Kapanlagi.com - Salah satu karya komik klasik Gundala yang dibuat oleh Harya Suraminata atau lebih akrab disapa Hasmi kini dibuat ulang dengan versi terbaru. Komik asli Indonesia ini menjadi yang pertama kali dirilis kembali setelah redup bahkan menghilang beberapa lama.

Untuk merayakan peluncuran film GUNDALA yang disutradarai oleh Joko Anwar, komik di bawah naungan Bumi Langit ini akhirnya siap dirilis oleh Elex Media Komputindo, Gramedia pada Kamis (29/8/2019). Disaksikan para pemain film GUNDALA di XXI Senayan City, Jakarta Selatan, komik yang diadaptasi dari skenario film dan dikemas dalam edisi Cinema XXI.

Oyasujiwo, sang penulis komik Gundala edisi XXI ini menegaskan bahwa tak ada tujuan untuk membandingkan komik ini dari versi klasiknya yang ditulis oleh pak Hasmi. Menurutnya, Komik Gundala versi terbaru ini tujuannya untuk menghantarkan kembali generasi muda agar tertarik membaca kisah pahlawan super asli Indonesia.

"Komik ini bukan untuk menandingi karya Hasmi yang pastinya udah legend, tapi tujuannya agar mengantarkan generasi muda untuk menarik mereka ke komik klasiknya, biar tahu kalau kita punya pahlawan super asli Indonesia," ujar Oyasujiwo dan beberapa komikus lainnya.

"Jadi di cerita komik ini adaptasi dadi skenario Joko Anwar, jadi akan lebih terkait sama filmnya. Tapi besik dari komik Gundala sendiri tetap berawal dari seri klasiknya," sambungnya.

(kpl/irf/gtr)