Tom Hanks Terpilih Bintangi 'THE DA VINCI CODE'

Darmadi Sasongko | 01 Desember 2004, 19:20 WIB
Kapanlagi.com - Aktor peraih Oscar, Tom Hanks, terpilih untuk membintangi film misteri THE DA VINCI CODE yang diadaptasi dari novel laris karya Dan Brown, demikian menurut studio Columbia Pictures.

Hanks memerani tokoh Profesor Robert Langdon dari Universitas Harvard yang bertualang mencari Holy Grail (Cawan Suci yang dipakai Yesus Kristus dalam Perjamuan Terakhir) dalam kisah thriller tentang rahasia awal gereja Katolik, demikian dikutip dari Reuters.

Film THE DA VINCI CODE arahan Ron Howard menggabungkan tim lamanya dari film peraih Oscar A BEAUTIFUL MIND. Termasuk penulis skenario Akiva Goldman dan mitra usaha Howard, Brian Grazer, yang kembali mendanai produksi film THE DA VINCI CODE.

Studio Columbia Pictures yang bagian dari perusahaan elektronik Jepang, Sony Corp., akan merilis THE DA VINCI CODE pada 19 Mei 2006. Ketua komisaris Amy Pascal dari Sony Pictures Entertainment Motion Picture Group menyebut film ini adalah "peletakan batu pertama" dari jadwal pemutaran film studio ini di tahun 2006 mendatang.

"Potensi yang tersedia melalui kerjasama materi dan bakat adalah luar biasa," kata Pascal. Ia menambahkan bahwa "tugas utama adalah tetap setia pada bukunya dan menghargai para penggemar yang menyukai buku ini di seluruh dunia."

Buku laris THE DA VINCI CODE menduduki peringkat buku best seller hampir tanpa henti sejak terbit di tahun 2003. Buku produksi penerbit Doubleday ini telah bertahan 87 minggu di puncak daftar best seller versi The New York Times. Studio Columbia menyatakan lebih dari 20 juta eksemplar buku karya Dan Brown ini telah dicetak di seluruh dunia.

Menurut pemberitaan media industri hiburan, Columbia membeli hak pembuatan film dari buku karya Brown tahun lalu dengan nilai jutaan dollar yang dilakukan produser eksekutif John Calley sebelum ia mengundurkan diri sebagai Ketua Komisaris Sony Pictures Entertainment. Calley tetap terikat pada proyek THE DA VINCI CODE sebagai produser bersama Grazer.

Hanks yang baru tampil dalam film animasi THE POLAR EXPRESS (2004) sebelumnya berduet dengan Howard dan Grazer dalam film drama pesawat antariksa APOLLO 13 (1995) dan film komedi puteri duyung terobosannya SPLASH (1984).

Ia meraih Oscar aktor terbaik dari dua film drama PHILADELPHIA (1993) dan FORREST GUMP (1994). Hanks juga meraih nominasi Oscar dari film-film BIG (1988), SAVING PRIVATE RYAN (1998) dan CAST AWAY (2000). (dis/dar)

Editor:  

Darmadi Sasongko