Syuting di Papua, Sineas Asal Jakarta Juara Pertama UnYUZUal Trip Film Festival

Tyssa Madelina | 27 April 2018, 10:47 WIB
Syuting di Papua, Sineas Asal Jakarta Juara Pertama UnYUZUal Trip Film Festival

Kapanlagi.com - Setelah melakukan proses seleksi cukup panjang, festival film pendek 'UnYUZUal Trip Film Festival' akhirnya memasuki babak penjurian. Sebanyak 10 film pendek terbaik, akan dipilih sebagai juara satu, dua, dan tiga.

Untuk mendapatkan 10 finalis, proses penyaringan ketat dilakukan oleh para dewan juri, seperti Ita Sembiring (produser dan penulis naskah), Kamila Andini (sutradara), Leonard Anthony (travel blogger Indonesia), dan Darius Sinatrhrya (aktor).

Seleksi dilakukan dengan cukup ketat. © KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaSeleksi dilakukan dengan cukup ketat. © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

"Sebenernya sih kita semua juri ngasih nilai. Pemenangnya berdasar tiga nilai tertinggi. Tapi saya cukup kaget karena ternyata kita ngasih nilai memang video2 hampir sama," kata Kamila Andini di CGV Central Park, Jakarta Barat, Kamis (26/4/2018).

Kamila Andini mengatakan, penjurian bukan hanya dilihat dari gambar saja. Namun, dari proses pengerjaan sampai pesan dari film tersebut juga dinilai oleh dewan juri.

"Ada dari penyutradaraan maksudnya apakah ada treatment khusus, teknis juga kita liat quality-nya kayak apa. Termasuk keseluruhan. Terus apakah dia punya perspektif atau pesan yang beda melihat karyanya. Sama yang terakhir kesamaan tema Menemukan Indonesia. Itu kriterianya yang kita pilih," katanya.

Sugianto asal Jakarta berhasil meraih juara pertama. © KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaSugianto asal Jakarta berhasil meraih juara pertama. © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Tiga judul film pendek 'UnYUZUal Trip Film Festival' dipilih sebagai pemenang. Juara pertama, sineas asal Jakarta, Sugianto. Film yang berjudul Indonesia, Jawaban dari Sebuah Pencarian, Sugianto memilih Papua untuk dijadikan lokasi syuting.

Itu filmnya kompilasi dari berbagai video perjalanan saya selama beberapa bulan dalam dua tahun terakhir ini cukup banyak eksplore tempat di Indonesia terus akhirnya digabungin, dijadiin satu. Tadi ada Indonesia Timur ada Papua di Raja Ampat, Wamena, Merauke. Maluku, ada Kepulauan Kei, Banda Neira, ada lagi di Sumba terus ada Borobudur, ada lagi di Sumatera deh," kata Sugianto.

"Indonesia ini terlalu luas gitu lho, kalau satu tempat itu enggak bakal bisa menggambarkan Indonesia sendiri. Indonesia kan Sabang sampai Merauke enggak adil kalau misalkan Indonesia cuman satu, emang sengaja di kompilasiin," sambungnya.

Pemenang mendapat uang tunai senilai Rp 10 juta. © KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaPemenang mendapat uang tunai senilai Rp 10 juta. © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Sementara itu, untuk juara dua dan tiga, diraih oleh sineas asal Jakarta, Ricky Sutomo dengan judul film Journey To The East dan M Falah Al Failah Sufi dengan judul film Keindahan Indonesia.

Ketiga pemenang tersebut masing-masing sineas mendapatkan hadiah berupa uang tunai senilai 10 juta untuk juara pertama. Sedangkan juara dua dan tiga mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 7.5 juta dan 5 juta rupiah.

(kpl/far/tmd)

Reporter:   Fikri Alfi Rosyadi

Topik Terkait