Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

10 Lokasi Syuting Film Yang Bisa Membuat Aktor Terbunuh

Mahardi Eka Putra   | Rabu, 06 November 2013 20:01 WIB
10 Lokasi Syuting Film Yang Bisa Membuat Aktor Terbunuh
dok. Paramount

Kapanlagi.com - Ingat dengan keindahan adegan pembuka PROMETHEUS? Siapa yang menyangka bahwa film tersebut diambil gambarnya di Islandia, tepatnya di lereng Hekla, satu dari gunung berapi teraktif di dunia. Sang sutradara, Ridley Scott sepertinya tak terlalu mempedulikan bahaya yang dihadapinya bersama dengan para kru.

Setelah ditelusuri, ternyata aksi nekat seperti di atas pernah terjadi beberapa kali dalam perfilman Hollywood. Tim produksi sengaja memilih tempat berbahaya untuk melakukan pengambilan gambar. Dari gedung pencakar langit sampai reaktor nuklir lawas pernah disambangi para pembuat film. Nyawa mereka dan para aktor yang jadi taruhannya. Semua itu demi keberhasilan film.

Simak beberapa film yang disyuting di tempat sangat berbahaya ini!

  (mov/dka)

1. THE ABBYS

Gambar

Terbayang rasanya apabila para kru diminta untuk mencari kapal selam nuklir yang tak lagi beroperasi untuk tempat syuting film. Mulanya para kru menganggap bahwa kapal selam tersebut akan dipakai sebagai referensi set lokasi syuting film THE ABBYS.

Namun betapa kagetnya ternyata kapal selama tersebut dipakai sebagai lokasi syuting. Sutradara James Cameron benar-benar memboyong seluruh aktor dan kru filmnya untuk syuting di sebuah reaktor nuklir terbengkalai di Carolina Selatan. Apa benar sudah bersih itu radiasinya?

2. MISSION IMPOSSIBLE : GHOST PROTOCOL

Gambar

Dalam film MISSION: IMPOSSIBLE III, sutradara JJ Abrams sudah membanjiri film dengan adegan-adegan berbahaya yang menguras stamina serta nyali Tom Cruise. Rasanya takkan ada lagi adegan yang lebih berbahaya untuk ditampilkan.

Tapi tunggu dulu! Sutradara Brad Bird berhasil membuat Tom Cruise bergelantungan di gedung tertinggi dunia, Burj Khalifa di Dubai. Gedungnya saja setinggi 164 lantai. Salah sedikit bisa berbahaya. 

3. THE DARK KNIGHT

Gambar

Serial Batman arahan Christopher Nolan menampilkan banyak adegan aksi yang belum pernah ada di film-film Batman sebelumnya. Tapi yang paling keren tentu saja adegan ketika Batman bediri di atas gedung saat melangsungkan misi di Hongkong.

Tahu tidak? Ternyata adegan tersebut mengharuskan Christian Bale bediri di atas Sears Tower dan memandang ke arah kota Chicago. Untung Christian Bale tak takut ketinggian.

4. GIMME SHELTER

Gambar

Film dokumenter pun bisa juga berbahaya lantaran mengandung banyak unsur kejutan. Sebut saja film GIMME SHELTER milik Rolling Stone ini. Film ini menampilkan konser mereka di Altamont Free Concert yang berakhir rusuh dan menjadi bencana.

Bayangkan ada 4 penonton tewas dalam konser tersebut dan salah satunya tertangkap kamera dibunuh. Semua itu terjadi saat Rolling Stones sedang manggung. Apakah sejatinya pembunuh tersebut mengincar personil Rolling Stones?

5. QUANTUM OF SOLACE

Gambar

Adegan final film James Bond ini menampilkan Bond (Daniel Craig) bertarung habis-habisan di sebuah motel yang terletak di tengah-tengah padang gurun super tandus di Atacama.

Kru film pastinnya punya persediaan air yang begitu banyak. Kalau tidak, Craig akan menderita dehidrasi akut mengingat ia juga harus melakoni adegan lari di bawah terik matahari gurun. Wew!

6. SESSION 9

Gambar

Jika kamu hendak mengambil syuting film tentang rumah sakit jiwa, tak ada yang lebih cocok selain rumah sakit jiwa sungguhan. Itulah yang dipikirkan oleh sutradara SESSION 9 saat ia memutuskan untuk mengambil gambar di rumah sakit juwa yang sudah lama ditinggalkan.

Film horor ini akhirnya diambil gambarnya di RSJ Danvers, Massachusetts yang sudah lama ditinggalkan. Kabarnya nih, RSJ tersebut menjadi tempat praktek lobotomi pertama di AS.

7. WATERWORLD

Gambar

WATERWORLD telah lama diakui sebagai film berbudget besar yang flop di pasaran. Dana besar film tersebut ternyata dipakai untuk memilih tempat syutingnya. Uang sebanyak USD 175 juta dipakai untuk membuat pemukiman terapung di pesisir Hawaii.

Lantas apa yang membuat lokasi tersebut berbahaya? Tempat tersebut ternyata sempat dilanda badai besar sebanyak 3 kali sehingga proses syutingnya sempat terhenti.

8. THE BLAIR WITCH PROJECT

Gambar

Semengerikan apa pun film horor, para aktornya masih tetap mendapat fasilitas untuk bersantai di sebuah trailer dan juga mendapat fasilitas lumayan.

Tapi tidak halnya denngan pemain THE BLAIR WITCH PROJECT. Sutradaranya ingin agar suasana syuting mirip dengan suasana kisah dalam film. Alhasil para pemain tidur dengan berkemah dan juga diberi makanan serta minuman terbatas.

9. FITZCARRALDO

Gambar

Sutradara Werner Herzog dikenal karena kesukaannya memilih tempat syuting yang aneh-aneh. Coba saja tonton film CAVE OF FORGOTTEN DREAMS kalau tak percaya.

Di tahun 1982, ia membuat sensasi lainnay dengan melakukan syuting FITZCARRALDO di Peru. Di tempat itu, sang bintang utama Klaus Kinski pernah mendapat ancaman pembunuhan dari penduduk pribumi.

10. THE AFRICAN QUEEN

Gambar

Diambil gambarnya di Belgian Congo, proses produksi film ini sempat terhenti selama beberapa bulan lantaran para kru dan pemain tersertang disentri parah dan penyakit malaria.

Dua yang tak terserang penyakit tersebut adalah sutradara John Huston dan aktor utama Humphrey Bogart karena mereka senantiasa meminum wiski daripada air minum dari sana. Ternyata air tersebut yang menjadi sumber penyakitnya. 

Editor:   Mahardi Eka Putra