Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

25 Rekomendasi Film Perang Terbaik Sepanjang Masa, Ada yang Diambil dari Kisah Nyata - Penuh Haru dan Menegangkan

Dhia Amira   | Sabtu, 19 November 2022 11:22 WIB
25 Rekomendasi Film Perang Terbaik Sepanjang Masa, Ada yang Diambil dari Kisah Nyata - Penuh Haru dan Menegangkan
Rekomendasi Film Perang (credit: imdb.com)

Kapanlagi.com - Bagi kalian yang suka dengan film bergenre perang, maka ada loh rekomendasi film perang terbaik sepanjang masa. Ya, film-film ini memiliki kisah perang yang menegangkan dan juga ada yang bisa bikin kalian nangis bombay loh KLovers. Rekomendasi film perang ini tentu bisa menjadi salah satu hiburan kalian.

Beberapa rekomendasi film perang ini bukan hanya film baru saja loh KLovers, ada banyak pula film lama dari tahun 79-an. Walaupun sedikit lama, namun film-film tersebut masih sangat keren untuk kalian tonton loh KLovers dan menjadi salah satu film perang terbaik.

Nah, bagi KLovers yang ingin mengetahui apa saja rekomendasi film perang terbaik. Maka berikut ini rekomendasi film perang sepanjang masa dengan kisah yang menegangkan dan penuh akan haru. Yuk langsung saja dicek KLovers.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. APOCALYPSE NOW (1979)

Gambar

Rekomendasi film perang yang pertama yaitu, ada film APOCALYPSE NOW. Film ini tayang pertama kali pada 15 Agustus 1979, film garapan Francis Ford Coppola ini bercerita tentang Willard yang diperankan Marin Sheen bertugas untuk membunuh kolonel Amerika yang berkhianat di tengah kegilaan Perang Vietnam saat itu.

Bahkan banyak adegan dan dialog dalam film ini yang menjadi ikonik dalam dunia perfilman loh KLovers. Selain itu, salah satunya lagu yang berjudul Ride of The Valkyries yang ada di opera karya Richard Wagner sangat populer saat itu. Keseruan dalam film APOCALYPSE NOW ini sangat sayang banget untuk kalian lewatkan.

2. BRAVEHEART (1995)

Gambar

Kemudian rekomendasi film perang yang selanjutnya yaitu, ada film berjudul BRAVEHEART. Film ini adalah film perang kerajaan terbaik sepanjang masa yang wajib kalian tonton loh KLovers. Disutradarai oleh Mel Gibson, film ini tayang pada 25 mei 1995 dengan genre biografi, drama, dan sejarah.

Film yang diaktori Sophie Marceau, Mel Gibson, Patrick McGoohan ini bercerita tentang perjuangan prajurit Skotlandia melawan kerajaan Inggris yang kejam di abad ke-13. Film perang BRAVEHEART sangat seru untuk ditonton karena fokus pada kisah pahlawan Skotlandia bernama William Wallace yang diperankan oleh Mel Gibson.

3. PEARL HARBOR (2001)

Gambar

PEARL HARBOR adalah salah satu film perang hollywood terbaik sepanjang masa yang tayang pertama kali pada 25 Mei 2021. Berlatar belakang perang dari peristiwa penyerangan PEARL HARBOR oleh tentara Tentara Jepang, film ini patut kalian tonton sebagai rekomendasi film perang.

Film yang disutradarai Michael Bay ini bercerita tentang pertemanan Rafe yang diperankan Ben Affleck dan Danny yang diperankan Josh Hartnett harus berseteru karena masalah asmara. Film PEARL HARBOR ini juga menjadi salah satu film romantis terbaik yang sayang untuk dilewatkan.

4. THE PIANIST (2002)

Gambar

Tidak seperti judulnya, nyatanya THE PIANIST adalah film berlatar belakang Perang Dunia II loh KLovers. Film ini menceritakan invasi Jerman ke Polandia yang rilis tahun 2002 lalu. Film THE PIANIST disutradarai oleh Roman Polanski dan dibintangi Andrian Brody, Thomas Kretschmann, Frank Finalay, dan Emilia Fox.

