Tak Hanya Tampilkan Horor, 'HIS HOUSE' Sentil Isu Sosial di Dalamnya

Editor KapanLagi.com | 05 November 2020, 00:28 WIB
Tak Hanya Tampilkan Horor, 'HIS HOUSE' Sentil Isu Sosial di Dalamnya

Kapanlagi.com - Netflix kembali luncurkan sebuah film horor yang mengangkat isu sosial berjudul HIS HOUSE. Film ini merupakan garapan dari sutradara Remi Weekes, sebelumnya ia menggarap beberapa film pendek seperti MINE ALL MINE, EXHALE. Kali ini Weekes memberanikan diri untuk menggarap sebuah film panjang bergenre horor dengan mengangkat isu sosial di dalamnya. Dibantu dengan Felicity Evans dan Toby Venables sebagai penulis film tersebut. Sebelumnya film ini sudah ditayangkan di Festival Sundance, dan mendapatkan respon positif dari penonton. Maka dari itu Netflix memberanikan diri untuk membeli film ini.

Netflix Studio via ImdbNetflix Studio via Imdb

HIS HOUSE menceritakan pasangan muda Rial (Wunmi Mosaku) dan Bol (Sope Dirisu), yang merupakan pengungsi asal Sudan. Mereka sebelumnya adalah warga Sudan yang tidak tahan dengan kondisi negara yang tidak kondusif, karena adanya perang yang berkelanjutan. Sehingga membuat pasangan ini lari dari negara tersebut dan tertolong oleh Inggris. Di Inggris Rial dan Bol diberikan tempat tinggal di kawasan perkebunan, mereka merasa senang meskipun rumah yang diberikan kurang layak.

Beberapa hari tinggal di rumah tersebut mereka masih belum menemukan sebuah kejanggalan, hingga sebuah kejadian terjadi di rumah mereka membuat segalanya berubah. Hari demi hari mereka mendapat gangguan yang didapat dan mereka merasakan adanya mahluk halus yang tinggal di rumah tersebut. Akibat gangguan tersebut mereka berniat untuk melaporkan ke polisi setempat, namun mereka juga masih ragu karena status mereka sebagai pengungsi apakah bisa diterima jika mengeluhkan hal yang kurang rasional.

Netflix Studio via ImdbNetflix Studio via Imdb

Jika dilihat dari jalan ceritanya, film ini mengingatkan film yang serupa seperti GET OUT, dan THE CONJURING. Dimana ketegangan yang disajikan tidak selalu mengenai sosok namun juga memiliki dimensi sosial dan moral di dalamnya. Bagaimana akhir dari film ini? Apakah Rial dan Bol mampu menyesuaikan diri dengan dunia baru yang mereka tempati? Mampukah mereka bertahan dengan tekanan sosial dan kondisi rumah berhantu?

HIS HOUSE sudah hadir di layanan streaming Netflix mulai 30 Oktober 2020.

Penulis : Felecia Syadina
Sumber : Vulture

(kpl/mag)

Editor:   Editor KapanLagi.com