Sean Penn Bintangi 'THE ASSASINATION OF RICHARD NIXON'

Rita Sugihardiyah | 01 Januari 2005, 12:25 WIB
Kapanlagi.com - Aktor peraih Piala Oscar Sean Penn membintangi film THE ASSASINATION OF RICHARD NIXON. Film besutan sutradara pendatang baru Niels Mueller ini mengangkat kisah nyata rencana pembunuhan Presiden Amerika Serikat Richard Nixon pada 1974. THE ASSASINATION OF RICHARD NIXON saat ini diputar di Los Angeles dan New York, AS.

Film yang bertutur tentang seorang wiraniaga bernama Sam Bicke (Sean Penn) berada di tepi jurang perceraian. Selain dipusingkan dengan kemungkinan perpisahan dengan istrinya (Naomi Watts)juga merasa terjebak dalam pekerjaan yang dinilai tidak bermasa depan.

Bicke kemudian bertekad mewujudkan impian memulai usaha sendiri dengan mengajukan pinjaman. Ia yakin akan kembali dihormati oleh keluarga dan teman-teman jika sukses berbisnis. Bila itu terjadi, perkawinannya pun akan selamat.

Namun, pada era itu, tidak ada dana bagi pemimpi di AS seperti Bicke. Saat skandal Watergate yang melibatkan Nixon terungkap, Bicke merasa kegagalannya diakibatkan oleh Presiden ke-37 AS itu. Karena itu, ia merasa harus melenyapkan Nixon, si pembawa sial. Saat itulah, Bicke merancang sebuah plot untuk membunuh Nixon.

Peran Bicke adalah yang pertama diterima Sean Penn sejak meraih Oscar, Februari 2004. Seperti biasa, Penn selalu berada di tengah kontroversi.

Sejumlah pejabat pemerintahan mengkritik penampilan Sean Penn yang dinilai terlalu simpatik untuk seorang teroris. Namun, sebagian besar menilai mantan suami Madona ini sangat brilian menggambarkan bagaimana seseorang bisa dengan mudah kehilangan kewarasannya (bsb/rit)

Editor:  

Rita Sugihardiyah