Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

10 Adegan Film Yang Dijamin Bikin Pria Menangis

Mahardi Eka Putra   | Jum'at, 15 Februari 2013 16:01 WIB
10 Adegan Film Yang Dijamin Bikin Pria Menangis
sumber ilustrasi: www.huffingtonpost.com

Kapanlagi.com - Wanita lebih peka perasaannya dalam menikmati sebuah film. Itu fakta. Akan tetapi bukan menjadi halangan bagi pria untuk ikut larut dalam nuansa yang dibangun sebuah film lewat adegan-adegannya.

Ada beberapa film yang terbukti membuat seorang pria pun sampai menangis. Mulai dari sekadar berkaca-kaca sampai menangis tersedu-sedu. Adegan-adegan dalam film tersebut harus diakui mampu menyentil lubuk terdalam hati seorang pria sampai membuatnya mencucurkan air mata.

Beberapa film yang menghadirkan kisah sedih menguras air mata ini terbukti bisa menjadi alternatif tontonan bersama pasangan atau orang terkasih tak hanya di hari Valentine saja, namun di setiap waktu berkumpul bersama.

Para pria, saat menonton adegan-adegan menyedihkan ini, bersiaplah membawa sapu tangan atau paling tidak tisu untuk menyeka air matamu. (kpl/dka)

1. TOY STORY 3

Gambar

Pixar selalu piawai meramu adegan di dalam filmnya dan mengajak penonton naik turun emosinya. Mereka juga sudah terkenal membuat adegan dalam film animasi mereka terasa begitu menyentuh dan membuat yang menonton tak sadar sudah meneteskan air mata. Dalam TOY STORY 3, Pixar pun kembali menyuguhkan adegan sentimentil tersebut yang dipadu dengan musik latar yang pas.

Ada dua adegan yang mengaduk emosi penonton yakni saat para tokoh utamanya terjebak di tempat pembakaran sampah. Mereka yang adalah para mainan hidup tak bisa berbuat apa-apa selain bergandengan tangan satu dengan yang lain sembari memandang tungku besar yang siap mengakhiri nyawa mereka. 

Adegan lain yang tak kalah mengharukan adalah ending dari filmnya di mana Andy yang telah masuk kuliah berniat memberikan mainan-mainannya kepada anak kecil tetangganya. Sebuah perpisahan yang menyedihkan mengingat mainan tersebut sudah menjadi teman bermain Andy sejak kecil. Namun perpisahan ini harus dilakukan.

2. THE RETURN OF THE KING

Gambar

Peter Jackson menggeret penonton dari adegan perang kolosal kepada adegan personal yang mengharukan dalam THE LORD OF THE RINGS: THE RETURN OF THE KING. Froddo (Elijah Wood) dan Sam (Sean Astin) berjasa besar dalam menghancurkan One Ring yang terkutuk. Saat cincin tersebut melebur dalam lava Mount Doom, Sauron pun menghilang dari muka Middle Earth.

Namun, apa yang harus dilakukan dua hobbit kecil tersebut saat tahu bahwa tak ada jalan pulang yang terbuka untuk mereka. Mount Doom meletus, kedua hobbit tersebut hanya bisa menatap lautan lahar di depan mereka. Tak ada yang bisa mereka lakukan. Kematian kah hadiah yang mereka peroleh setelah menyelamatkan dunia?

3. UP

Gambar

UP dinilai kritikus sebagai film Pixar yang terlalu tendensius dan bertema berat untuk ukuran sebuah film animasi anak-anak. Akan tetapi pujian selangit diberikan untuk 20 menit pertama film yang menggambarkan kisah cinta Carl dan Ellie mulai dari kecil sampai kematian Ellie.

Penonton dari awal diajak menyelami keseharian Carl dan Ellie mulai dari menikah, bekerja, membangun rumah, dan romansa lainnya. Saat penonton merasa kisah tersebut berakhir bahagia, penonton serasa ditampar dengan adegan Ellie sakit. Dari sini, percayalah seorang pria sekalipun trenyuh dengan kesetiaan Carl sampai tua dan Ellie meninggal.

