Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Selain 'MUMUN', Berikut 6 Film Horor Indonesia Hasil Remake dari Versi Jadul

Editor KapanLagi.com   | Minggu, 11 September 2022 15:07 WIB
Selain 'MUMUN', Berikut 6 Film Horor Indonesia Hasil Remake dari Versi Jadul
Poster Film Horor Remake (Credit: Soraya Films, Dee Company, Rapi Films)

Kapanlagi.com - Transformasi film horor dari tahun ke tahun memang semakin berkembang dan mampu mengambil hati dari para pecinta film Indonesia. Apalagi jumlah penonton film horor di Indonesia diketahui cukup tinggi. Sehingga tidak heran jika banyak Production House yang berlomba-lomba membuat film horor dengan kualitas yang semakin baik dan variatif dari sebelumnya.

Karena banyaknya jumlah peminat horor di Indonesia, bahkan banyak yang membuat remake dari film-film horor jadul yang sangat iconic tersebut. Seperti yang diketahui film MUMUN baru saja tayang di bioskop tanah air, merupakan remake dari salah satu serial tahun 2000.

Tidak hanya MUMUN, masih banyak loh KLovers deretan film horor lainnya yang merupakan hasil remake dari film horor terdahulu. Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. PENGABDI SETAN

Gambar

Film PENGABDI SETAN karya sutradara Joko Anwar merupakan salah satu film horor yang di remake dari film tahun 1980 dengan judul yang sama. Diketahui film terdahulu karya sutradara Sisworo Gautama Putra dinilai menjadi film horor terseram yang berhasil membuat penonton merinding ketakutan.

Sehingga itu menjadi tantangan bagi Joko Anwar saat menggarap PENGABDI SETAN yang dirilis 28 September 2017 lalu. Dengan dibintangi Tara Basro, Ayu Laksmi, Bront Palarae dan pemeran lainnya, film ini sukses mencapai 4,2 juta penonton.

Film yang identik dengan sosok 'hantu ibu' ini diterima masyarakat dan dinilai sebagai film horor mengerikan. Tidak heran jika PENGABDI SETAN mampu memenangkan 7 nominasi pada penghargaan Festival Film Indonesia 2017.

2. JAILANGKUNG

Gambar

Screenplay Films merilis JAILANGKUNG pada tahun 2017 dengan dibintangi oleh aktris dan aktor muda Amanda Rawles dan Jefri Nichol. Seperti ingin mengulang kesuksesan film JAILANGKUNG pada tahun 2001 lalu yang sukses di pasaran, film ini di remake dengan judul yang sama dan disutradarai oleh Jose Poernomo serta Rizal Mantovani.

Film JAILANGKUNG 'Datang Gendong, Pulang Bopong' ini berhasil mendapatkan 2,5 juta penonton selama penayangannya di tahun 2017.

3. SUZANNA: BERNAFAS DALAM KUBUR

Gambar

Film yang satu ini pasti banyak KLovers yang sudah tidak asing mendengar namanya. SUZANNA: BERNAFAS DALAM KUBUR yaitu remake dari salah satu film Suzanna yaitu 'BERANAK DALAM KUBUR' tahun 1970. Suzanna sangat identik dengan film horor, bahkan dirinya disebut sebagai ratu film horor nasional.

Dalam film SUZANNA: BERNAFAS DALAM KUBUR yang tayang pada tahun 2018 lalu, film ini mampu mengobati rindu penggemar film jadul dengan tampilan yang lebih baik. Dibintangi oleh Luna Maya sebagai karakter Suzanna ini berhasil membuat para penonton takjub dengan akting yang diperankannya.

Tidak kalah sukses, film SUZANNA: BERNAFAS DALAM KUBUR yang disutradarai oleh Rocky Soraya dan Anggy Umbara mampu mendapatkan 3,3 juta lebih penonton dan termasuk film terlaris tahun 2018.

4. RATU ILMU HITAM

Gambar

RATU ILMU HITAM juga termasuk dari film yang di remake dari judul film Suzanna yang sama tahun 1981. Kali ini Kimo Stamboel yang menjadi sutradara dan dibantu Joko Anwar sebagai penulis. Film yang tayang tahun 2018 ini mendapatkan 5 nominasi dalam Festival Film Indonesia 2020.

Dengan menyajikan teror-teror menegangkan dari orang berilmu hitam, Film produksi Rapi Films ini mencapai 907.386 penonton di Indonesia dan juga ditayangkan di beberapa negara lainnya seperti Singapura, Brunei, Malaysia dan Taiwan.

5. THE SECRET: SUSTER NGESOT URBAN LEGEND

Gambar

RA Pictures merupakan rumah produksi milik Raffi Ahmad yang merilis film THE SECRET: SUSTER NGESOT URBAN LEGEND pada tahun 2018. Film tersebut diangkat dari film SUSTER NGESOT sebelumnya yang tayang tahun 2007. Tetap disutradarai oleh Arie Aziz, kali ini Nagita Slavina lah yang menjadi pemeran utama.

Bercerita tentang kejadian-kejadian aneh dan teror dari hantu suster ngesot membuat karakter Kanaya menjadi semakin stress. Sehingga membuat Kanaya depresi dan kehidupannya menjadi tidak tenang sejak saat itu.

6. SI MANIS JEMBATAN ANCOL

Gambar

Film yang tayang pada akhir Desember 2019 ini juga diadaptasi dari judul film yang sama tahun 1973 lalu. SI MANIS JEMBATAN ANCOL Dibintangi oleh artis papan atas yaitu Indah Permatasari, Arifin Putra, Randy Pangalila dan Ozy Syahputra.

Mendapatkan 750.049 penonton, film SI MANIS JEMBATAN ANCOL karya sutradara Anggy Umbara cukup memuaskan ekspektasi penonton dengan cerita tragis yang disajikannya.

7. MUMUN

Gambar

MUMUN mulai tayang pada 1 September 2022 di seluruh bioskop Indonesia. Film ini karya produksi Dee Company dan juga sutradara Rizal Mantovani yang diadaptasi dari serial legendaris JADI POCONG tahun 2000 karya H. Mandra.

Di hari penayangan pertama sudah 60.628 orang yang menyaksikan film MUMUN di bioskop. Sosok MUMUN ini sendiri diperankan oleh aktris cantik Acha Septriasa, yang diceritakan menjadi sosok pocong yang suka meneror dan membawa malapetaka.

Ditulis oleh Putriku Aishwarya Ravelia.

Editor:   Editor KapanLagi.com