Sinopsis 'MINARI', Kisah Perjuangan Keluarga Korea yang Baru Pindah ke Amerika Serikat

Editor KapanLagi.com | 18 Januari 2021, 13:34 WIB
Sinopsis 'MINARI', Kisah Perjuangan Keluarga Korea yang Baru Pindah ke Amerika Serikat

Kapanlagi.com - Akhir-akhir ini sebuah film berjudul MINARI cukup ramai dibicarakan di dunia perfilman. Pasalnya film garapan Lee Isaac Chung ini mendapat berbagai reaksi positif di Festifal Film Sundance 2020. Film ia kerjakan mampu bersaing dengan film-film lain, bahkan film ini bisa dijejerkan dengan sesama pemenang ganda seperti FRUITVALE STATION, Ryan Coogler, WHIPLASH Damian Chazelle, dan Lee Daniels PRECIOUS yang menjadi nominasi multi-Academy Award dan calon Film Terbaik. Acara yang berlangsung pada 23 Januari hingga 2 Februari 2020 tersebut MINARI membawa dua penghargaan sekaligus. Yakni Grand Jury Prize dan The Audience Award, selain itu film ini juga diprediksi kuat untuk masuk ke jajaran nominasi film terbaik di Oscar 2021.

Tidak hanya film saja yang diprediksi masuk ke Oscar, Steve Yeun sang tokoh utama menjadi aktor keturunan Asia-Amerika yang pertama akan masuk ke dalam nominasi Aktor terbaik di Oscar. MINARI diproduksi oleh studio A24 yang mana studio tersebut juga menggarap beberapa film seperi THE LIGHTHOUSE hingga HEREDITARY. Isaac Chung mengaku bahwa film yang ia buat itu terinspirasi dari masa kecilnya. Bisa dikatakan jika film ini merupakan film semi-autobiografi. Film ini dibintang oleh Steve Yeun, Alan Kim, Han Yeri, Nole Kate Cho, Youn Yuh Jung dan Will Patton.


MINARI mengisahkan sebuah keluarga Korea yang pindah ke sebuah desa di Arkansas. Berpindahnya keluarga tersebut dengan maksud dan harapan mendapat peluang dan kehidupan yang lebih baik. Keluarga tersebut semakin ramai ditambah dengan kedatangan sang nenek yang semakin mengubah suasana keluarga tersebut. Ditambah dengan konflik yang harus mereka hadapi dari faktor luar, seperti perbedaan budaya dan stereotip masyarakat terhadap imigran. Di tengah ketidakstabilan dan tantangan kehidupan baru baru yang cukup keras ini, MINARI menunjukkan sebuah kekuatan keluarga yang tidak terbantahkan.

MINARI pertama kali diputar di Sundance Film Festival pada 26 Januari 2020. Film tersebut baru akan dirilis secara menyeluruh di New York dan Los Angles 11 Desember dan akan dilanjutkan pada 12 Februari 2021 bertepatan pada tahun baru Korea.

Penulis: Felecia Syadina

 

 

(kpl/mag)

Editor:   Editor KapanLagi.com