Sinopssis 'BUMI MANUSIA', Kisah Cinta dan Perjuangan Minke Melawan Kolonial Belanda

Dhimas Nugraha | Jum'at, 16 Agustus 2019 15:14 WIB
Sinopssis 'BUMI MANUSIA', Kisah Cinta dan Perjuangan Minke Melawan Kolonial Belanda

Kapanlagi.com - Film BUMI MANUSIA baru saja tayang perdana pada 15 Agustus 2019. Film yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Pramoedya Ananta Toer ini cukup menarik minat masyarakat. Apalagi dengan akting yang apik dari Iqbaal Ramadhan di film-film sebelumnya, membuat film ini layak masuk daftar untuk ditonton.

Film yang diproduksi oleh Falcon Pictures dan disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini bercerita tentang kisah cinta dua insan pada masa kolonial Belanda di Indonesia awal abad ke-20.

1 dari 3 halaman

1. Minke Berasal Dari Golongan keluarga Terpandang

Minke Berasal Dari Golongan keluarga Terpandang Adegan Bumi Manusia ©Falcon Pictures
Minke (Iqbaal Ramadhan), salah satu pemuda pribumi yang diperbolehkan bersekolah di HBS, karena ia berasal dari golongan keluarga terpandang. HBS sendiri merupakan sekolah untuk anak-anak Eropa, khususnya Belanda.

Sedangkan untuk pribumi, mereka yang diperbolehkan untuk sekolah di HBS adalah golongan ningrat, bangsawan atau pejabat.

Minke yang terlahir dari keluarga terpandang tersebut, sebenarnya bebas untuk melakukan apapun termasuk bergaul dengan anak keturunan Belanda lainnya. Namun, karena statusnya ini, Minke justru mengalami masa-masa sulit di hidupnya.

2 dari 3 halaman

2. Minke Jatuh Cinta dengan Annelies

Minke Jatuh Cinta dengan Annelies Adegan Bumi Manusia ©Falcon Pictures
Pada suatu hari, Minke jatuh hati dengan seorang gadis keturunan Indonesia-Belanda, Annelies (Mawar De Jongh). Masa sulit Minke mulai muncul saat ia berhubungan dengan gadis Indo-Belanda tersebut.

Ibu Annelies, Nyai Ontosoroh (Sha Ine Febriyanti) adalah seorang istri simpanan dari seorang Belanda. Hal ini membuat statusnya menjadi rendah di kalangan masyarakat. Kendati harga dirinya sudah dinjak-injak, Nyai Ontosoroh tetap melawan, dan hal ini lah yang membuat Minke kagum dengan sosoknya.

Ayah Minke, yang saat itu menjabat sebagai seorang Bupati pun tak suka jika anaknya dekat dengan Nyai Ontosoroh, karena statusnya yang rendah.

3 dari 3 halaman

3. Konflik di Film 'BUMI MANUSA'

Konflik di Film 'BUMI MANUSA' Adegan Bumi Manusia ©Falcon Pictures
Bukan menuruti perintah sang ayah, Minke justru punya pemikiran yang lain tentang Nyai Ontosoroh. Ia merasa kagum dengan sosok wanita seperti Nyai Ontosoroh yang terus melawan ketika ditindas.

Ia menganggap seorang Nyai layak untuk mendapatkan posisi terhormat. Bukan karena status sosialnya, tapi karena gagasan-gagasan di kepalanya yang membuatnya pantas untuk dihormati.

Polemik yang dialami Minke sendiri cukup kompleks, tak hanya harus melawan hukum Kolonial Belanda, ia pun juga harus melawan keluarganya sendiri demi wanita yang ia cintai.

Film ini sudah mulai tayang sejak 15 Agustus 2019. Nah, buat KLovers penggemar film, bisa nih disiapkan waktu untuk nonton film ini.

(kpl/dim)


Editor:  

Dhimas Nugraha

↑