'THE MAN FROM THE SEA' Beri Pengalaman Beda, Film Fantasi Terinspirasi dari Tsunami

Galuh Esti Nugraini | Selasa, 18 Desember 2018 12:15 WIB
'THE MAN FROM THE SEA' Beri Pengalaman Beda, Film Fantasi Terinspirasi dari Tsunami

Kapanlagi.com - Bencana alam Tsunami yang terjadi 14 tahun yang lalu di Aceh ternyata mampu memberikan pengaruh pada banyak hal. Salah satunya adalah film. Film THE MAN FROM THE SEA  (Laut) terinspirasi dari peristiwa tersebut.

Film ini merupakan buah kerjasama Indonesia, Jepang, dan Perancis. Tsunami menjadi inspirasinya, terutama untuk Indonesia dan Jepang karena kedua negara pernah mengalami bencana alam yang sama. Kaninga Pictures (Indonesia) bersama Nikkatsu (Jepang) dibantu Comme Des Cinemas (Perancis) untuk menggarap visualnya.

Bukan hanya produksi film, melainkan pemainnya pun berasal dari 2 negara, yaitu Indonesia dan Jepang. Pemeran utama diperankan oleh Dean Fujioka, sedangkan pemeran pendukungnya ada Junko Abe, dan Taiga. Sementara aktor asal Indonesia ada Adipati Dolken dan Sekar Sari (pemeran film SITI) yang turut ikut memeriahkan.

"Ini pengalaman menarik baik cast atau crew karena di tiap divisi ada orang Indonesia dan orang Jepang. Dan kita ngga semua bisa pakai bahasa yang sama, ngga semua bisa Indonesia atau Inggris atau Jepang. Tapi itu menarik karena kita bisa komunikasi dengan banyak cara selain bahasa," kata Sekar Sari di Press Screening THE MAN FROM THE SEA (Laut) di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (17/12).

1 dari 2 halaman

1. Miliki Cita Rasa

Sekar Sari menambahkan, dirinya beruntung bisa dapat kesempatan bermain di film ini. Pasalnya, terdapat audisi terlebih dahulu untuk dapat ikut serta. Dirinya pun mengagumi proses dan filosofi film Laut ini.

"Kita juga saling belajar soal film dari masing-masing negara. Kita banyak diskusi tentang pemahaman tentang manusia, alam, dan kematian. Dan memang di film ini banyak ruang untuk perspektif yang berbeda. Memang film ini memiliki banyak cita rasa," jelasnya.

Press Screening dihadiri para pemain seperti Dean Fujioka, Taiga, dan Sekar Sari sendiri. Tidak lupa sang Sutradara, Koji Fukada juga turut hadir.

"Saya mau sampaikan terima kasih untuk semua orang Indonesia. Biasanya kru jepang kalau bekerja di luar negeri datang dan hanya kerja selama 6 bulan. Kali ini bukan cuma shooting saja, kita bisa belajar cara kerja yang berbeda dari kru Indonesia. Kami diterima dengan baik dan hangat, terima kasih," ucap Koji Fukada.

2 dari 2 halaman

2. Cerita Pengalaman

Cerita Pengalaman THE MAN FROM THE SEA akan tayang tahun 2019 © KapanLagi.com/Agus Apriyanto
Sementara Dean Fujioka, aktor sekaligus musisi Jepang yang mempunyai istri orang Indonesia ini memberikan pengalamannya saat syuting memerankan tokoh Laut.

"Saat baca skrip saya melihat kalau karakter Laut itu ngga jelas. Manusia bukan, laki-laki bukan, perempuan bukan. Jadi, aku selalu komunikasi dengan Koji. Sebenarnya saya ngga tau Laut itu siapa sampai saat ini. Dia mengarahkan bagaimana caraku bergerak, seperti senyum dan berdiri. Aku selalu tanyakan cara Koji menggambarkan Laut," jelasnya.

THE MAN FROM THE SEA (Laut) sendiri merupakan film drama fantasi yang terinspirasi peristiwa Tsunami. Film ini rasanya beda dengan film jenis serupa. Kemasan fantasi dan sentuhan sineas Jepang sangat terasa dan sangat menyenangkan untuk dinikmati. Namun pecinta film Tanah Air harus sedikit bersabar karena film ini baru akan tayang tahun 2019 awal nanti.

 

(kpl/apt/gen)


↑