Rilis Film Tiap Desember, Ernest Prakasa Akui Terlanjur Nyaman dengan Siklus Kerja

Tyssa Madelina | Senin, 12 November 2018 18:07 WIB
Rilis Film Tiap Desember, Ernest Prakasa Akui Terlanjur Nyaman dengan Siklus Kerja

Kapanlagi.com - Film baru Ernest Prakasa yang bertajuk MILLY & MAMET sesaat lagi akan tayang di bioskop kesayangan. Menyorot kehidupan dan sisi lain dari dua karakter ADA APA DENGAN CINTA, film ini tentu jadi salah satu yang ditunggu di bulan Desember mendatang.

Sebelum merilis MILLY & MAMET, Ernest sudah cukup dikenal lewat sepak terjangnya di dunia perfilman Indonesia. Beberapa karyanya seperti SUSAH SINYAL, NGENEST dan CEK TOKO SEBELAH memang menawarkan premis yang berbeda namun ketiganya memiliki kesamaan di bulan rilisnya. Well, ternyata bukan tanpa alasan lho kenapa Ernest selalu memilih bulan Desember sebagai jadwal rilis film terbarunya.

"Flashback dulu ke 2015, ketika film pertama gue NGENEST lagi disiapin. Pada waktu itu, produser gue @chandparwez menganggap Desember adalah timing paling pas untuk konten dan genre yang coba gue sajikan, alhasil NGENEST pun dirilis tanggal 30 Desember 2015," urai Ernest, lewat akun Instagram pribadinya, Senin (12/11).

"Dengan hampir 800.000 penonton, NGENEST dianggap cukup sukses. Sehingga alasan pertama kenapa film berikutnya dirilis di akhir Desember lagi, adalah kalau sudah sukses, kenapa harus dipindah?" imbuhnya.

1 dari 2 halaman

1. Soal Siklus Kerja

Alasan lain kenapa Ernest memilih bulan Desember adalah karena ia ingin menyesuaikan siklus kerjanya. Ayah dua anak ini mengaku butuh waktu satu tahun untuk menyelesaikan satu judul film.

"Alasan pertama sebenarnya kalah krusial dibanding alasan yang kedua, yakni soal siklus kerja. Gini teman-teman, untuk bisa menyiapkan satu film, gue literally butuh waktu setahun, 6 bulan untuk skrip, 2 bulan pre-production, 1 bulan syuting, 2 bulan post-production, 1 bulan promo. Jadi kalaupun gue mau pindah rilis ke bulan lain, polanya udah terlanjur kebentuk, kecuali gue mau ompong dulu setahun terus baru deh rilis film di tahun berikutnya," ujar Ernest panjang lebar.

2 dari 2 halaman

2. Proyek Ernest di 2019

Proyek Ernest di 2019 © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya
Bila tahun ini ia merilis MILLY & MAMET, 2019 mendatang pria dengan banyak talenta tersebut mempersiapkan film berjudul IMPERFECT. Proyek yang masih dalam tahap penggodokan ini diadaptasi dari buku karya istri Ernest yakni Meira Anastasia yang berjudul sama. Buku tersebut mendapat respon bagus dari pembaca sehingga terus cetak ulang.

"Tahun depan gue mau filmin bukunya Meira berjudul Imperfect. Bukunya udah rilis beberapa bulan lalu dan udah empat kali cetak ulang," bocor Ernest ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (8/11/2018).

(kpl/tmd)


Editor:  

Tyssa Madelina

↑