6 Tahun 'THE DARK KNIGHT', 6 Fakta Dari The Joker

Angga S Priyono   | Senin, 21 Juli 2014 13:51 WIB
6 Tahun 'THE DARK KNIGHT', 6 Fakta Dari The Joker
Heath Ledger © splashnews

Kapanlagi.com - Tidak terasa sudah 6 tahun berlalu semenjak film THE DARK KNIGHT resmi diluncurkan. Kematian Heath Ledger mungkin yang paling membekas di benak kita. Perannya sebagai The Joker juga tidak pernah di bayangkan sebelumnya.

Pada awalnya Ledger diragukan kemampuannya untuk memerankan musuh utama dari Batman ini. Postur tubuh dan peran-peran sebelumnya yang belum membuktikan kualitas aktingnya menjadi pertimbangan kritikus maupun penggemar film.

Nolan tidak menggubris, dia percaya pada Ledger dan aktor kelahiran Australia ini tampaknya tidak ingin mengecewakan sang sutradara. Ia menyewa sebuah kamar sendiri untuk memfokuskan dirinya mendalami karakter yang tidak pernah ia mainkan sebelumnya. Ia bersungguh-sungguh untuk peran ini.

Penampilannya dalam film membuat seluruh penontonnya tercengang. Pada awal pemutaran, masih belum banyak penonton mengenali kedalaman karakter yang ia lakukan. Hal ini disebabkan oleh alur cerita Nolan yang sulit dimengerti. Kebanyakan dari kita akan menyadari betapa hebat akting Heath Ledger setelah menonton THE DARK KNIGHT lebih dari satu kali.

(kpl/sic)

1. J. Kerr

The Joker dihadirkan oleh Jerry Robinson, Bill Finger and Bob Kane. Ia muncul pada komik edisi pertama dari Batman pada tahun 1940. Sejak saat itu dia tidak pernah absen untuk mengganggu Bruce Wayne dan alter egonya.

Kehadirannya yang mengganggu Batman memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Ia selalu menjadi musuh abadi dari kesatria berjubah itu. The Joker selalu punya cara dan trik khusus untuk membuat rivalnya kesal.

Trik 'sulap'nya bahkan menjangkau hingga film yang ia sendiri tidak berada di dalamnya. Lihat baik-baik dalam scene terakhir di BATMAN BEGINS di mana ketika komisaris Gordon menyerahkan kantong bukti berisikan kartu nama Joker kepada Batman.

Anda akan melihat petugas mendaftarkannya atas nama 'J. Kerr'. Jika masih belum menyadari permainan katanya, Joe Kerr adalah salah satu nama samaran dari Joker dalam komik. Tiga tahun sebelum kemunculannya dan ia telah memainkan triknya.

Video By: ComissionerGordon787

2. They Wanna Be, Anarchy!

Di antara banyak inspirasi dari Heath Ledger untuk perilaku The Joker ialah bassis kontroversial dari The Sex Pistols dan ikon punk, Sid Vicious. Hal ini didukung juga oleh Christian Bale, bahwa Ledger mengambil inspirasi dari perilaku Sid.

Di lain pihak, desainer kostum Lindy Hemming menyebutkan sang vokalis Johnny Rotten sebagai inspirasinya ketika mengerjakan penampilan The Joker. Kita bisa melihat dari corak kemeja dan model rompi dari musuh abadi Batman tersebut.

Penggambaran karakter yang lebih memilih anarki daripada materi memang cocok jika diidentikkan dengan seorang rockstar. Memiliki uang banyak bukan tujuan utama. Menghasilkan kekacauan itu yang terpenting.

Nah, yang kita butuhkan sekarang adalah Christopher Nolan mengungkapkan bahwa THE DARK KNIGHT terinspirasi dari film mockumentary THE GREAT ROCK 'N' ROLL SWINDLE.

