Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

14 Rekomendasi Film Hacker Paling Menegangkan, Terbaik Sepanjang Masa

Jum'at, 23 September 2022 14:55 WIB
14 Rekomendasi Film Hacker Paling Menegangkan, Terbaik Sepanjang Masa
Film WHO AM I (Credit: imdb.com)

Kapanlagi.com - Profesi hacker atau peretas memang punya daya tarik tersendiri bagi beberapa orang. Kemampuan yang menarik tersebut sering kali diangkat menjadi karya film. Tentu saja, banyak penggemar yang terus mencari rekomendasi film hacker sebagai tontonan.

Tokoh cerdik yang menguasai ranah software atau hardware dalam beberapa rekomendasi film hacker ini memang tampil sebagai karakter yang menakjubkan. Cerita tentang mereka pun dikemas dengan sedemikian rupa hingga tampak begitu menegangkan.

Nah, jika kalian tertarik untuk menontonnya, langsung saja simak beberapa rekomendasi film hacker berikut ini. Kalian bisa menjadikannya sumber hiburan di waktu luang.

1. Rekomendasi Film Hacker

Gambar

1. WHO AM I (2014)

Rekomendasi film hacker pertama datang dari rumah produksi Jerman, yakni WHO AM I. Film ini bercerita tentang kelompok peretas atau hacker, yakni Benjamin (Tom Schilling), Max (Elyas M'Barek), Stephan (Wotan Wilke Mohring) dan Paul (Antoine Monot Jr.).

Mereka meretas komputer dan fasilitas perusahaan. Keberhasilan mereka sebagai hacker dalam meretas perusahaan dan media ternama membuatnya diburu sebagai penjahat siber Eropa. Film yang berdurasi 105 menit ini juga menampilkan adegan yang cukup menegangkan dan membuat kalian tak akan bosan saat menontonnya.

2. SNOWDEN (2016)

Tokoh dalam film SNOWDEN ini merupakan seorang mantan kontraktor National Security Agency (NSA), Edward Snowden (Joseph Gordon-Levitt) yang membocorkan rahasia negara. Dia membocorkan informasi mengenai pengawasan ilegal pada salah satu media ternama di Amerika Serikat.

Setelah Edward menjadi seorang buronan. Selama 134 menit durasi penayangan film, kalian akan disuguhkan dengan kisah menegangkan dari perjuangan Edward Snowden. Dia dianggap sebagai pengkhianat negara sekaligus pahlawan bagi warga.

3. BLACKHAT (2015)

Film BLACKHAT garapan Michael Mann ini tak boleh kalian lewatkan. Film ini menceritakan mengenai peretasan komputer yang menimbulkan kekacauan di Hong Kong dan Chicago. Kalian juga akan melihat Kota Jakarta sebagai salah satu latar tempat dari film ini lho, KLovers!

Tokoh dalam fil ini bernama Nicholas Hathaway (Chris Hemsworth), seorang hacker profesional yang ditunjuk oleh FBI untuk mengusut masalah peretasan yang sedang terjadi. Sayangnya, misi itu tak berjalan dengan mulus, Nicholas harus bekerja sama dengan tim yang berasal dari berbagai kota lintas negara. Dia berhubungan dengan tim yang berada di Los Angeles, Beijing, hingga Jakarta. Tak hanya berisi misi kasus, ada pula bumbu romance yang akan temukan di dalamnya.

4. LIVE FREE OR DIE HARD (2007)

Membicarakan rekomendasi film hacker tak akan lengkap jika tak menyebutkan judul LIVE FREE OR DIE HARD. Film ini bercerita tentang John McClane, detektif Departemen Kepolisian New York yang diminta FBI untuk mendatangkan peretas bernama Matt Farrell. FBI membutuhkan keterampilannya untuk menangani pemadaman komputer singkat yang terjadi di Divisi Keamanan Siber.

Kisah yang cukup menegangkan dimulai. McClane pun datang di kediaman Ferrel tepat waktu, sebab nyawa Ferrell hampir saja direnggut oleh pembunuh bayaran. Insiden pemadaman yang terjadi tersebut disebut sebagai bagian dari serangan siber untuk menonaktifkan infrastruktur negara.

