Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan 10 Karakter 'WIRO SABLENG' Dulu dan Kini!

Tyssa Madelina | Kamis, 09 Agustus 2018 10:07 WIB
Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan 10 Karakter 'WIRO SABLENG' Dulu dan Kini!

Kapanlagi.com - Dalam hitungan hari, serial laga tahun 90'an yang bertajuk WIRO SABLENG akan diangkat ke layar lebar. Kisah yang diambil dari novel milik mendiang Bastian Tito ini memiliki banyak sekali penggemar di eranya. Selain karena jalan cerita yang menarik, WIRO SABLENG juga menyajikan aksi pertarungan silat yang menegangkan.

Hal itu membuat Lifelike Pictures rela menggandeng 20th Fox Centuries untuk membuat versi film layar lebarnya. Dengan judul WIRO SABLENG PENDEKAR KAPAK MAUT NAGA GENI 212, tentu saja akan ada beberapa penyesuaian dari segi jalan cerita sampai karakter setiap tokohnya. Disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko dan produser Sheila Timothy, film ini jadi salah satu yang paling dinanti di bulan Agustus.

Beberapa aktor dan aktris tersohor Tanah Air pun terpilih untuk memerankan karakter di film WIRO SABLENG. Meski tiap tokohnya tak alami perubahan dari segi nama namun dengan aktor dan aktris yang tak sama, tentu visualnya akan terlihat jauh berbeda. Lantas, siapa saja sih para tokoh WIRO SABLENG dulu dan kini jika disandingkan? Kenalan dulu yuk!

1 dari 10 halaman

1. Wiro Sableng

Wiro Sableng Istimewa - Courtesy of Likelike Pictures
Karakter utama yang memiliki watak nyeleneh namun jago bertarung ini dulunya diperankan oleh Herning Sukendro. Pria yang akrab disapa Ken Ken ini sukses meraih popularitas berkat kualitas aktingnya yang sangat mumpuni di serial televisi WIRO SABLENG.

Kini, versi layar lebarnya justru diperankan oleh anak dari sang author sendiri, yakni Vino G Bastian. Meski sudah lekat dengan kisah WIRO SABLENG, Vino mengaku awalnya tak memiliki kepercayaan diri untuk mengambil peran tersebut. Namun, berkat desakan dan dukungan dari orang terdekat, suami Marsha Timothy ini akhirnya berani mewujudkannya.

Dari segi penampilan, tampaknya rambut Wiro Sableng di film layar lebarnya tak segondrong versi serial ya?

2 dari 10 halaman

2. Sinto Gendeng

Sinto Gendeng Istimewa - Courtesy of Likelike Pictures
Keberadaan tokoh Sinto Gendeng sangat berperan besar di film WIRO SABLENG. Wanita yang bernama asli Sinto Weni ini memiliki kemampuan silat yang tak terkalahkan, bahkan ia sendiri yang melatih Wiro Sableng sedari kecil untuk jadi pendekar di kemudian hari. Karakternya yang cukup unik ini diperankan oleh Tien Kadaryono, salah satu aktris senior terbaik era 80'an.

Sementara untuk versi film layar lebarnya, tokoh Sinto Gendeng akan diperankan oleh Ruth Marini. Meski masih baru terjun di dunia film, Ruth sudah terlebih dulu menjajal kemampuan aktingnya di panggung teater.

Penampilan Sinto Gendeng di teaser poster filmnya pun dibuat jauh berbeda. Dengan baju serba hitam, Sinto Gendeng memamerkan senyumnya yang terlihat jenaka namun mengerikan. Sementara di versi serialnya, Sinto Gendeng hanya digambarkan seperti nenek-nenek yang berpakaian sederhana dan berkonde.

3 dari 10 halaman

3. Kakek Segala Tahu

Kakek Segala Tahu Istimewa - Courtesy of Likelike Pictures
Laki-laki tua bertubuh kurus ini berusia 90 tahun. Jangan remehkan penampilannya, karena Kakek Segala Tahu ini adalah tempat curhat terbaik Wiro Sableng. Sama seperti namanya, kakek ini juga mengetahui betul segala peristiwa yang telah terjadi.

Dalam serialnya, Kakek Segala Tahu diperankan oleh Nano Asmarandono sementara di versi filmnya Yayu Undru mendapat kesempatan besar untuk memerankan tokoh tersebut. Yayu Undru sendiri sudah terkenal lewat prestasinya di dunia perfilman. Di tahun 2014 saja, ia berhasil menyabet Piala Citra sebagai Pemeran Pendukung Pria Terbaik.

Penampilan Kakek Segala Tahu di versi film tampak berbeda dari serialnya. Selain tak ada mata putihnya yang khas, penutup kepalanya pun juga tampak berbeda. Dulunya Kakek Segala Tahu mengenakan bandana berwarna hitam yang dililitkan di dahi sementara sekarang ia beralih memakai sorban berwarna putih.