Video By: BMlegion90

3. Sepasang Joker

Walau penampilan Jack Nicholson sebagai The Joker dalam Batman arahan Tim Burton sangat mengagumkan, suaranya di dubbing oleh aktor Giancarlo Giannini untuk rilisan Italia

Batman versi Tim Burton memang banyak mendapatkan tanggapan positif. Para kritikus menyukai apa yang di bawanya ke dalam film. Para penonton juga lebih menyukainya 

19 tahun kemudian, ketika harus menghadirkan pengisi suara untuk 'pelawak' versi Heath Ledger di THE DARK KNIGHT, anak dari GiancarloAdriano Giannini yang terpilih, hal ini memberikan garis merah di antara dua film.

Siapa yang sangka perpisahan dan kurun waktu yang lama tetap akan bisa menyambungkan apa yang sesungguhnya sangat berbeda. Satu karakter yang sama bukan jaminan dua film memiliki kaitan satu sama lain

Video By: Canale di Fedayn989

4. Luka di Muka

'Wanna know how I got these scars?' Mungkin kita tidak akan pernah tahu dengan pasti mana versi asli dari cerita The Joker dalam THE DARK KNIGHT.

The Joker memberitahukan kepada penonton bahwa sebanyak dua kali sepanjang film. Pertama adalah ketika ia mengancam seorang penjahat calon anak buahnya dan yang kedua ketika ia hadir dalam pesta dan meneror Rachel Dawes

Akan tetapi, luka di mulutnya terinspirasi dari korban pembunuhan Elizabeth Short, atau The Black Dahlia. Di film THE BLACK DAHLIA, dinyatakan bahwa luka wajah mengerikannya berdasarkan kisah horor tahun 1928 THE MAN WHO LAUGHS, yang mana menjadi inspirasi dari Bob Kane untuk The Joker.

Sungguh malang nasib Aaron Eckhart, kembali menemukan penjahat yang memiliki obsesi terhadap luka di wajah pada THE DARK KNIGHT.

Video By: Davis Films Production

5. Sengaja tak disengaja

Salah satu dari beberapa alasan penampilan Heath Ledger sebagai The Joker sangat mengagumkan adalah gerak refleknya ketika 'mengempotkan' pipi dan menjilati bibirnya.

Gerakan wajah ini disebabkan karena Heath Ledger tidak nyaman dengan luka buatan yang menempel, kerutan di wajah Ledger memang sengaja di buat. Hal ini lah yang membuat rasa aneh di muka. 

Dalam filmnya tidak akan ada yang menyadari bahwa sesungguhnya ini bukan akting atau hasil dari pendalaman karakter. Hal tersebut muncul begitu saja karena sesuatu yang tidak disengaja.

Gerakan tanpa disadari ini tapi justru diadaptasi sebagai sifat aneh dari karakter penjahat tersebut, setelah Christopher Nolan kaget melihatnya.

Video By: Guillem Martinez

6. Tadaaaa!

Trik sulap pensil dari The Joker mungkin merupakan adegan paling menakjubkan yang pernah dibuat untuk film dengan rating 'remaja', dan mungkin ini mengapa THE DARK KNIGHT memicu lebih dari 200 komplain di Inggris, paling banyak dalam kurun satu dekade.

Kejadiannya berawal ketika ia masuk menghadiri rapat kriminal-kriminal besar di Gotham. Dengan tawanya yang khas ia menghampiri dan berkata "Saya kira lelucon saya sudah buruk."

Kemudian ia menancapkan sebuah pensil di meja dan berkata "Saya bisa menghilangkan ini dalam waktu sekejap." Memang tak lama salah satu penjahat menghampiri untuk menyerangnya, dengan satu gerakan The Joker mengarahkan kepala lawannya ke arah pensil tersebut kemudian pensil itu menghilang.

BBFC menyadari bahwa 42% dari surat-surat tersebut yang mereka terima di tahun 2008 berasal dari penonton Batman yang marah. Wah trik seperti ini memang tidak boleh dilakukan ya.

Video By: batmanjokertwoface

Editor:   Angga S Priyono