5 Pesan Moral Buruk Film Disney Yang Harus Kamu Hindari

Guntur Merdekawan | Senin, 01 September 2014 19:01 WIB
5 Pesan Moral Buruk Film Disney Yang Harus Kamu Hindari
Kapanlagi.com - Disney dikenal dengan terbitan-terbitan film animasi atau kartunnya yang sangat mendunia. Hampir setiap judul film yang mereka telurkan selalu berhasil merebut hati para pemirsa dan sukses besar di pasaran.

Uniknya, meskipun kebanyakan menghadirkan film kartun, namun penonton dari film-film Disney sendiri sepertinya tak kenal batasan usia. Yup, jika kartun normalnya disajikan untuk anak-anak, Disney punya cara lain untuk merebut hati para remaja hingga orang dewasa. Caranya dengan pesan moral kehidupan dan cerita romansa yang menarik.

Namun jika diingat-ingat lagi, ada beberapa 'contoh buruk' yang pernah dilakukan di beberapa film Disney lho. Kalian nggak bakalan menyangka jika film seperti Peterpan, Cinderella, hingga Frozen punya beberapa pesan moral buruk yang tak seharusnya ditiru.

Apa saja? Langsung simak daftarnya!

1 dari 5 halaman

1. Cinderella

Cinderella Illustrasi: 9Gag©
Sudah nonton film Cinderella? Setidaknya kalian pasti pernah dengar kisah dari si cantik yang kerap dianiaya oleh ibu dan saudari tirinya ini kan?

Cinderella diceritakan sebagai gadis yang selalu menurut dan mengiyakan kata-kata dari ibu dan saudari tirinya tanpa melakukan perlawanan apapun. Ia diceritakan sebagai gadis lemah lembut yang kurang berani mengungkapkan apa keinginannya dan cuma menunggu hingga bantuan datang.

Bantuan yang dimaksud di sini adalah kehadiran seorang ibu peri yang datang di tengah-tengah kesedihan Cinderella. Dengan sihirnya ia membantu Cinderella untuk berdandan ala putri raja yang akhirnya berhasil memikat hati dari sang pangeran.

Pesan moral: Di dunia ini tidak ada yang namanya bantuan 'sihir' dari seorang peri. Kita harus bisa dan berani mengekspresikan diri demi meraih apa yang kita inginkan. Setuju?


Video by: MovieSpawn

2 dari 5 halaman

2. Peterpan

Peterpan Illustrasi: 9Gag©
Siapa yang tak tahu dengan film Peterpan? Film terbitan Disney satu ini juga sempat menjadi salah satu kartun favorit dari banyak orang ketika pertama kali diperkenalkan ke publik beberapa tahun lalu.

Ceritanya adalah petualangan Peter Pan si bocah yang tak bisa menua setelah mendapat kekuatan spesial karena pernah menginjakkan kaki di Never Land. Hal itu sedikit membuatnya lupa daratan dan tak mau kembali ke kenyataan dan tumbuh dewasa.

Pada satu adegan, Peter mengunjungi seorang gadis di malam hari secara diam-diam lewat jendela kamarnya. Ia lalu mengajak gadis kecil itu untuk melihat putri duyung dan membawanya ikut ke Never Land supaya tak jadi tua. Uniknya, gadis itu tak menolak dan langsung saja pergi bersama Peter yang waktu itu masih 'asing' baginya.

Satu hal yang perlu diingat, jika seorang tak dikenal masuk kamar mu malam-malam, dia itu maling. Jangan biarkan dia masuk apa lagi mengajakmu pergi ke tempat yang aneh-aneh.


Video by: Video Digitalization

3 dari 5 halaman

3. Sleeping Beauty

Sleeping Beauty Illustrasi: 9Gag©
Disney terkenal dengan cerita-cerita fantasinya yang mampu dikemas dalam berbagai macam tayangan berbeda. Tak terkecuali film Sleeping Beauty. Sudah nonton filmnya?

Film ini menceritakan tentang seorang putri raja cantik (Aurora) yang dikutuk oleh penyihir jahat (Maleficent) sehingga tertidur dalam waktu yang sangat lama. Tak ada satu pun obat yang mampu menyembuhkan penyakit itu, kecuali satu, kecupan yang penuh ketulusan dari seorang pangeran.

Di akhir cerita, akhirnya datang lah pangeran yang ditunggu-tunggu tersebut. Ia memberikan ciumannya pada Aurora yang langsung terbangun dalam waktu sekejap dan memutuskan untuk menikahi dari penyelamat hidupnya itu.

Kalau di Indonesia ada pria yang menciumu ketika tertidur lelap, itu namanya bukan pangeran penyelamat, melainkan pria mesum. Jadi jangan sampai kalian menikahi pria hidung belang itu ya! :)


Video by: Walt Disney Animation Studios

4 dari 5 halaman

4. Frozen

Frozen Illustrasi: 9Gag©
Di judul berikutnya ada film terbaru dari Disney yang meraup sukses besar-besaran, FROZEN. Tak disangka-sangka, film ini ternyata punya beberapa contoh buruk 'kecil' yang juga harus kita hindari.

Buat kalian yang sudah nonton filmnya pasti tahu jika di awal cerita Elsa tanpa sengaja melukai adiknya sendiri, Anna. Meskipun Anna tak marah atas kejadian itu, namun Elsa malah mengucilkan diri dan 'memusuhi' adiknya selama bertahun-tahun.

Normalnya kita akan meminta maaf dan akan lebih berhati-hati ke depannya setelah berbuat salah pada seseorang. Jangan sampai kita malah menjauhi orang yang telah kita lukai ya, apa lagi keluarga sendiri. :)

Namun Elsa sendiri melakukan hal itu demi adiknya. Seperti diketahui, ia punya kekuatan yang sulit dikontrol dan memutuskan tuk mengurung diri demi menghindari insiden serupa tuk terulang lagi.


Video by: Walt Disney Animation Studios

5 dari 5 halaman

5. The Hunchback of Notre Dame

The Hunchback of Notre Dame Illustrasi: 9Gag©
Nama Disney terakhir ini mungkin sedikit asing bagi kalian, The Hunchback of Notre Dame. Sama seperti karya Disney lainnya, film ini masih berkutat di cerita komedi romansa ringan yang lumayan menyesakkan hati.

Quasimodo adalah tokoh utama pada film ini yang memiliki paras tak sempurna. Orang tuanya mati dibunuh ketika ia masih bayi dan ia harus hidup di sebuah tower sebagai pembunyi bell selama hidupnya.

Ketika mencoba untuk berbaur dengan publik, Quasimodo malah dihina habis-habisan oleh orang sekitar karena parasnya yang dianggap menyeramkan. Beruntung ada seorang wanita cantik (Esmeralda) yang tak begitu melihat 'kover' dari seseorang, sehingga mau jadi teman Quasimodo.

Setelah mengalami berbagai macam insiden bersama, Quasimodo mulai jatuh cinta pada Esmeralda. Namun pada akhirnya Esmeralda lebih memilih seorang pria lain bernama Phoebus.

Walaupun kita memiliki paras yang buruk, kita tak akan selamanya dijauhi orang-orang. Dan yang namanya cinta atau jodoh pasti akan datang pada waktunya. So, jangan pernah kehilangan rasa percaya dirimu ya!


Video by: JPepe1992

(kpl/gtr)


Editor:  

Guntur Merdekawan

↑