Diadaptasi dari novel karya Wladyslaw Szpilman, film THE PIANIST sukses jadi film drama-biografi yang menarik perhatian penikmat film untuk menyaksikan sisi lain dari invasi Jerman ke Polandia saat Perang Dunia II yang lalu. Dengan cerita yang menegangkan namun menyentuh.

5. LETTERS FROM IWO JIMA (2006)

Gambar

Selanjutnya ada film perang bertema Perang Dunia II fiktif berjudul LETTERS FROM IWO JIMA yang menjadi salah satu rekomendasi film perang terbaik sepanjang masa. Berbeda dengan film-film sebelumnya, film ini berbahasa Jepang meskipun disutradarai Clint Eastwood asal Amerika Serikat loh KLovers.

Film LETTERS FROM IWO JIMA ini menyuguhkan kisah yang berbeda dari film Perang Dunia II yang sering dibuat Amerika Serikat. Dibintangi Ken Watanabe, Kazunari Ninomiya, Tsuoshi Ihara, dan kawan-kawan, film LETTERS FROM IWO JIMA bercerita tentang pertahanan mati-matian tentara Jepang untuk mempertahankan pulau Iwo Jima dari tentara Amerika serikat.

6. THE HURT LOCKER (2009)

Gambar

Rekomendasi film perang terbaik sepanjang masa yang lainnya yaitu, ada film berjudul THE HURT LOCKER. Film yang dinobatkan sebagai film perang Timur Tengah terbaik ini disutradarai oleh Kathryn Biglow. Menjadi film rekomendasi perang terbaik dan sangat sayang untuk kalian lewatkan.

Film yang tayang 2 Juni 2019 ini bercerita tentang William James yang diperankan oleh Jeremy Renner yang bertugas untuk memimpin kelompok tentara Amerika Serikat di Irak. Cara memimpin James ini lah yang menjadi kisah seru dalam perjalanan perangnya sampai ia pensiun sebagai seorang tentara.

7. HACKSAW RIDGE (2016)

Gambar

Kemudian ada HACKSAW RIDGE, yang merupakan film perang diangkat dari kisah nyata seorang prajurit perang Amerika Serikat bernama Desmond Doss yang diperankan oleh Andrew Gefield. Tayang pada 4 November 2016, film yang disutradarai Mel Gibsen ini bercerita tentang sang prajurit Doss.

Ia adalah penganut agama Kristen yang sangat taat dan terjun ke medan pertempuran Perang Dunia II yang sangat kejam. Doss sangat enggan untuk membunuh, memegang senjata, atau melukai seseorang meskipun lawannya sekalipun, sampai akhirnya pasukan mereka terdesak dan harus melawannya.

Film ini akan memberikan kalian gambaran bagaimana perjuangan Doss dalam perang saat itu, dan kalian bisa melihat bagaimana gambaran orang-orang kala perang saat itu. Film HACKSAW RIDGE ini menjadi salah satu rekomendasi film perang terbaik yang sangat sayang untuk kalian lewatkan.

8. DUNKIRK (2017)

Gambar

Film DUNKIRK adalah salah satu rekomendasi film perang terbaik yang diangkat dari kisah nyata pada tahun 1904. Film ini tayang pada 21 Juli 2017 yang disutradarai oleh Christopher Nolan yang bergenre aksi,drama, dan sejarah.

DUNKIRK bercerita tentang penyelamatan tentara Inggris yang sudah terdesak oleh sekutu pada Perang Dunia ke II. Film ini menawarkan sinematografi yang akan memanjakan para penontonnya, terutama yang gemar film perang pasti akan menyukainya.

9. 1917 (2019)

Gambar

1917 adalah film perang terbaik garapan Sam Mendes yang tayang pada 4 Desember 2019. Film ini bercerita tentang pasukan Inggris yakni dua tentara bernama Blake yang diperankan Dean Charles Chapman dan Schofield yang diperankan George Mackey untuk menyelesaikan misi spesial.

Mereka berdua harus memperingati pasukan Inggris dari rencana serangan Jerman. Film 1917 ini menjadi salah satu rekomendasi film perang terbaik sepanjang masa yang sangat sayang untuk kalian lewatkan.

10. MIDWAY (2019)

Gambar

Kalian suka rekomendasi film perang dengan kisah nyata, maka film MIDWAY ini Diadaptasi dari kisah nyata berikutnya. Film MIDWAY yang disutradarai Ronald Emmerich ini tayang pada 8 November 2019. Dan menjadi salah satu rekomendasi film perang terbaik sepanjang masa yang sayang untuk kalian lewatkan.

