Sebelum Nonton 'WIRO SABLENG', Ayo Cari Tahu Lebih Jauh Soal Soundtrack & Scoringnya!

Sanjaya Ferryanto | Rabu, 29 Agustus 2018 17:52 WIB
Sebelum Nonton 'WIRO SABLENG', Ayo Cari Tahu Lebih Jauh Soal Soundtrack & Scoringnya!

Kapanlagi.com - Penantian panjang sebuah film kolosal yang berasal dari karakter legendaris lokal akan segera datang. Yap, WIRO SABLENG siap memecah rasa penasaran pecinta film aksi-komedi tanah air dalam waktu dekat. Pendekar kapak maut naga geni 212 ini memang terkenal dengan aksinya yang heroik sekaligus kocak.

Film yang diangkat dari sinema di layar kaca tahun 90-an dan komik buatan Bastian Tito ini memang istimewa. Bagaimana tidak, Lifelike Pictures, sebagai rumah produksi menggandeng 20th Century Fox, yang tidak lain adalah anak perusahaan rumah produksi FOX Pictures. Kerja sama dengan rumah produksi yang menggarap film serupa, tokoh anti-hero kocak dari Marvel, DEADPOOL, tentu terasa lebih spesial.

Sebelum dibuat kagum oleh penampilan Vino G Bastian, Sherina, Yayan Ruhian, dkk, mari kita telaah terlebih dahulu tentang soundtrack dan scoring dalam film ini. Ditemui di kantor Lifelike Pictures ketika perayaan HUT ke-73 RI, Sheila Timothy, sang produser sekaligus CEO Lifelike Pictures angkat bicara soal hal tersebut. Untuk soundtrack, kata Lala, sapaan akrabnya, bukan tidak ada melainkan lebih banyak scoring atau musik pengiring musik, mengingat WIRO SABLENG termasuk film aksi.

1 dari 4 halaman

1. Pakai Single Dari Koil

"Bukannya ngga ada soundtrack song, tapi di film WIRO SABLENG ini musik komposer, Arya Prayogi lebih banyak menggunakan scoring, ada song tapi bukan lagu (soundtrack). Ada satu lagu dari Koil yang kita pakai judulnya Aku Lupa Aku Luka," jelasnya.

"Tapi sebagian besar lagu yang di dalam film WIRO SABLENG itu dibikin ulang oleh Arya Prayogi. Tapi juga ada lagu lama yang pernah ada di sinetron yang udah kita aransemen ulang untuk di film," tambah Lala.

Tidak menggunakan soundtrack dalam film disadari Lala mempunyai alasan tersendiri. Pada dasarnya, film aksi yang pasti memiliki banyak gerakan di dalamnya sulit untuk dimasukkan soundtrack lagu. Ceritanya akan berbeda jika dibandingkan dengan film drama yang lebih sesuai.

2 dari 4 halaman

2. Komposisi Disusun Dengan Tepat

Komposisi Disusun Dengan Tepat WIRO SABLENG © Lifelike Pictures
"Karena kita waktu ngeliat visual filmnya ngga ada tempat yang pas untuk naro song, jadi kalau film-film super hero kaya marvel yang fantasi gitu kan lebih pakai scoring," imbuhnya.

"Jadi emang komposisi dari gambar, sound effect, musik sama visual efeknya itu jadi satu banget, dan nontonnya pun jadi satu keseluruhan," tambahnya lagi.

Perihal soundtrack berarti sudah jelas. Hanya akan ada satu lagu dan scoring yang akan menghiasi film WIRO SABLENG nanti. Lantas, kenapa tidak menggunakan soundtrack lama? Lala pun menjawabnya dengan santai.

3 dari 4 halaman

3. WIRO SABLENG Tayang di Luar Negeri

"Ada kan di trailer kemaren ada. Ngga ada yang nyanyiin ngga ada, suara ketawa yang di trailer itu suara Vino," ucapnya sambil tersenyum.

Sebagai bocoran, ternyata film WIRO SABLENG ini akan tayang di luar negeri juga loh! negara mana saja yang akan di-sableng-kan oleh Wiro Sableng?

4 dari 4 halaman

4. Tayang di Singapura & Malaysia

Tayang di Singapura & Malaysia WIRO SABLENG © Lifelike Pictures
"Yang sudah pasti di Singapura dan Malaysia, negara lainnya masih belum ada deal dengan Foxnya. Jadi kerja sama dengan Fox untuk teritori Indonesia kita yang mendistribusikan, untuk the rest of the world didistribusikan oleh Fox. Dapat tawaran dari China tapi masih dalam tahap negosiasi dengan Fox," pungkas Lala.

Wah keren ya! Jadi ngga sabar kan nonton WIRO SABLENG K-Lovers? Yuk, kita siap sableng besok, 30 Agustus 2018 di bioskop kesayangan Anda!

(kpl/apt/frs)


↑