10 Film Tentang Pandemi yang Kasih Gambaran Gimana Sebuah Virus Bisa Menyebar Luas

Wuri Anggarini   | Selasa, 14 April 2020 13:00 WIB
10 Film Tentang Pandemi yang Kasih Gambaran Gimana Sebuah Virus Bisa Menyebar Luas

Kapanlagi.com - Nggak ada yang pernah membayangkan kalau memasuki tahun 2020, dunia bakal berhadapan dengan penyebaran COVID-19 yang statusnya sudah menjadi pandemi. Memang sih, berita tentang penyebaran virus ini sudah terdengar sejak Desember 2019 di Wuhan, Republik Rakyat Tiongkok. Tapi, pasti kamu nggak pernah menduga kalau virus ini bakal menyebar dengan begitu cepat dan meluas dalam kurun waktu nggak sampai 6 bulan.

Social distancing dan self quarantine sendiri sudah diterapkan di Indonesia sejak sebulan yang lalu. Hingga saat ini, angka kasus yang positif terinfeksi COVID-19 masih sangat tinggi, yaitu lebih dari 4.000 kasus. Buat yang sama sekali nggak punya background dalam bidang kesehatan pasti dibuat bertanya-tanya tentang bagaimana sebuah virus bisa menyebar hingga menjadi pandemi.

Mumpung lagi self quarantine dan work from home, nggak ada salahnya meningkatkan pengetahuan tentang gambaran sebuah virus bisa menyebar luas. Kalau mau cara yang lebih menyenangkan, nonton aja film Hollywood bertema virus outbreak ini. Bukan buat bikin kamu makin panik di tengah pandemi, tapi deretan film ini bisa menjadi gambaran gimana sebuah virus bisa menyebar luas sekaligus seperti apa penanganan yang tepat.

 

1 dari 10 halaman

1. The Crazies (1973)

The Crazies (1973) ©Imdb
Lawas, tapi tetap memberikan gambaran penyebaran virus yang menambah pengetahuanmu. Film yang disutradarai oleh George A. Romero ini menceritakan tentang sebuah pesawat militer yang membawa senjata biologis yang belum menjalani proses uji coba. Lalu, kecelakaan yang nggak diduga menimpa dan membuat pesawat tersebut terjatuh di dekat sebuah kota. Gara-gara kecelakaan ini, sumber air di kota tersebut terkontaminasi dan membuat satu per satu penduduk lokal tewas karena penyakit yang belum dideteksi.

Pemerintah pun mengerahkan kekuatan militer untuk menghentikan penyebaran penyakit dengan memberikan instruksi untuk menembak siapapun yang terlihat. Biarpun dibuat dengan budget rendah, tapi film ini memberikan gambaran bagaimana sebuah virus bisa menjadi terror kesehatan yang mengerikan.

2 dari 10 halaman

2. The Cassandra Crossing (1976)

Dirilis pada tahun 1976, film yang dibintangi oleh Sophia Loren, Richard Harris, Ava Gardner dan Martin Sheen ini menceritakan tentang teror yang dilakukan oleh seorang pria Swiss di dalam kereta api Eropa. Nggak hanya sekadar teror pembajakan, karena sang teroris ternyata terinfeksi bakteri pathogen mematikan yang juga memberikan peluang menularkan pada penumpang lain di dalam kereta. Film semakin menegangkan karena kereta api tersebut melintasi sebuah jembatan yang nggak stabil, tapi nggak ada satu orang pun yang boleh meninggalkan kereta tersebut.
3 dari 10 halaman

3. Twelve Monkey (1995)

Film science fiction yang dibintangi oleh Bruce Willis dan Brad Pitt ini punya plot yang unik. Diceritakan sebuah virus misterius sengaja disebar oleh kelompok yang dikenal dengan nama Army of Twelve Monkey pada tahun 1996. Virus ini nyaris memusnahkan populasi manusia di masa itu. Pada tahun 2035, seorang narapidana bernama James Cole terpilih untuk sebuah proyek mesin waktu, di mana ia akan dikirim kembali ke tahun 1996 demi menemukan asal virus, demi membantu para ilmuwan menemukan obat yang tepat.

Sayangnya, proyek mesin waktu ini meleset. Cole malah ‘nyasar'di tahun 1990 dan ditahan di sebuah rumah sakit jiwa setelah didiagnosis oleh Dr. Kathryn Railly. Di masa itu nggak ada satu orang pun yang mempercayainya, hingga kemudian ia kembali teleportasi ke tahun 2035. Cole pun tetap melanjutkan rencananya dan kembali ke tahun 1996, di mana ia bertemu lagi dengan Dr. Railly yang akhirnya mulai mempercayai jika kata-kata Cole benar.

4 dari 10 halaman

4. Outbreak (1995)

Outbreak (1995) © Hollywood Reporter
Bisa dibilang OUTBREAK adalah salah satu film Hollywood terbaik yang menceritakan tentang pandemi. Film tersebut menceritakan tentang sebuah wabah misterius bernama Motaba yang berasal dari seekor kera di Afrika Selatan. Penyakit yang gejala awalnya mirip dengan influenza ini ternyata mematikan dan menyebar cepat hingga satu kota mengalami kondisi kritis.

Ancaman tingkat penyebaran di seluruh dunia pun muncul setelah tingginya laporan kasus penyakit dengan gejala serupa yang menyebabkan kematian.
Tim CDC dan WHO bekerja sama menemukan vaksin virus tersebut yang ternyata bukan pekerjaan mudah. Bahkan, militer mengeluarkan keputusan memusnahkan satu kota demi mencegah penyebaran virus. Dibintangi Dustin Hoffman, Cuba Gooding Jr., dan Rene Russo, nonton OUTBREAK sepertinya relevan dengan situasi sekarang.