Film ini bercerita tentang pertempuran laut besar dalam medan Perang Pasifik pada Perang Dunia Ke II yang dibintangi Luke Evans, Patrick Wilson, Alexander Ludwig, dan kawan-kawan. Film MIDWAY termasuk dalam genre aksi, drama, sejarah yang bisa jadi rekomendasi tontonan kalian di rumah.

11. DA 5 BLOODS (2020)

Gambar

Rekomendasi film perang terbaik berikutnya adalah DA 5 BLOODS, yang juga jadi film terbaru Netflix garapan Spike Lee. Film DA 5 BLOODS ini tayang pada 12 Juni 2020 dan masih tergolong baru. Film yang diperankan oleh Delroy Lindo, Jonathan Majors, dan Clarke Peters ini menceritakan tentang 4 orang kakek-kakek veteran perang Vietnam yang kembali ke negara asalnya. Di sana mereka mencari jasad komandan pasukannya dan harta karun yang pernah mereka sembunyikan di hutan.

12. GREYHOUND (2020)

Gambar

Dan rekomendasi film perang terbaik sepanjang masa terakhir yaitu, ada film berjudul GREYHOUND. Film GREYHOUND adalah film perang bergenre aksi, drama, dan sejarah terbaik yang dibintangi aktor kawakan Tom Hanks. Dan jadi film rekomendasi film perang terbaik yang sangat sayang untuk kalian lewatkan.

Diadaptasi dari novel best seller karya C.S Forester, film ini menceritakan komandan angkatan laut Amerika yang bertugas untuk mengawal kapal perang kecil dengan kapal perangnya yang bernama GREYHOUND. Sang komandan yang bernama Ernest Krause kemudian diserang oleh kapal selam milik Jerman bernama U-Boat yang sangat kuat.

13. COME AND SEE (1985)

Jika kalian mencari rekomendasi film perang dunia 2 yang mencekam dan mengerikan, silakan tonton COME AND SEE. Berangkat dari kisah pengalaman pribadi, film ini mengambil latar di Belarus pada 1943. Kalian akan melihat cerita mengenai kekejaman Nazi dalam melakukan invasinya.

Secara garis besar, film ini berfokus pada seorang anak Belarusia yang masih berusia 14 tahun. Kepribadiannya yang periang sesaat menghilang ketika dirinya dipaksa untuk menyaksikan kebrutalan invasi Nazi.

14. A HIDDEN LIFE (2019)

Gambar

A HIDDEN LIFE juga menjadi rekomendasi film perang dunia 2 yang menarik. Film ini mengisahkan seorang pria bernama Franz yang menolak ikut berperang bersama Nazi. Penolakan itu pun akhirnya dibalas dengan siksaan dan kekejaman. Franz diketahui memiliki keluarga yang bahagia sebelum Perang Dunia II datang. Dia berpikir mengapa harus ada peperangan dan pembunuhan kepada orang-orang yang tidak bersalah.

15. FROM UP ON POPPY HILL (2011)

Selanjutnya, ada rekomendasi film perang dunia 2 yang tak kalah menarik. Pasalnya, film ini dikemas dalam bentuk anime dan berlatar belakang kota Yokohama tahun 1963. Secara garis besar, film berjudul FROM UP ON POPPY HILL ini bercerita tentang siswa SMA yang tengah dimabuk cinta.

Kisah dimulai oleh sekelompok siswa Yokohama yang berjuang untuk menyelamatkan clubhouse sekolah agar tetap berdiri selama persiapan untuk Olimpiade Tokyo 1964. Saat di sana, Umi dan Shun ternyata memiliki ketertarikan. Secara bertahap cinta pun tumbuh di antara mereka. Namun, cobaan pun datang secara tiba-tiba. Meski begitu, mereka tetap berjalan untuk menghadapi masalah tersebut.

Nah, mereka sendiri adalah generasi pertama Jepang yang baru usai Perang Dunia II. Generasi ini berusaha untuk mendapatkan masa depan yang lebih layak sehingga tidak trauma terhadap masa lalu.