Narasi Pixar yang mengharukan tersebut makin terasa dengan iringan musik latar Michael Giacchino.

4. MARLEY AND ME

Gambar

Film yang dibintangi oleh Owen Wilson dan Jennifer Anniston ini menitikberatkan hubungan antara tokoh utama dengan anjing peliharaannya, Marley. Anjing jenis Golden Retriever yang dipelihara sejak kecil ini mampu memikat hati penonton lewat kesetiaannya dan juga gesture rasa sayangnya kepada majikan. Lantas apa yang terjadi bila anjing yang setiap hari menemani sang majikan tersebut harus sekarat dan kemungkinan besar meninggal? Taruhan pasti penonton menangis karenanya.

5. CHARIOT OF FIRE

Gambar

Pria tidak hanya bisa terharu oleh karena adegan sedih, lewat film CHARIOT OF FIRE pria diajak menangis karena kisah keberhasilan. Bayangkan betapa terharunya seorang atlet yang diremehkan lantas melawan atlet lari lainnya yang lebih diunggulkan. Adegan keberhasilan penuh haru tersebut makin terasa karena dibuat dalam gerakan lambat.

6. THE NOTEBOOK

Gambar

Tak cukup perjuangan cinta antara tokoh Noah (Ryan Gosling) dan Ellie (Rachel McAdams) yang terhalangi oleh status sosial di sepanjang film. Kisah cinta tersebut diutup dengan kepedihan yang sama seperti kisah Romeo dan Juliet karya Shakespeare. Keduanya mengembuskan nafas terakhirnya setelah mengobrol bersama di atas tempat tidur.

7. American Beauty

Gambar

Lester Burham (Kevin Spacey) adalah seorang ayah paruh baya yang mengalami krisis di tengah keluarga disfungsionalnya. Anaknya meremehkannya dan sang istri berselingkuh dengan pria lain. Lester tak punya pilihan lain selain tak acuh dengan keadaan menyedihkan yang menimpanya tersebut.

Ganja dan olahraga menjadi pelariannya yang nyatanya bisa membuatnya mendapat kebahagiaan. Namun siapa sangka di saat harusnya ia merasakan kebahagiaan, hidupnya berakhir saat seorang tetangganya yang penuh kesalahpahaman menembaknya. Apa lagi yang bisa lebih menyedihkan selain kisah Lester ini?

8. ROMEO AND JULIET

Gambar

Apakah ada yang lebih menyedihkan dari cinta yang tak mungkin bisa bersatu karena terhalang permusuhan kedua keluarga dari pasangan yang jatuh cinta. Kisah cinta Shakespeare yang digarap Baz Luhrmann ini menambah daftar adegan film yang mampu membuat pria menangis. Romeo (Leonardo DiCaprio) dan Juliet (Claire Danes) berjuang sampai harus melawan orangtua mereka untuk akhirnya berakhir tragis bunuh diri bersama di dalam gereja.

9. MY GIRL

Gambar

MY GIRL adalah film anak dengan kisah persahabatan dan petualangan ala anak-anak pula. Tapi tidak untuk adegan endingnya. Sebuah kematian yang membuat penonton mana pun tak menduga bahwa akhir kisah persahabatan kedua tokoh utama dalam film adalah kematian salah satunya.

Adegan yang membuat penonton pria ingin turut menangis adalah pada saat adegan ibadah pemakaman di mana Vada (Anna Clumsky) menangisi dan mengajak ngobrol jenasah Thomas (Macaulay Culkin) yang sudah tak bernyawa. Vada masih tak percaya sahabatnya telah meninggal dunia.

10. THE LION KING

Gambar

Film animasi Disney THE LION KING jadi jawara mengundang tangis. Siapa , termasuk para pria, yang tak menitikkan air mata saat menonton Simba menangisi ayahnya yang meninggal gara-gara menyelamatkan dirinya. Tak ada ramuan yang lebih tepat untuk menguras air mata selain melihat anak kecil menangisi kepergian orangtuanya.

Editor:   Mahardi Eka Putra