2. Rekomendasi Film Hacker Paling Menegangkan

Gambar

5. THE NET (1995)

Angela Bennett (Sandra Bullock) merupakan salah satu tokoh dalam THE NET yang punya kehidupan personal sangat tertutup. Dia hanya mengandalkan segala sesuatu lewat online. Baik berinteraksi, belanja hingga bekerja. Hal tersebut membuatnya tak punya hubungan dekat dengan siapa pun. Namun, dia masih punya satu orang yang dekat bernama Dale (Ray McKinnon) yang juga sistem analis di tempat berbeda.

Saat keduanya akan bertemu, Dale mengirim disket berisi aplikasi keamanan bernama Gatekeeper untuk diperiksa oleh Angela. Namun ternyata, Dale mengalami kecelakaan dan meninggal sebelum bertemu Angela. Angela pun penasaran dengan disket yang dikirim oleh Dale. Angela segera memeriksa disket itu, lalu dia memutuskan untuk liburan ke Cozumel seorang diri.

Perjalanannya kali itu terasa janggal. Angela menjadi korban pencurian data, data di hotel atas namanya sudah tidak ada, kartu kreditnya invalid, passport sudah berubah nama, isi rumahnya sudah dijual dan semua berkas mengenai dirinya telah berubah atas nama Ruth Marx. Kisah akan semakin seru karena Angela pun berusaha untuk mengambil lagi identitasnya, meski dalam keadaan bingung.

6. BIOHACKERS (2020)

Jika kalian mencari rekomendasi film hacker yang menarik, BIOHACKERS jelas tak boleh dilewatkan. Kisah ini dimulai dari seorang gadis bernama Mia Akerlund (Luna Wedler) yang berambisi untuk masuk ke Universitas Freiburg yang terkenal akan penelitian ilmiahnya. Salah satu program yang diberikan oleh jurusan tersebut membuat Mia yang seorang mahasiswa biologi. Program tersebut bernama Biohacking, sebuah penelitian yang mengubah, menghapus, dan mengisi unsur DNA.

Mia pun bertemu banyak orang di kampus, salah satunya adalah Tanja Lorenza. Dia merupakan profesor yang melakukan pengujian secara ilegal bersama tim. Dia Mengubah komposisi DNA sebuah nyamuk dan membuat nyamuk tersebut membawa virus berbahaya bernama Coxsackie. Mengetahui hal tersebut, Mia nekat untuk menyusun sebuah rencana. Bagaimana langkah Mia selanjutnya? Langsung saja tonton film ini untuk mengetahuinya!

7. THE ITALIAN JOB (2003)

Rekomendasi film hacker selanjutnya bercerita tentang John Bridger (Donald Sutherland), seorang perampok brankas profesional yang akan melancarkan aksi. Dia berusaha mengumpulkan tim untuk diajak mencuri emas batangan yang berada di Venesia. Emas itu sebelumnya juga telah dirampas oleh gangster Italia. Misi Bridger bisa dikatakan berjalan lancar hingga emas itu berhasil diambil.

Sayangnya, masalah datang saat dalam perjalanan pulang. Ada salah satu anggota tim bernama Steve (Edward Norton) yang licik dan berencana untuk menikmati hasil curian tersebut seorang diri. Tim tersebut mengalami kesulitan karena tiba-tiba dihadang oleh tim lain di tengah perjalanan.

3. Rekomendasi Film Hacker Terbaik

Gambar

8. SWORDFISH

Jika kalian mencari rekomendasi film hacker terbaik, silakan tonton SWORDFISH. Film yang dibintangi oleh Hugh Jackman ini rilis pada tahun 2001. Bermula dari cerita yang ditulis oleh Skip Wood, film ini mengisahkan seorang hacker andal bernama Stanley (Hugh Jackman). Dia mengalami kesulitan setelah meretas sejumlah situs milik pemerintah.

Selanjutnya, kehidupannya berubah setelah ada seseorang yang menawarkan proyek besar. Orang tersebut bernama Ginger (Halle Bery). Dia yang memberi kesempatan Stanley untuk menunjukkan kemampuannya di bidang IT. Saat itu, akan ada beberapa kejutan yang diberikan.

9. THE FIFTH ESTATE

THE FIFTH ESTATE bisa dibilang sebagai rekomendasi film hacker terbaik yang tak boleh kalian lewatkan. Kisah dalam film ini bermula saat pendiri WikiLeaks, Julian Assange, dan rekannya, Daniel Domscheit-Berg bekerja sama untuk menjadi pengawas bagi orang-orang yang memiliki hak istimewa dan berkuasa.