16. SCHINDLER'S LIST (1993)

Gambar

SCHINDLER'S LIST bisa dibilang sebagai salah satu karya terbaik Steven Spielberg. Menariknya, rekomendasi film perang dunia 2 ini diangkat dari kisah Oskar Schindler. Tokoh Oskar diperankan oleh Liam Neeson. Secara garis besar, film ini bercerita tentang seorang pengusaha serakah yang mencoba untuk mengeksploitasi tenaga kerja Yahudi dengan bayaran murah.

Namun, dia pun berubah pikiran setelah melihat kebrutalan Holocaust. Tentu, dia tak melanjutkan rencana untuk mengeksploitasi pekerja. Namun, dia justru menyuap para petinggi Nazi untuk menjauhkan karyawannya dari genosida tersebut. Terhitung bahwa Oskar berhasil menyelamatkan 1.100 orang. Bagaimana, tertarik untuk menyaksikannya?

17. THE THIN RED LINE (1998)

Selanjutnya, ada rekomendasi film perang dunia 2 berjudul THE THIN RED LINE. Film ini menarik karena diadaptasi dari novel otobiografi James Jones yang dirilis pada 1962. Konflik dalam film ini berlatar Kampanye Guadalkanal, yang berlangsung pada Agustus 1942 hingga Februari 1943.

Film ini menampilkan perang antara Sekutu dengan Kekaisaran Jepang, yang berjalan dengan sengit di Pulau Guadalkanal. Tujuan atau misi dari perang tersebut adalah untuk merebut kembali Pulau Guadalkanal dari Jepang.

Misi ini memiliki banyak arti bagi masing-masing tentara. Ada yang membuat misi sebagai cara untuk mendapatkan promosi jabatan, aktualisasi diri, cinta pada negeri atau hanya untuk dapat kembali pada orang yang disayangi di rumah.

18. DAS BOOT (1981)

Gambar

Masih ada lagi rekomendasi film perang dunia 2 yang juga menarik untuk ditonton. Cerita dalam film berjudul DAS BOT ini berfokus pada kru U-Boat Jerman yang terlibat dalam Pertempuran Atlantik. Pertempuran Atlantik sendiri adalah kampanye militer paling lama di Perang Dunia II. Pertempuran ini dimulai pada 1939 dan berakhir setelah kekalahan Jerman di 1945.

Para tentara tersebut menerima seorang koresponden perang yang begitu berambisi meskipun tak memiliki pengalaman yang cukup di medan perang. Dia bernama Leutnant Werner. Tujuannya adalah untuk mendapatkan materi artikel dan pengalaman perang yang sesungguhnya. Dia pun segera akrab dengan dengan para kru. Lalu, apa yang terjadi selanjutnya? Langsung saja tonton sendiri ya, KLovers!

19. 12 STRONG (2018)

Gambar

Film 12 STRONG menjadi salah satu film populer di tahun 2018 dan menjadi rekomendasi film perang berikutnya. Film yang didasarkan pada buku nonfiksi Doug Stanton Horse Soldiers ini menceritakan kisah Pasukan Khusus Angkatan Darat AS yang dikirim ke Afghanistan segera setelah serangan 11 September.

Film 12 STRONG ini menampilkan berbagai ketegangan dalam film perang serta kesedihan dan harapan. Bahkan, film 12 STRONG ini juga berhasil menampilkan film perang yang tidak hanya fokus pada perang, tetapi pergulatan para pemerannya saat mengemban tugas negara yang terdiri dari 12 orang prajurit tangguh.

20. STALINGRAD (2013)

Gambar

Film berjudul STALINGRAD juga masuk ke dalam salah satu rekomendasi film perang berikutnya. Ya, film yang tayang pada tahun 2013 ini bisa banget menjadi salah satu film perang dengan nuansa romantis yang menemani kalian di akhir pekan.

film STALINGRAD ini menceritakan tentang sekelompok prajurit Rusia berjuang mempertahankan sebuah bangunan penting dari serangan musuh Jerman. Tak lama, mereka bertemu dua wanita yang belum sempat mengungsi dan kisah asmara pun terjalin.

Tidak hanya ketegangan saja yang akan diberikan dalam film perang satu ini. Namun kisah romantis yang bisa sangat menyentuh hati. Hingga, membuat film ini begitu dramatis dan masuk ke dalam rekomendasi film perang berikutnya.

