9 Film Hollywood Bertarung di Kategori Best Picture Oscar 2017

Fitrah Ardiyanti | 17 Februari 2017, 19:52 WIB
9 Film Hollywood Bertarung di Kategori Best Picture Oscar 2017

Kapanlagi.com - The 89th Academy Awards atau Oscar 2017 sudah di depan mata. Diselenggarakan di Dolby Theatre, Los Angeles, California, pada Minggu 26 Februari 2017 atau Senin pagi (27/2) pukul 08.00 WIB, Oscar tahun ini menampilkan 9 film non animasi yang akan berlaga di kategori paling prestisius yaitu Best Picture.

6 di antara film yang masuk dalam kategori ini juga masuk dalam kategori Best Motion Picture di ajang Golden Globes 2017 yang diselenggarakan Januari 2017 lalu yaitu, MOONLIGHT, HELL OR HIGH WATER, LION, MANCHESTER BY THE SEA, HACKSAW RIDGE dan LA LA LAND. Ya, seringkali film yang masuk dalam GG, kemungkinan besar juga akan masuk dalam Oscar. Tahun ini, sama persis! Penasaran film apa yang masuk dalam ajang bergengsi ini dan bagaimana sinopsisnya? Simak yuk!

1. ARRIVAL
Genre: Sci-fi, Drama, Action
Sutradara: Dennis Villeneuve
Produser: Shawn Levy, Dan Levine, Aaron Ryder and David Linde
Bergenre sci-fi, film ini dibintangi oleh Amy Adams yang berperan sebagai Profesor Louise Banks, seorang ahli linguistik yang dipanggil oleh pemerintah Amerika Serikat untuk memecahkan pesan. Nggak main-main, pesan ini dikirim oleh 12 kapal alien yang mendarat di bumi!

ARRIVAL/©ISTIMEWAARRIVAL/©ISTIMEWA
Ditemani oleh seorang fisikawan, Ian Donelly (Jeremy Renner), mereka berdua harus berpacu dengan waktu untuk memecahkan pesan itu sebelum terlambat. Sementara di sisi lain, pemerintah di seluruh dunia sedang beradu argumen untuk segera meluncurkan serangan membasmi para penyusup itu.
ARRIVAL sendiri meraih 8 nominasi dalam Oscar, termasuk Best Director dan Best Cinematography. Sayangnya, baik Amy Adams dan Jeremy Renner tak masuk dalam jajaran nominasi aktor terbaik tahun ini. 

ARRIVAL - Amy Adams dan Jeremy Renner harus pecahkan sandi dari alien/©ISTIMEWAARRIVAL - Amy Adams dan Jeremy Renner harus pecahkan sandi dari alien/©ISTIMEWA

2. FENCES
Genre: Drama
Sutradara: Denzel Washington
Produser: Scott Rudin, Denzel Washington and Todd Black
Diderek oleh aktor Denzel Washington, FENCES menyoroti rasisme yang masih kental terjadi di Amerika Serikat medio 1957. Denzel berperan sebagai Troy Maxson, seorang mantan atlet baseball yang sempat tenar di Negro League. Namun, kehidupan makmur tak berpihak padanya yang kini mempunyai seorang istri, Rose (Viola Davis) dan putranya, Cory.
Troy yang hidup di Pittsburgh berjuang untuk menghidupi keluarganya dengan menjadi seorang tukang sampah di tengah rasisme.

FENCES disutradarai oleh Denzel Washington/©ISTIMEWAFENCES disutradarai oleh Denzel Washington/©ISTIMEWA

Hubungannya dengan sang istri dan anak yang terjun sebagai seorang pemain football profesional pun dipertaruhkan. Akankah dirinya mampu membuktikan bahwa ia adalah seorang ayah yang bertanggungjawab?
FENCES meraih 4 nominasi Oscar, di mana Denzel dinominasikan sebagai Aktor Utama Terbaik dan Viola masuk dalam kategori Best Actress in Supporting Role. Bagi produser Scott Rudin sendiri, ini adalah nominasi ke-7 sepanjang karirnya di industri perfilman.

FENCES/©ISTIMEWAFENCES/©ISTIMEWA

3. HACKSAW RIDGE
Genre: Action, Drama, War
Sutradara: Mel Gibson
Produser: Bill Mechanic and David Permut
Diderek oleh Mel Gibson, HACKSAW RIDGE diangkat dari kisah nyata perjuangan seorang tentara medis bernama Desmond Doss (Andrew Garfield). Pada masa Perang Dunia II, Doss yang sangat bandel di masa kecilnya, bergabung bersama prajurit AS.

Andrew Garfield berperan sebagai Desmond Doss/©ISTIMEWAAndrew Garfield berperan sebagai Desmond Doss/©ISTIMEWA

Doss sangat teguh kepada pendiriannya yang tak mau membunuh seorang manusia pun, meski dalam keadaan terhimpit. Maka, jadilah ia ditempatkan sebagai tentara paramedik tanpa sepucuk senjata pun! Tapi, berkat keteguhannya itu, ia berhasil menyelamatkan banyak nyawa prajurit di Battle of Okinawa.
Atas aktingnya, Andrew Garfield diganjar masuk dalam nominasi Aktor Utama Terbaik. HACKSAW RIDGE sendiri sukses masuk dalam 6 nominasi Oscar.