4 dari 10 halaman

4. Dewa Tuak

Dewa Tuak Istimewa - Courtesy of Likelike Pictures
Kakek sakti ini memperoleh kekuatannya berkat tuak yang ia minum. Ia adalah guru dari Anggini. Dalam versi serialnya, Dewa Tuak diperankan oleh Tiyo B. Sedangkan di layar lebar, vokalis bersuara gahar Andi Rif yang akan memerankannya.

Sama seperti namanya, baik visualisasi tokoh dulu maupun sekarang, Dewa Tuak selalu membawa bumbung bambu yang tergantung di belakang punggung. Bumbung berisi tuak murni dari khayangan ini lah yang jadi sumber kekuatannya. Seperti apa ya kira-kira akting Andi Rif nanti?

5 dari 10 halaman

5. Anggini

Anggini Istimewa - Courtesy of Likelike Pictures
Wanita yang sempat singgah di hati Wiro ini bernama Anggini. Ia adalah murid Dewa Tuak yang pernah dijodohkan oleh Wiro. Sayang perjodohan tersebut gagal karena Wiro hanya menganggap Anggini sebatas adik.

Dulunya, peran Anggini dimainkan sangat apik oleh Helvy Maryand. Kini, aktris multitalenta Sherina Munaf lah yang akan membawa karakter tersebut ke layar lebar. Tentu saja ini jadi kabar baik bagi para fans yang sudah menanti debut comeback Sherina.

Perubahan yang terlihat sangat jelas di karakter Anggini ada pada style rambutnya. Kalau di versi serial, Anggini tampil lebih feminin dengan rambut terurai panjang, di layar lebar Sherina justru terlihat lebih tomboy.

6 dari 10 halaman

6. Bagaspati

Bagaspati Istimewa - Courtesy of Likelike Pictures
Bajak Laut Bagaspati nantinya akan diperankan oleh Cecep Arif Rahman. Pesilat yang dikenal lewat film THE RAID 2 ini memang sekilas terlihat mirip dengan aktor terdahulunya, Chairul Z. Gumay. Baik di layar kaca maupun layar lebar, visualisasi dua tokoh ini juga terlihat hampir serupa.

Selain sama-sama membawa cambuk, Bajak Laut Bagaspati juga memakai baju serba merah. Rambutnya dibiarkan gondrong memakai ikat kepala. Selain itu wajahnya juga terlihat garang dan bengis berkat cambang lebat yang ia miliki.

7 dari 10 halaman

7. Paduka Raja Kamandaka

Paduka Raja Kamandaka Istimewa - Courtesy of Likelike Pictures
Karakter raja yang pandai, bijaksana dan berilmu tinggi ini nantinya akan diperankan oleh Dwi Sasono. Sebelumnya, Boy Irsandi lah yang membawa peran tersebut ke serial layar kacanya.

Dari segi visual, baik karakter dulu maupun kini tak alami banyak perubahan. Busana mewah khas raja lengkap dengan mahkota juga akan dikenakan Dwi Sasono di versi layar lebarnya.

8 dari 10 halaman

8. Rara Murni

Rara Murni Istimewa - Courtesy of Likelike Pictures
Wanita cantik ini adalah adik dari Paduka Raja Kamandaka namun berbeda ibu. Salah satu sahabat Wiro yang usianya baru 18 tahun tapi sudah pandai bertarung. Meski karakternya tak begitu menonjol namun peran Rara Murni di film WIRO SABLENG sendiri cukup penting.

Nantinya, tokoh Rara Murni akan diperankan oleh artis sekaligus atlet taekwondo, Aghinny Haque. Makin nggak sabar kan melihat aksi bertarungnya di film ini?

9 dari 10 halaman

9. Suci

Suci Istimewa - Courtesy of Likelike Pictures
Wanita ini adalah ibu Wiro Sableng yang dibunuh oleh Mahesa Birawa saat Wiro masih kecil. Sosok mempesona dan berhati lembut ini nantinya akan diperankan oleh Happy Salma. Sedangkan di versi serialnya, aktris senior Indah Permatasari lah yang sukses mengambil peran tersebut.

Sosok Suci lekat dengan wajah cantiknya yang begitu sederhana. Selain itu, karakter ini kerap memakai kebaya kemana pun ia pergi. Tampaknya, tak ada perubahan dari dua tokoh. Baik Indah Permatasari maupun Happy Salma, sama-sama cantik!

10 dari 10 halaman

10. Werku Alit

Werku Alit Istimewa - Courtesy of Likelike Pictures
Salah satu anggota kerajaan ini adalah anak dari seorang selir Prabu Purnawijaya. Meski beda ibu, ia tumbuh besar bersama Paduka Raja Kamandaka. Sebelumnya, sosok Werku Alit akan diperankan oleh aktor senior, Chairul G M.

Sedangkan untuk versi layar lebarnya, aktor tersohor Lukman Sardi lah yang beruntung mendapatkan peran itu. Selain jago akting, kali ini tampaknya Lukman Sardi harus unjuk kebolehan silat. Berbeda dengan versi serialnya, Werku Alit di layar lebar justru digambarkan berkepala botak dan berjanggut panjang.

(kpl/tmd)


Editor:  

Tyssa Madelina

↑