Untuk Anak Bangsa, Kisah Pembuatan Borobudur Kini Bisa Ditonton

Rahmi Safitri | 21 Mei 2015, 00:24 WIB
Untuk Anak Bangsa, Kisah Pembuatan Borobudur Kini Bisa Ditonton
Kapanlagi.com - Keprihatinan lantaran kurangnya film untuk anak-anak membuat rumah produksi Moestion Pictures akhirnya memiliki ide untuk menggarapnya. Adalah film berjudul BUMI SHAMBARA, film yang rencananya akan dibuat dalam waktu dekat.

Film yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama nantinya akan mengisahkan tentang sejarah pembuatan Candi Borobudur. Pramono A Chakil selaku sutradara memberitahukan alasan mengangkat film anak dengan latar belakang sejarah.

"Kalau kita datang ke Borobudur, banyak turis dalam negeri dan turis asing yang ke sana hanya untuk foto-foto. Sangat miris, bangsa kita punya harta karun sebesar itu tapi tidak dipelajari," ucap Pramono saat syukuran film tersebut di Kampus Dr. Moestopo, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (19/5).

Afril Rania, salah satu pemeran dalam film BUMI SHAMBARA © KapanLagi.com®/Sahal FadhliAfril Rania, salah satu pemeran dalam film BUMI SHAMBARA © KapanLagi.com®/Sahal Fadhli

Candi Borobudur dikatakan Pramono memiliki pluralisme alias keberagaman. Makanya, sejak dari dini, anak-anak harus diberitahukan tentang sejarah yang ada di negeri sendiri.

Film tersebut menceritakan tentang lima anak sekolah dasar (SD) yang memenangkan lomba tulis dengan hadiah jalan-jalan ke Borobudur. Di tengah cerita, salah satu anak diculik gerombolan penjahat dan masuk ke lorong waktu ke masa saat Candi Borobudur baru dibuat.

Dalam film tersebut, beberapa bintang ternama turut andil didalamnya, diantaranya, Monica Oemardi, Ony Syahrial dan Untung Blangkon. Kalau tidak ada aral melintang, film BUMI SHAMBARA akan diputar di bioskop-bioskop tanah air pada akhir tahun nanti.

(kpl/aal/pit)

Reporter:  

Sahal Fadhli