5 dari 10 halaman

5. Black Death (2010)

Wabah nggak hanya terjadi di era modern saja. Di masa lalu, pernah juga terjadi wabah yang menewaskan hampir 60% penduduk Eropa, dikenal sebagai The Black Death. Pandemi ini yang kemudian menjadi inspirasi film bertajuk BLACK DEATH yang dibintangi oleh Sean Bean dan Eddie Redmayne.

Mengambil cerita wabah klasik di era abad ke-14, alur film ini menceritakan sekelompok ksatria yang melakukan perjalanan selama wabah The Black Death melanda. Film ini menekankan pada dahsyatnya pengaruh wabah tersebut yang masih dikaitkan dengan sihir dan ilmu hitam di masa itu.

6 dari 10 halaman

6. Contagion (2011)

Contagion (2011) © Warner Bross
Kalau dipikir-pikir, inilah film yang paling mendekati wabah COVID-19 seperti yang dihadapi saat ini. CONTAGION bercerita tentang seorang perempuan yang baru saja menjalani business trip di Hong Kong, tiba-tiba mengalami kejang-kejang hebat dan dilarikan ke rumah sakit. Ia kemudian meninggal akibat penyakit yang belum teridentifikasi. Sang suami kemudian menjalankan pemeriksaan untuk mengetahui kemungkinan tertular, tapi kemudian ia dipastikan kebal terhadap virus tersebut.

Setelah kasus pasien pertama tersebut, ada kekhawatiran dari CDC jika virus tersebut adalah senjata biologis yang sengaja disebar menjelang peringatan Thanksgiving. Para ahli dari berbagai badan kesehatan dunia pun bekerja keras menemukan vaksin untuk virus ini, termasuk melacak siapa saja yang sempat berkontak dengan pasien pertama. Dibintangi oleh Marion Cottilard, Matt Damon, Kate Winslet, Jude Law, hingga Gwyneth Paltrow, film ini bisa jadi tontonan yang pas selama social distancing di rumah.

7 dari 10 halaman

7. Deranged (2012)

Film produksi Korea Selatan ini menceritakan tentang wabah yang disebabkan oleh parasit yang mengalami mutasi. Wabah ini mulai terdeteksi saat satu per satu mayat ditemukan mengapung di Sungai Han. Ketika diperiksa, ternyata kematian tersebut disebabkan oleh mutasi parasit yang memberikan gejala rasa lapar dan haus yang luar biasa bagi yang terinfeksi. Kota pun mengalami kondisi chaos karena kepanikan masyarakat dan tingkat penyebaran wabah yang sangat tinggi.
8 dari 10 halaman

8. The Flu (2013)

Satu lagi film produksi Korea Selatan yang bercerita tentang pandemi. THE FLU mengangkat wabah virus H5N1 yang mulai menyebar di negara tersebut lewat sekelompok imigran gelap. Mereka diselundupkan hingga Korea Selatan dalam sebuah kontainer. Ternyata salah satu imigran merupakan carrier virus berbahaya dan mematikan. Begitu kontainer dibuka, imigran lainnya ditemukan tewas dan hanya satu orang yang bertahan hidup, yaitu sang pembawa virus itu sendiri.

Film ini menggambarkan bahwa virus tersebut menyebar dalam waktu cepat. Dalam waktu 36 jam, ribuan orang sudah terinfeksi virus yang mengancam nyawa. Film yang dibintangi oleh Soo Ae dan Jang Hyuk ini menunjukkan seperti apa situasi chaos yang terjadi saat harus berhadapan dengan wabah mematikan dan berlomba dengan waktu menemukan penawarnya.

9 dari 10 halaman

9. It Comes at Night (2017)

Film ini mengangkat genre horror misteri yang menceritakan sebuah outbreak misterius menyerang bumi. Satu keluarga yang berhasil menjadi survivor hidup mengasingkan diri di sebuah hutan demi tidak terjangkit wabah tersebut. Hingga suatu hari mereka bertemu kelompok survivor yang lain dan sepakat untuk berbagi tempat tinggal dan persediaan makanan. Namun, satu per satu insiden aneh terjadi yang membuat mereka tersadar kalau salah satu dari mereka bisa jadi telah terinfeksi wabah tersebut.
10 dari 10 halaman

10. Virus (2019)

Virus (2019) (c) nowrunning.com
Kalau bosan menonton film produksi Hollywood, mungkin karya perfilman India yang satu ini bisa menjadi rekomendasi. VIRUS dibangun berdasarkan kisah nyata saat wabah Nipah terjadi di Kerala. Ceritanya berawal dari seorang pria yang mengalami gejala akibat virus yang belum teridentifikasi. Ia kemudian dibawa ke Government Medical College, Kozhikode untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Namun, beberapa jam kemudian ia dinyatakan meninggal. Pria itu sendiri sudah menularkan virus kepada 18 orang lainnya.

Beberapa film di atas bisa jadi gambaran tentang gimana sebuah virus bisa menyebar secara luas. Biarpun beberapa film dibumbui dengan cerita fantasi, at least bisa jadi hiburan yang menambah wawasan saat social distancing seperti sekarang ini. Selamat nonton ya!

(kpl/wri)

Editor:  

Wuri Anggarini