Shekhar Kapur Dapatkan Proyek Almarhum Minghella

Erlin | 27 Maret 2008, 13:49 WIB
Shekhar Kapur Dapatkan Proyek Almarhum Minghella

Kapanlagi.com - Pembuat film India, Shekhar Kapur, akan menggarap sebuah film pendek yang seyogyanya akan dibesut sutradara Inggris, Anthony Minghella, sebelum kematiannya di London pada pekan lalu. Kapur, yang menyutradarai film ELIZABETH dan sekuelnya THE GOLDEN AGE, akan menukangi sebuah segmen dari episode film NEW YORK - I LOVE YOU yang telah ditulis Minghella.

"Saya akan menyutradarai film itu dengan Anthony di hati saya dan kehadiran jiwanya," tulis Kapur pada laman internet miliknya.

Minghella, sutradara peraih Piala Oscar lewat garapannya THE ENGLISH PATIENT telah menulis film itu dan merencanakan akan memulai syuting di Manhattan pada bulan depan.

Film Minghella yang mencapai box office meliputi THE TALENTED MR. RIPLEY dan COLD MOUNTAIN.

Kapur mengatakan Minghella telah memintanya secara pribadi agar mau menggarap film itu, beberapa hari sebelum ia menjalani operasi kanker tonsil dan leher.

"Anthony sangat waspada dan menyadari masa kematiannya sudah dekat saat itu, dan sepanjang yang saya ketahui, ia menghargai kehidupan dengan cara yang bergairah dan kreatif sekali," katanya.

Nilai Kehidupan

Penulis skenario, sutradara dan aktor berusia 54 tahun yang dihormati berbagai kalangan itu meninggal dunia akibat "pendarahan fatal" di sebuah rumah sakit London pada 18 Maret setelah menjalani operasi.

"Ia mengatakan kepada saya filmnya tentang nilai kehidupan, dan bagaimana orang kadang-kadang menyia-nyiakan kehidupan mereka tanpa mampu menyelami artinya lebih dalam," kata Kapur pada blog miliknya.

Para sutradara yang terlibat dalam film itu antara lain Mira Nair dari India, Brett Ratner yang menyutradarai film serial RUSH HOUR, Woody Allen, dan Zach Braff.

Aktris Scarlett Johansson juga akan melakukan debutnya sebagai sutradara dan menjadi salah satu dari 12 sutradara yang menggarap film berdurasi lima menit, masing-masing mengenai "tema universal tentang menemukan cinta." (*/erl)

Editor:   Erlin