Tiga Film Indonesia Ini Hentikan Syuting Karena Virus Corona, Apa Saja?

Sora Soraya   | Jum'at, 20 Maret 2020 13:38 WIB
Tiga Film Indonesia Ini Hentikan Syuting Karena Virus Corona, Apa Saja?

Kapanlagi.com - Produksi film di Indonesia semakin gencar seiring bertambahnya jumlah layar serta merangkak naik minat penonton terhadap karya anak bangsa. Sayangnya wabah virus corona atau COVID-19 membuat beberapa agenda syuting terpaksa dihentikan sementara waktu.

Hal ini berpegang pada himbauan pemerintah terkait social distancing untuk menekan penyebaran virus. Berikut ini tim KapanLagi.com telah merekap produksi film apa saja yang menghentikan proses pengambilan gambar untuk sementara sampai batas waktu yang tak bisa ditentukan.

1 dari 3 halaman

1. YOWIS BEN 3

YOWIS BEN 3 instagram.com/fajarnugrs
YOWIS BEN 3 ditasbihkan sebagai film penutup dari sebuah trilogi yang dimulai sejak tahun 2018 lalu. Komedi dengan bintang utama Bayu Skak, Joshua, Brandon Salim, dan Anya Geraldine ini telah melakukan proses syuting di Malang, Jawa Timur, beberapa hari lalu.

Namun melalui akun Twitter, sang sutradara yakni Fajar Nugros menginfokan bila jalannya syuting terpaksa dihentikan. Karena selama di lokasi, banyak masyarakat setempat berbondong-bondong datang sehingga otomatis menimbulkan kerumunan.

"Syuting YOWIS BEN berat karena selalu menarik massa penonton yang besar, memancing kerumunan. Biasanya tim produksi akan memundurkan garis batas massa untuk menjauhkan gaduhnya suara. Tapi saat ini masalahnya bukan teknis semata, tapi virus mengancam kita semua," tulis Fajar dari cuitan di akun Twitternya, Senin lalu (16/3/2020).

Selain Malang, syuting di beberapa kota lain seperti Solo, Kediri hingga Surabaya juga tak bisa dilakukan. Hal ini semata demi menghindari munculnya kerumunan massa.

2 dari 3 halaman

2. BACKSTAGE

BACKSTAGE Paragon Pictures
BACKSTAGE merupakan drama musik yang mempertemukan Sissy Prescillia dan Vanesha Prescilla dalam satu frame. Film produksi perdana Paragon Pictures ini telah dimulai sejak 14 Maret kemarin. Akan tetapi setelah penyebaran virus corona semakin mengkhawatirkan, proses syuting pun terpaksa dihentikan sampai waktu tak ditentukan.

"Film BACKSTAGE adalah film yang sangat personal bagi kami, yang dibuat dengan sepenuh hati. Tetapi dengan kondisi pandemi COVID-19 saat ini, tidak memungkinkan bagi kami untuk melanjutkan syuting. Pemerintah sudah menyarankan social distancing, bagaimana pun kesehatan dan keselamatan kita lebih penting daripada film apapun juga," begitu tulis pihak rumah produksi dikutip dari postingan Instagram resmi mereka pada Selasa (17/3).

3 dari 3 halaman

3. THE DOLL 3

THE DOLL 3 Hitmaker Studios
Film berikutnya yang menghentikan proses syuting adalah horor THE DOLL 3 yang dibintangi Jessica Mila, Winky Wiryawan, dan Masayu Anastasia. Penundaan ini sudah dilakukan sejak Minggu (15/3) pekan lalu.

Diungkap oleh Rocky Soraya selaku produser dan sutradara dalam press release, penundaan ini mengakibatkan kerugian mencapai satu miliar karena melibatkan ahli animatronics dari luar negeri. Namun keputusan tetap diambil karena baginya yang terpenting adalah kesehatan kru, pemain, sutradara, dan semua pihak.

(kpl/abs/sry)


Reporter:  

Adi Abbas Nugroho

↑