Takut Saat Tumbuh Tumor di Pita Suara, Daniel Mananta Ubah Jadi Adegan Film

Galuh Esti Nugraini | Rabu, 23 Oktober 2019 12:15 WIB
Takut Saat Tumbuh Tumor di Pita Suara, Daniel Mananta Ubah Jadi Adegan Film

Kapanlagi.com - Tiga tahun lalu Daniel Mananta menjalani operasi dikarenakan tumbuh tumor jinak pada pita suaranya. Saat tahu miliki penyakit tersebut, ia mengaku ketakutan sampai depresi.

Uniknya, rasa takut tersebut bermanifestasi menjadi sebuah adegan dalam film SUSI SUSANTI: LOVE ALL yang diproduserinya. Adegan yang menceritakan Susi didera rasa takut sebelum bertanding.

"Di film ada adegan Susi Susanti bergelut dengan ketakutan. Itu adalah pengalaman pribadi saat saya bergelut dengan ketakutan. Sebagai manusia pasti pernah ketakutan mau kerjaan lo apa. Tapi takut itu sebenarnya bisa menyemangati kalau kita ajak dia 'berteman'," kata Daniel ditemui saat press screening film SUSI SUSANTI: LOVE ALL di Plaza Indonesia, kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2019).

1 dari 2 halaman

1. Biopik Susi Susanti

Saat diserang tumor jinak, Daniel Mananta tengah mempersiapkan film biopik SUSI SUSANTI: LOVE ALL yang dibintangi Laura Basuki dan Dion Wiyoko. Beruntung Daniel bisa lepas dari depresinya. Karena jika tidak, belum tentu biopik legenda hidup Susi Susanti bisa terealisasi.

"Gue sadar kalau kekuatan gue adalah suara, Tuhan memudahkan bakat gue di suara. Dan suara gue ini istilahnya bener-bener bisa mengubah kehidupan orang lain. Bisa mengubah sebuah negara dengan influence gue. Suara gue bisa pitching sebuah konsep film. Dan ketika kita berusaha mengubah sesuatu menjadi lebih positif, yakin akan banyak banget intimidasi dari orang yang sirik. Khususnya orang dengan setan dalam diri yang bikin depresi. Udah lah suara lo ilang, karir lo gagal. Karena suara gue ini ancaman untuk perubahan yang positif. Nah, kalau misalnya saat itu gue akhirnya masuk ke black hole of depression, mungkin gue nggak akan pernah bikin film," jelasnya.

2 dari 2 halaman

2. Suara Menghilang

Suara Menghilang © KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Gejala awal tumor jinak di pita suara Daniel Mananta ialah kehilangan suara. Setelah menjalani operasi, pria yang selama beberapa tahun terakhir menjadi presenter Indonesian Idol ini diminta untuk menjaga suaranya.

"Operasi tiga tahun lalu. Pantangan nggak ada sih. Yang penting jangan kecapekan aja nanti suara jadi hilang-hilang. Terakhir ada terapi dua bulan lalu, terapi mulut," tutupnya.

(kpl/abs/gen)


Reporter:  

Adi Abbas Nugroho

↑