Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

5 Fakta Ilmiah Megalodon di Film THE MEG, Aksi Menegangkan Ekspedisi Palung Mariana

Editor KapanLagi.com   | Senin, 11 April 2022 12:43 WIB
5 Fakta Ilmiah Megalodon di Film THE MEG, Aksi Menegangkan Ekspedisi Palung Mariana
source: imdb.com

Kapanlagi.com - Ditulis oleh: Inas Arwina Ramadhani

Jason Statham kembali beraksi dalam film The Meg. Kali ini ia melawan ikan hiu raksasa dari zaman purbakala yang bersemayam di palung Mariana.

Mungkin sulit membayangkan bahwa Megalodon dalam film The Meg benar-benar ada di lautan. Hiu raksasa itu berada di kedalaman 11.000 meter dasar laut.

Dalam film The Meg, Jason Statham beradu peran dengan Ruby Rose, Jessica McNamee, dan aktris cantik berwajah oriental Bingbing Li. Yuk simak fakta menarik tentang film The Meg  berikut ini.

1. Megalodon ada di bumi 23 juta tahun yang lalu

Gambar

Dilansir dari busle.com, menurut Public Library of Science, megalodon pernah ada sekitar 23 juta tahun yang lalu. Mereka berenang di seluruh Lautan Miosen Awal.

Megalodon menjadi predator di puncak rantai makanan selama kurang lebih 20 juta tahun lamanya. Adapun, informasi usia dari megalodon didapat dari temuan fosilnya.

2. Megalodon adalah hiu kanibal

Dari fosil megalodon terungkap bukti bahwa mereka adalah pemakan ikan-ikan besar, seperti paus sperma dan lumba-lumba. Gak tanggung-tanggung, megalodon pun bisa memangsa kelompok paus balin, salah satunya paus biru.

Paus biru sendiri adalah mamalia terbesar di bumi saat ini. Megalodon juga tak segan-segan memangsa sesama hiu raksasa ini, loh!

3. Megalodon memiliki arti 'gigi besar'

Gambar

Nama megalodon sendiri berarti ‘gigi besar'. Wajar saja, melihat bukti bahwa gigi dari megalodon sangat besar, melebihi hiu-hiu lainnya.

Bisa dibilang megalodon jauh lebih menakutkan dari hiu putih, sebagai hiu terbesar yang ada di lautan saat ini. Bahkan jika dibandingkan dengan hiu pembunuh dalam film Jaws, megalodon bisa berukuran dua puluh kali lipat darinya.

4. Megalodon masih ada di bumi

Banyak rumor dan konspirasi yang beredar di internet tentang eksistensi hiu kolosal ini. Meski begitu, belum ada peneliti yang benar-benar bisa membuktikannya.

Hiu adalah predator yang biasa menanggalkan giginya apabila sudah dirasa tumpul. Setelah itu, gigi tersebut akan tumbuh kembali.

5. Megalodon 8 kali lebih berat dari gajah

Diterbitkan di jurnal Nature, megalodon memiliki berat hingga 65.000 kilogram. Betina dewasa diyakini lebih panjang dan lebih berat daripada jantan, mungkin dua kali ukuran jantan.

Perkiraan berat dan ukuran megalodon ini didapat setelah ilmuwan melakukan penelitian dengan cara membandingkan ukuran gigi hiu putih besar dengan gigi hiu lain untuk memperkirakan ukuran dan berat hiu megalodon.

Editor:   Editor KapanLagi.com