Mereka pun bisa membuat platform yang bisa digunakan pelapor untuk membocorkan data secara anonim mengenai rahasia pemerintah dan kejahatan perusahaan. dengan begitu, mereka menjadi media informasi yang lebih unggul dari gabungan organisasi media paling legendaris di dunia. Namun, saat Assange dan Berg mendapatkan akses dokumen intelijen rahasia dalam sejarah AS, mereka saling bertarung. Lalu, apa yang akan terjadi selanjutnya?

10. THE MATRIX

THE MATRIX juga menjadi salah satu rekomendasi film hacker terbaik yang layak ditonton. Tokoh dalam film ini bernama Thomas A. Anderson, seorang pria yang menjalani dua kehidupan, yakni sebagai programmer komputer biasa dan seorang hacker dengan nama Neo.

Sosok Neo selalu mempertanyakan realitasnya, tetapi kebenarannya jauh di luar imajinasinya. Suatu hari, Neo menjadi sasaran polisi setelah dihubungi oleh Morpheus. Morpheus merupakan hacker legendaris yang dicap sebagai teroris. Neo pun berjuang keras untuk menunjukkan kemampuan dan melawan program komputer super kuat yang ingin menghentikannya.

4. Rekomendasi Film Hacker Paling Seru

Gambar

11. MR. ROBOT

Jika kalian tertarik dengan hacker, MR. ROBOT bisa menjadi salah satu rekomendasi film hacker untuk kalian tonton. Film ini akan makin cocok bagi kalian yang ingin sedang belajar hacking. Kalian akan melihat aksi peretasan yang dilakukan oleh para tokoh secara gamblang.

Secara garis besar, film ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Elliot Anderson (Rami Malek). Dia merupakan pekerja teknisi di perusahaan keamanan dunia maya bernama Allsafe. Ada sosok misterius bernama Mr. Robot yang tertarik kepada Elliot dan memintanya untuk bergabung dengan kelompok hacker. Misi kelompok tersebut adalah menghancurkan E-Corp yang merupakan salah satu klien terbesar dari perusahaan tempat dia bekerja. Lalu, apa yang akan dilakukan oleh Elliot?

12. TAKEDOWN

Jika kalian sedang mencari rekomendasi film hacker, TAKEDOWN bisa menjadi jawaban yang tepat. Film ini diangkat dari kisah nyata mengenai seorang hacker yang ditulis oleh Shutomo Shimamura. Tokoh dalam film ini adalah Kevin Mitnick, seorang hacker yang kemampuannya diakui sekaligus ditakuti.

Diceritakan bahwa Kevin Mitnick berperang dengan hacker asal Jepang Shutomo Shimamura. Kevin meretas sistem supermarket yang dijaga oleh Shutomo. Ujung-ujungnya, mereka malah saling menyusup ke sistem masing-masing. Penasaran dengan akhir kisah ini? Langsung saja saksikan sendiri!

13. I.T.

Masih ada lagi rekomendasi film hacker berjudul I.T untuk kalian tonton. Film yang dirilis pada tahun 2016 ini bisa dikatakan sebagai salah satu film hacker terbaik. Secara garis besar, film ini berkisah tentang tokoh bernama Mike Ryan (Pierce Brosnan) yang harus berhadapan dengan seorang hacker jahat.

Hacker jahat itu sebenarnya adalah konsultan teknologi dari perusahaannya sendiri. Rumah yang penuh dengan teknologi canggih pada akhirnya justru membuat Mike menjadi semakin kesulitan dalam melawan aksi jahat konsultannya. Oleh karena itu, kalian tak boleh melewatkan ketegangan yang tercipta dari setiap adegannya.

14. HACKERS

Seperti judulnya, film ini jelas layak masuk rekomendasi film hacker yang bisa kalian tonton. Pada film berjudul HACKERS pula, kalian akan melihat aktor Angelina Jolie sewaktu remaja. Secara garis besar, film ini berkisah tentang sekelompok remaja yang berusaha menggagalkan rencana hacker jahat. Hacker tersebut ingin melepaskan sebuah virus digital untuk mendapatkan keuntungan jutaan dolar. Bagaimana cara mereka melakukannya? Silakan tonton sendiri aksi Angelina Jolie dan Johny Lee Miller dalam film ini!

KLovers, itulah daftar rekomendasi film hacker terbaik dan menegangkan, tapi bisa jadi hiburan di waktu luang.