Sutradara George P Cosmatos Meninggal di Usia 64 Tahun

Darmadi Sasongko  | 26 April 2005, 21:15 WIB
Kapanlagi.com - Sutradara George P Cosmatos, yang paling dikenal dengan film RAMBO dan TOMBSTONE, meninggal dunia minggu lalu dalam usia 64 tahun. Cosmatos didiagnosa menderita penyakit kanker paru-paru.

"George merupakan sosok yang hebat dan lebih besar daripada kehidupan ini," ujar Donner. "Anda tidak akan lupa kemunculannya dan berharap tak akan ada kepergian," tambahnya.

Terkenal berkat kemampuannya untuk memerbaiki proyek-proyek yang bermasalah dan mencipta film-film laris-manis, ia melahirkan apa yang dianggap oleh banyak orang sebagai pencapaian terbaiknya, TOMBSTONE (1993), film tentang penegak hukum legendaris Amerika WYATT EARP dan dibintangi oleh Val Kilmer dan Kurt Russell.

Cosmatos menampik kritik yang menyebut RAMBO (1985) adalah film kekerasan. Film itu bercerita tentang veteran perang AS yang kembali sendirian ke Vietnam untuk menyelamatkan tentara-tentara yang hilang dalam tugas.

"Ada apa dengan orang-orang yang berprasangka ini? Mereka bekerja untuk sensor, bukan orang-orang bebas," kata Cosmatos menanggapi. "Ini merupakan sebuah penyaluran kejiwaan bagi orang-orang untuk memiliki seorang pahlawan yang dapat berkelahi dan melakukan kerja kotor sementara kita makan pop corn," lanjutnya.

Lahir di Florence, Italia, dan besar di Mesir dan Cyprus, Cosmatos berbicara dalam enam bahasa dan merupakan seorang penggemar berat cerutu. (kmp/dar)

Editor:  

Darmadi Sasongko