Film Bencana Alam Yang Bakal Bikin Kalian Siaga Sepanjang Waktu!

Editor KapanLagi.com   | Selasa, 20 Mei 2014 17:01 WIB
Film Bencana Alam Yang Bakal Bikin Kalian Siaga Sepanjang Waktu!
THE DAY AFTER TOMORROW (2004) dok. 20th Century Fox

Kapanlagi.com - Bumi ini terus berputar beserta dengan masalah yang ada di dalamnya, termasuk bencana yang melanda. Sebuah kejadian yang tak bisa kita ramalkan, namun akan membawa kesan tersendiri bagi mereka yang mengalaminya.

Beberapa ide film pun juga diambil dari bencana alam yang pernah terjadi atau bisa saja sebuah imajinasi sang sutradara. Tragedi tersebut bahkan menjadi genre baru dalam dunia perfilman.

Berikut telah kami pilih enam film dengan tema bencana alam terbaik yang perlu kalian tonton. Baik, silakan disimak... (kpl/ang)

1. VOLCANO (1997)

VOLCANO disutradarai oleh Mick Jackson dan dirilis tahun 1997 silam. Sebenarnya film ini tak terlalu sukses di pasaran box office, tapi begitu mengerikan melihat bencana alam yang terjadi pada film ini, ketika seluruh kota dikepung lahar panas.

Aktor gaek Tommy Lee Jones adalah pemeran utama di film ini, dia beperan sebagai Mike Roark. Roark sendiri merupakan pimpinan kantor pusat Penanganan Bencana Alam di Los Angeles.

Pada suatu hari ketika Roark liburan bersama putrinya, tiba-tiba terjadi gempa bumi di Los Angeles. Ternyata hal itu disebabkan adanya dorongan kuat dari dalam bumi, yang nantinya akan mengalirkan lahar panas berpijar ke seluruh kota.

Perlu kita ketahui, lahar yang ada pada film ini sebenarnya dibuat dari bahan dasar milkshake yang biasa dijual di restoran siap saji. Sementara untuk abunya, para kru film membuatnya dari koran bekas.

2. DEEP IMPACT (1998)

DEEP IMPACT merupakan film bencana alam yang disebabkan oleh jatuhnya asteroid ke bumi. Dentumannya yang begitu keras menerjang lautan menciptakan gelombang tsunami setinggi gedung-gedung pencakar langit.

Film ini diperankan bintang-bintang ternama, termasuk Morgan Freeman, Elijah Wood dan Tea Leoni. DEEP IMPACT disutradarai oleh Mimi Leder dan dirilis pada tahun yang sama dengan ARMAGEDON, tahun 1998.

Ide utama dari kedua film tersebut sebenarnya sama, namun bedanya bencana di ARMAGEDON tidak terjadi di bumi. Terlebih lagi DEEP IMPACT jauh lebih detail untuk dasar ilmiahnya daripada apa yang terjadi di ARMAGEDON.

Tak hanya itu, Morgan Freeman pada film ini diplot menjadi presiden Amerika berkulit hitam, bahkan sebelum Obama melakukan kampanye. Karena beberapa alasan di atas, kami pikir DEEP IMPACT lebih layak masuk dalam daftar ini.

3. THE DAY AFTER TOMORROW (2004)

Al Gore dengan film dokumenternya terbukti memang benar, bahwa kerusakan alam yang terjadi di dunia ini juga disebabkan manusia. Sementara pemanasan global adalah ancaman nyata bagi dunia.

THE DAY AFTER TOMORROW menampik semua itu, di sini bukan pemanasan global yang terjadi. Namun pengulangan zaman es yang menyebabkan New York tertimbun es setinggi kepala patung Liberty.

Film ini disutradarai oleh Roland Emmerich, berkisah tentang ilmuwan bernama Jack Hall (Dennis Quaid) yang menyusuri New York. Dia berjuang untuk menemukan keluarganya yang bertahan hidup tertimbun 'zaman es baru'.

Dalam film ini kita bisa melihat bagaimana kondisi bumi yang terlihat nyata dalam timbunan es. Emmerich memperkirakan bahwa setidaknya 1000 digital artist bekerja untuk mengolah film ini.

4. TWISTER (1996)

Ini adalah film bencana alam yang disebabkan angin torando. Di film ini kerusakan yang ditimbulkan oleh angin tersebut sangat mengerikan, apapun yang dilewatinya pastinya hancur berantakan.

TWISTER sendiri merupakan film arahan sutradara Jan de Bont, yang dibintangi Helen Hunt sebagai Dr. Jo Harding. Sementara Bill Paxton bermain sebagai suaminya, Bill Harding.

Film ini juga memiliki bumbu drama, berkisah tentang pasangan pemburu badai yang berada di ambang perceraian. Mereka harus bersatu untuk menciptakan sistem peringatan cuaca canggih dengan cara menghampiri tornado tersebut.

Perlu kita ketahui, mesin pesawat jet Boeing 707 bahkan digunakan dalam film ini untuk menciptakan efek angin ribut. Sedangkan suara tornado tersebut diambil dari rekaman suara onta yang diperlambat.

5. SUNSHINE (2007)

SUNSHINE adalah film sci-fi dengan tema bencana alam yang diarahkan sutradara kawakan Danny Boyle (127 HOURS). Bayangkan saja bagaimana jadinya jika matahari berhenti bersinar?

Dengan setting pada tahun 2057, bumi dalam kondisi bahaya karena matahari telah 'sekarat'. Sebuah tim astoronot dibentuk, mereka ditugaskan untuk menyalakan kembali matahari dengan bom nuklir.

Film ini juga dimainkan bintang-bintang ternama, antara lain Chris Evans sang Captain America dan Cillian Murphy yang dikenal sebagai Scarecrow di film BATMAN: THE DARK KNIGHT.

Gara-gara film ini, Boyle sang sutradara mengungkapkan bahwa membuat film sci-fi itu begitu melelahkan. Dia juga sempat menyatakan untuk tidak membuat proyek sci-fi lagi.

6. THE IMPOSSIBLE (2012)

THE IMPOSSIBLE adalah film Spanyol yang disutradarai JA Bayona, serta dibintangi Naomi Watts dan Ewan McGregor. Ini merupakan satu-satunya film bencana alam yang diangkat dari kisah nyata dalam daftar ini.

Pastinya kalian masih ingat tsunami yang melanda Aceh dan Asia Tenggara tahun 2004 silam. Bencana internasional yang memakan korban kurang lebih 230.000 jiwa dan menjadi duka seluruh dunia.

Film ini berkisah tentang liburan keluarga, Maria (Watts) dan suaminya, Henry (McGregor), bersama ketiga anaknya ke Thailand. Tak disangka, liburan itu berubah menjadi petaka, tsunami menerjang pantai menghancurkan semua yang ada dan keluarga itu pun terpisah.

Para pemeran tambahan dalam film ini pun banyak yang aslinya adalah korban selamat dari bencana tsunami tersebut. Sementara, keluarga asli Maria Belon yang dikisahkan dalam THE IMPOSSIBLE ini juga ikut hadir saat pengambilan gambar dan premier film ini.

Editor:   Editor KapanLagi.com