Sutradara PDS, Sekar Ayu Asmara: LSF Harus Dihapus!

Editor KapanLagi.com | 20 Desember 2006, 22:43 WIB
Kapanlagi.com - Beberapa adegan bersetubuh dalam film PESAN DARI SURGA yang digunting Badan Sensor Film mendapat keberatan dari sutradara sekaligus penulisnya, Sekar Ayu Asmara, kala dijumpai di Granded Pasaraya, Blok M, Rabu (20/12) malam.

Menurut Sekar, sensor yang dilakukan lembaga pemerintah tersebut bukan pada tempatnya lagi, lantaran bertentangan dengan reformasi di segala bidang yang tengah berjalan. Untuk itu ia menghimbau agar hal itu jangan terulang kembali di masa mendatang.

"Tindakan tersebut bukan jamannya lagi. Sekarang ini jamannya reformasi. Bukan menggunting film!," tegasnya.

Ia menambahkan tidak ada seorang pun berhak melakukan pengguntingan terhadap karya film termasuk presiden sekalipun.

"Siapa pun dia bahkan setinggi SBY juga nggak berhak mensensor," sambungnya.

Lebih lanjut disebutkan, hak untuk menentukan apakah film itu layak ditonton atau tidak, dikembalikan kepada masyarakat, khususnya para orang tua.

"Kembalikan hak sensor pada warga. Biarkan orang tua yang menilai. Kembalikan martabat film Indonesia. Bagaimana film bisa jaya di negeri sendiri kalau ada lembaga yang selalu siap menggunting film karya kita?," tanyanya berapi-api.

Kekesalan Sekar ini cukup beralasan. Pasalnya film POCONG I karya Rudi Soejarwo juga mengalami serupa. Bahkan film tersebut dilarang tayang di bioskop. (kl/opa)