Sempat Ragu, Ini yang Bikin Upi Akhirnya Mau Jadi Sutradara 'SRI ASIH'

Tyssa Madelina | Minggu, 22 September 2019 16:17 WIB
Sempat Ragu, Ini yang Bikin Upi Akhirnya Mau Jadi Sutradara 'SRI ASIH'

Kapanlagi.com - Setelah GUNDALA, Jagat Sinema Bumilangit akan meluncurkan film jagoan lokal berjudul SRI ASIH yang akan tayang pada 2020 mendatang. Adalah Pevita Pearce yang dipercaya sebagai bintang utamanya dan Upi sebagai sutradaranya.

Sebelum menyanggupi, menurut Upi, awalnya ia sempat ragu untuk menyutradarai film yang diangkat dari komik karya R.A. Kosasih dan terbit pada tahun 1954 itu. Apa alasannya?

"Karena saya berpikir apakah saya sanggup atau nggak. Karena saya tipikalnya ketika ditawarin sesuatu nggak langsung diambil, cuma pas saya pikir pikir lagi, kenapa nggak. ini merupakan genre baru dan buat saya tantangan juga sih," ujar Upi di Jakarta, Sabtu malam (21/9).

Selain itu, ia tertarik menyutradarai film tersebut lantaran pengagum komik yang ditulis R.A. Kosasih. "Waktu ditawari pertama kali, 'Upi kamu mau nggak ngerjain ini, ini komik jagoan pertama Indonesia'? Saya awalnya nggak pernah denger ini Sri Asih terus yang saya tertarik ini komik jagoan pertama di Indonesia dan penulisnya R.A. Kosasih yang mana saya sangat kagumi, saya waktu SD baca komik beliau tapi bukan komik jagoannya, saya baca Mahabrata, itu harta karun yang masih saya simpan," ucapnya.

 

1 dari 2 halaman

1. Tantangan Upi saat Menggarap SRI ASIH

Upi yang menyukai tantangan, tertarik dan tertantang menyutradarai film SRI ASIH, juga lantaran diberi kepercayaan untuk membuat skenario film tersebut. Ia pun tak menampik jika tantangan terberat dari mengerjakan film SRI ASIH adalah dalam pembuatan skenarionya.

"Ini adalah skrip terberat buat aku karena saya bukan pembaca komik jagoan dan tipe orang yang suka nonton film superhero, kan ada tuh orang kalau ada film superhero, langsung nonton, tapi kalau saya paling seminggu kemudian. Makanya ini PR banyak banget buat saya untuk nulisnya, jadi saya harus banyak belajar seperti apa sih penulisannya film setipe ini, belajarnya dengan banyak nonton dan terus komiknya saya berusaha pelajari karakter karakter di komik bumilangit," ujarnya.

"Apalagi saya tahu film ini universe- nya dibangun, bukan cuma Sri Asih saja karena bakal satu universe semua dan aku harus pelajari semua komik jagoan yang ada di Bumilangit, jadi itu PR saya kemarin," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

2. Joko Anwar Sudah Percaya dengan Upi

Sementara selaku produser kreatif, Joko Anwar yang juga hadir, mengatakan pemilihan Upi sebagai sutradara SRI ASIH lantaran melihat rekam jejak Upi sebagai sutradara.

"Salah satu sineas yang saya kagumi karena kemampuan membuat film dari sisi cerita yang mengagumkan, ya Upi," kata Joko Anwar.

(kpl/dan/tmd)


Reporter:  

Dadan Deva

↑