Sinopsis 'MUDIK', Lika-Liku Kembali ke Kampung Halaman

Editor KapanLagi.com | 26 November 2020, 11:53 WIB
Sinopsis 'MUDIK', Lika-Liku Kembali ke Kampung Halaman

Kapanlagi.com - Mudik, salah satu budaya khas Indonesia yang selalu dilakukan setiap tahunnya. Mempunyai arti kata ‘kembali', mudik adalah tradisi kembali ke kampung halaman demi bertemu dengan sanak keluarga. Selalu banyak cerita yang terjadi ketika mudik. Cerita-cerita itulah yang membuat sutradara Adriyanto Dewo membuat film MUDIK.

Film ini menceritakan pasangan suami istri Firman (Ibnu Jamil) dan Aida (Putri Ayudya) yang sedang mengalami konflik rumah tangga memutuskan untuk melakukan mudik ke Yogyakarta. Konflik dan permasalahan yang mereka miliki terbawa selama perjalanan mudik. Hingga akhirnya mereka mengalami kecelakaan yang merenggut nyawa seorang laki-laki. Kejadian tersebut menghadirkan permasalahan baru di kehidupan rumah tangga mereka.

1. Makna Rumah Tangga

Kecelakaan ini bermula ketika Firman memutuskan untuk tetap menyetir agar cepat sampai ke Yogyakarta. Namun di lain pihak Aida memaksa ingin menyetir mobil. Pertikaian tersebut ditambah dengan konflik rumah tangga sebelumnya membuat suasana tidak enak yang menyebabkan mereka merenggut nyawa seorang laki-laki.

Bertanggung jawab, mereka pergi ke keluarga korban. Disana Aida bertemu dengan Santi (Asmara Abigail), istri dari laki-laki yang ia tabrak. Pertemuannya dengan Santi mengubah persepsi Aida mengenai kehidupan berumah tangga dan masa depannya dengan Firman.

2. Natural, Seperti Nyata

Film yang diciptakan oleh sutradara yang meraih penghargaan Sutradara Terbaik di Piala Citra 2014 lalu ini dikemas secara apik dengan memperhatikan setiap detail kecil didalamnya. Mulai dari rehat di rest area, makan di mobil, bergantian menyetir, hingga pemandangan seperti pemudik lainnya yang istirahat di trotoar, pemudik dengan menggunakan motor, hingga kecelakaan yang selalu dialami pemudik setiap tahunnya tersaji di film ini.

Film yang tayang pada 9 Desember 2019 ini benar-benar menampilkan momentum asli yang dirasakan pemudik setiap tahunnya. Apalagi pandemi saat ini yang mengharuskan kita tetap di rumah, film MUDIK ini cocok ditonton sebagai obat rasa kangen melaksanakan mudik. Kini film MUDIK dapat ditonton melalui platform Mola TV. SImak trailernya di bawah ini:

(kpl/mag)

Editor:   Editor KapanLagi.com