Tidjan, Pahlawan Ganteng Yang Terlupakan Dari Bogor Difilmkan

Rahmi Safitri | 03 Juni 2016, 10:08 WIB
Tidjan, Pahlawan Ganteng Yang Terlupakan Dari Bogor Difilmkan

Kapanlagi.com - Bidar Batavia Grup dan IVU Films memproduksi film berjudul LASKAR DI TAPAL BATAS. Film tersebut diambil dari kisah perjuangan pahlawan bernama Tidjan waktu mengusir penjajah dari kota Bogor sekitar tahun 1948. Tidjan bisa disebut pahlawan yang terlupakan, tak banyak warga Bogor yang mengenal sosok pahlawan tampan yang berasal dari keluarga berada tersebut.

Executive Produser Bidar Batavia Grup, Letsman Tendy merasa Tidjan bisa menjadi figur pahlawan baru untuk generasi muda zaman sekarang. Tendy mempercayakan dari naskah film tersebut ditulis oleh Budi Juwono alias Bujenk dan Dimas Widya Kongkow setelah melakukan riset 21 hari di Bogor dan Banten.

"Saya tertarik memproduksi film perjuangan yang menceritakan kisah Tidjan, pahlawan asal Bogor karena anak muda zaman sekarang harus tahu sejarah ini. Kisah Tidjan ini harus menjadi teladan bagi anak muda zaman sekarang yang sepertinya mulai luntur nasionalismenya. Film ini akan tayang 11 Agustus 2016 mendatang," ujar Tendy kepada wartawan, Kamis (2/5).

Sonia, salah satu pemeran Laskr di Tapal Batas © Koleksi PribadiSonia, salah satu pemeran Laskr di Tapal Batas © Koleksi Pribadi

Tendy menunjuk aktor Gorz Kurniawan sebagai Tidjan dan artis Sonia Selvans yang akan berperan sebagai Kokom, wanita yang jatuh cinta pada Tidjan. Dia juga menggandeng artis senior Yati Surachman dan Pong Harjatmo.

Sonia sangat tertarik dengan kisah hidup Tidjan. Dia menilai walaupun masih muda tetapi sudah mengangkat senjata dengan gagah berani mengusir penjajah dari kawasan Bogor.

"Aku yang berakting aja sampai merinding mengenang perjuangan Tidjan dan laskar rakyatnya, apalagi mereka yang dahulu benar-benar angkat senjata melawan penjajah. Keberanian dan keikhlasan mereka patut ditiru anak muda masa kini dan bikin aku menangis terharu," jelas dia.

(kpl/ded/pit)

Reporter:   Dedi Rahmadi