Sutradara 'DEAR NATHAN' Buat Film Berlatar Tahun 2045, Tak Adopsi Konsep Hollywood

Galuh Esti Nugraini | Jum'at, 15 November 2019 14:20 WIB
Sutradara 'DEAR NATHAN' Buat Film Berlatar Tahun 2045, Tak Adopsi Konsep Hollywood

Kapanlagi.com - Sutradara Indra Gunawan yang namanya melejit setelah menahkodai DEAR NATHAN siap memulai syuting proyek terbarunya. Film dengan judul sementara 2045 itu mengawinkan genre romantis dengan fiksi ilmiah yang tergolong jarang disentuh sineas lokal.

Meski bergenre sains ilmiah, Indra tidak muluk-muluk memberi gambaran Indonesia pada tahun 2045. Justru ia membuatnya sangat membumi, berbeda dengan gambaran film Hollywood.

"Teknologi di film ini hanya sebagai background, jangan bayangkan jadi film yang hi-tech. Di film luar kan lebih nonjolin teknologi keren, kota yang padat dan pemborosan lampu neon banyak, di sini berbeda," tutur Indra ditemui saat reading film 2045 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (14/11/2019).

 

 

1 dari 2 halaman

1. Indonesia Lebih Hijau

Indonesia Lebih Hijau © KapanLagi.com/Adi Abbas Nugroho
Dalam gambaran film 2045, Indonesia di masa depan jauh dari polusi serta banyak penghijauan di semua tempat. Gambaran ini juga dimaksud sebagai harapan agar setting yang digunakan menjadi kenyataan tepat pada 100 tahun Indonesia merdeka.

"Indonesia di 2045 lebih sejuk, hijau, polusi nggak ada. Nggak hi-tech ya, malah lebih ke go green. Kita tuh pengin sampaikan cita-cita kita untuk Indonesia agar lebih hijau. Kalau pun ada teknologi, minimal ada 10 kemajuan teknologi yang akan umum saat itu. Contoh di sana ada alat penyaring udara, sensor lampu, gitu gitu," urai sutradara berkacamata ini.

2 dari 2 halaman

2. Meyakinkan Penonton

Meyakinkan Penonton © KapanLagi.com/Adi Abbas Nugroho
Hal yang paling sulit dalam proses pengerjaan film ini adalah bagaimana meyakinkan penonton bila setting 2045. "Bagaimana kita meyakinkan kalau tahun 2045 kondisi seperti itu. Jangan sampai orang nanya emang kayak gitu? Karena di sini kita logis, nggak yang tempat antah berantah," tutup Indra.

2045 dibintangi oleh aktor aktris dari generasi berbeda. Dari Ira Maya SophaFerry SalimNino Fernandez sampai bintang muda Cinta BrianYasmin Napper dan Indah Kusuma.

(kpl/abs/gen)


Reporter:  

Adi Abbas Nugroho

↑