21. WHERE HANDS TOUCH (2018)

Gambar

Kemudian ada film WHERE HANDS TOUCH yang menjadi salah satu rekomendasi film perang yang selanjutnya. Film drama romantis retoris berdurasi 118 menit dengan latar perang dunia kedua di kota Berlin. Berbeda dengan film lainnya, film ini lebih fokus pada kisah romansa yang dibalut dengan ketegangan pada masa perang.

Ya, film ini berfokus pada kisah cinta terlarang antara Leyna gadis Afro-Jerman dengan Lutz, Pemuda Hitler anak seorang pejabat tinggi. Film ini akan memberikan kalian sebuah kisah cinta romantis dan kejamnya masa-masa peperangan. Dan masuk dalam salah satu rekomendasi film perang berbau romansa yang sayang untuk kalian lewatkan.

22. LIFE IS BEAUTIFUL (1997)

Gambar

Film LIFE IS BEAUTIFUL menceritakan perjuangan seorang ayah untuk menjaga keselamatan anaknya. Guido Orefice adalah seorang pemuda yang berhasil membangun kehidupan barunya di kota Arezzo, Italia. Di tengah kemelut yang terjadi saat Perang Dunia II, Guido dan Dora terpaksa hidup dalam ketakutan.

Puncaknya pada tahun 1944, tentara Nazi yang menduduki wilayah Italia mulai melakukan pembersihan terhadap orang-orang Yahudi. Guido, putranya Giosue, serta pamannya Elisio, bahkan ikut digiring ke sebuah kamp konsentrasi.

Film tentang perjuangan keluarga dan kisah kehangatan ini membuat kalian akan merasa sangat terharu loh KLovers. Dan film LIFE IS BEAUTIFUL ini masuk ke dalam salah satu rekomendasi film perang yang sayang untuk kalian lewatkan.

23. DOWNFALL (2004)

Gambar

Film DOWNFALL juga masuk ke dalam salah satu rekomendasi film perang yang sayang untuk kalian lewatkan. Film DOWNFALL sendiri mengisahkan tentang Peristiwa Battle of Berlin dalam Perang Dunia II. Film ini mengisahkan kehidupan 10 hari terakhir dari pimpinan Nazi, Adolf Hitler.

Kisah tersebut diceritakan oleh sekretaris pribadinya, Traudl Junge. Film berbahasa Jerman dan Rusia ini berhasil masuk nominasi Oscar untuk Film Berbahasa Asing Terbaik pada tahun 2005. Dan masuk dalam daftar rekomendasi film perang yang sayang untuk kalian lewatkan.

24. DARKEST HOUR (2018)

Gambar

Film DARKEST HOUR juga masuk dalam daftar rekomendasi film perang lainnya. Film ini menceritakan tentang Winston Churchill dengan latar belakang perang Britania Raya tahun 1940. Winston Churchill yang merupakan Perdana Menteri Inggris tersebut dihadapkan oleh pilihan sulit pada saat itu.

Dia harus memilih apakah harus berdamai dengan Jerman yang saat itu dipimpin oleh Adolf Hitler atau melanjutkan peperangan tersebut. Ketegangan, hingga politik memenuhi film ini. Hingga, film DARKEST HOUR ini memiliki jalan cerita yang seru dan sayang banget untuk kalian lewatkan.

25. FURY (2014)

Gambar

Dan rekomendasi film perang terakhir ada film berjudul FURY tahun 2014 silam. Film ini bercerita tentang seorang tentara Amerika yang diperankan oleh Brad Pitt. Ia berada di medan perang pada saat Perang Dunia II untuk melawan Jerman.

Sosok tentara Amerika ini memiliki sebuah tank M4A3E8 Sherman bernama 'Fury'. Dalam sebuah misi, tank tersebut rusak parah, akan tetapi masih dalam keadaan yang hidup. Namun, konflik mulai terjadi ketika ada perdebatan mengenai apakah pasukan tersebut akan meninggalkan fury atau tidak.

Itulah beberapa rekomendasi film perang terbaik sepanjang masa yang sangat sayang untuk kalian lewatkan. Beberapa rekomendasi film perang terbaik sepanjang masa ini juga memiliki cerita dari kisah nyata yang menegangkan dan menyentuh hati.

Editor:   Dhia Amira