ujar Reza Rahadian saat ditemui di Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (28/10).

Tahun 2017, sebuah proyek film berbudget besar menanti Reza/©KapanLagi.com®/Bayu HerdiantoTahun 2017, sebuah proyek film berbudget besar menanti Reza/©KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

Proyek besarnya ini juga menelan budget yang tak kalah besar. Namun, Reza memastikan jika dirinya akan tenggelam dalam karakter dan sosok yang berbeda. Sepertinya, aktor kelahiran Bogor ini akan memerankan karakter non-protagonis.

"Budget produksinya cukup besar. Tapi film besar tidak menentukan kualitas film. Tapi budgetnya ini cukup besar, sehingga eksekusinya cukup menarik dari cerita yang ditawarkan. Karakternya juga berbeda, jadi strategi buat saya di mana penonton tahun depan saya ingin memastikan mereka bisa menyaksikan film saya dengan nuansa dan sensasi yang berbeda. Jadi tidak mengulang Reza berperan tokoh baik-baik saja. Saya bosan meranin gitu. Jadi 2017 bisa jadi tahun yang bagus buat saya," jelasnya.

Dua film Reza yang sudah mencuri perhatian awal tahun ini adalah SURGA YANG TAK DIRINDUKAN 2. Sedianya SYTD 2 dirilis pada Desember lalu, namun mundur menjadi bulan Februari. Reza berperan sebagai Dokter Syarief, doktor di Budapest yang mengobati penyakit Arini (Laudya Cynthia Bella).

SYTD 2 jadi salah satu film pembuka Reza di tahun 2017/©KapanLagi.com®/M. Akrom SukaryaSYTD 2 jadi salah satu film pembuka Reza di tahun 2017/©KapanLagi.com®/M. Akrom Sukarya

Bella sendiri percaya bahwa kehadiran Reza, yang menjadi lawan mainnya dalam TALAK TIGA, membawa warna tersendiri. "Kita tahu ya, semua orang tahu, kalau Reza adalah aktor yang sangat hebat sekali dan energi dia itu bisa keluar banget dan bisa membagikan ke kita semua. Mudah-mudahan dengan dukungan dari Dokter Syarief (Reza), semoga cerita film ini semakin greget. Semakin matang," ujar Bella saat media visit ke kantor KapanLagi.com®, AXA Tower, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (9/11).

Selain SYTD 2, CRITICAL ELEVEN juga membuat geger baru-baru ini. Mengapa? Teaser poster film yang diangkat dari novel itu mengungkap Ale dan Anya versi live action yang diperankan Reza Rahadian serta Adinia Wirasti. Kemudian yang membuat heboh adalah pose ciuman bibir mesra antara dua bintang utamanya dengan latar belakang jembatan Brooklyn.

"Ciuman aja kok heboh. Mau jadi apa Indonesia?" sindirnya saat menghadiri acara Legacy Pictures Movie Conference di Epicentrum XXI, kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis malam (15/12).

CRITICAL ELEVEN jadi salah satu proyek Reza di 2017/©LegacyCRITICAL ELEVEN jadi salah satu proyek Reza di 2017/©Legacy

CRITICAL ELEVEN yang diadaptasi dari novel bestseller karya Ika Natassa saat ini masih dalam proses pengambilan gambar. Scene yang berlokasikan New York dan pertambangan lepas pantai sudah digarap, menyisakan setting penting lainnya yakni di pesawat dan Indonesia.

Filmnya sendiri berkisah tentang pasangan menikah Ale dan Anya yang menghadapi tragedi besar dalam hidup yakni kehilangan calon anak mereka bernama Aidan. Kehilangan tersebut membuat keduanya mempertanyakan arti cinta yang sesungguhnya.

Jika dilihat dari sederet prestasi yang digenggamnya sejak 2009 dan berjaya di FFI selama dua tahun berturut-turut (2015 & 2016), nggak berlebihan rasanya jika tahun 2017 bakal jadi tahunnya Reza lagi. Kalian setuju? (kpl/tch)

Editor:   Fitrah Ardiyanti