Aksi Doss di Battle of Okinawa/©ISTIMEWAAksi Doss di Battle of Okinawa/©ISTIMEWA

4. HELL OR HIGH WATER
Genre: Action, Drama, 
Sutradara: David Mackenzie
Produser: Carla Hacken and Julie Yorn
Jika sang Spider-Man bermain dalam aksi peperangan, maka lain halnya dengan kekasih Wonder Woman yang beraksi sebagai seorang perampok bank. Ya, Chris Pine berperan sebagai Toby Howard, berandalan yang sangat berani merampok beberapa bank di West Texas. Bersama sang adik, Tanner Howard (Ben Foster), ia merampok demi keberlangsungan hidup keluarganya. 

Aksi Toby (kiri) dan Tanner dalam perampokan bank/©ISTIMEWAAksi Toby (kiri) dan Tanner dalam perampokan bank/©ISTIMEWA

Alhasil, mereka pun menjadi buronan seorang polisi tangguh bernama Marcus Hamilton (Jeff Bridges). Marcus sangat berambisi untuk menangkap Howard bersaudara sebelum pensiun. Sementara itu, duo Toby dan Tannner juga ingin segera 'pensiun' dengan melakukan perampokan bank yang terakhir kalinya.
Film ini hanya masuk dalam 4 nominasi Oscar, termasuk Jeff Bridges yang menjadi salah satu nominee Best Actor in a Supporting Role.

Jeff Bridges (kiri) berperan sebagai Marcus Hamilton/©ISTIMEWAJeff Bridges (kiri) berperan sebagai Marcus Hamilton/©ISTIMEWA

5. HIDDEN FIGURES
Genre: Drama
Sutradara: Theodore Melfi
Produser: Donna Gigliotti, Peter Chernin, Jenno Topping, Pharrell Williams and Theodore Melfi
HIDDEN FIGURES diangkat dari kisah nyata perjuangan 3 wanita matematikawan cantik keturunan Afro-Amerika yang bekerja di NASA. Mereka adalah  Katherine G. Johnson (Taraji P Henson), Dorothy Vaughan (Octavia Spencer) dan Mary Jackson (Janelle Monae). Ketiganya punya kecerdasan di atas rata-rata sejak kecil.

Mary, Katherine dan Dorothy (ki-ka) beraksi di HIDDEN FIGURES/©IstimewaMary, Katherine dan Dorothy (ki-ka) beraksi di HIDDEN FIGURES/©Istimewa


Katherine, Dorothy dan Mary membuktikan bahwa tak berarti wanita kulit hitam tak punya kesempatan yang sama untuk bisa bekerja di fasilitas NASA di Virginia. Selain produser, Pharrell Williams pun mengisi original soundtrack bagi film yang akan membangkitkan semangatmu ini. HIDDEN FIGURES mencetak hanya 3 nominasi Oscar, termasuk Octavia Spencer yang masuk dalam Best Actress in a Supporting Role.

Mereka bekerja untuk NASA di Virginia/©IstimewaMereka bekerja untuk NASA di Virginia/©Istimewa

6. LA LA LAND
Genre: Drama
Sutradara: Damien Chazelle
Produser: Fred Berger, Jordan Horowitz and Marc Platt
Ah, siapa yang tak tahu kisah cinta romantis antara pianis jazz ganteng Sebastian (Ryan Reynolds) dan aktris Mia Dolan (Emma Stone) yang sudah memenangkan trofi di beragam awards ini? Dibungkus dalam suguhan drama musikal, kisah mereka mengajak kita berjalan-jalan mengelilingi Los Angeles yang indah.

Seba dan Mia bertemu dan saling jatuh cinta di LA/©IstimewaSeba dan Mia bertemu dan saling jatuh cinta di LA/©Istimewa

Berbalut kejutan-kejutan kehidupan yang tak disangka, Seba dan Mia dihadapkan pada pilihan akan hidup mereka masing-masing. Apakah mereka akan mengorbankan cinta demi karir atau sebaliknya?
Sejauh ini, LA LA LAND mencetak rekor sebagai film terbanyak yang masuk dalam nominasi Oscar dengan angka 14 kategori. Of course, termasuk dengan Ryan dan Emma yang masing-masing masuk dalam Aktor dan Aktris Utama Terbaik tahun ini.

Antara karir dan cinta, mana yang mereka pilih?/©IstimewaAntara karir dan cinta, mana yang mereka pilih?/©Istimewa

7. LION
Genre: Drama
Sutradara: Garth Davis
Produser: Emile Sherman, Iain Canning and Angie Fielder
Mengisahkan perjalanan seorang anak adopsi mencari orangtua kandungnya, LION dibintangi oleh Dev Patel yang berperan sebagai Saroo Brierley. Sejak usia 5 tahun, Saroo yang terpisah dengan orangtuanya di India, diadopsi oleh pasangan asal Australia. 

Petualangan Dev Patel mencari orangtua aslinya/©IstimewaPetualangan Dev Patel mencari orangtua aslinya/©Istimewa
Beranjak dewasa, Saroo mengetahui identitas sebenarnya dan ngotot untuk kembali 'pulang' menemukan orangtua aslinya lewat kecanggihan teknologi masa kini. LION meraih 6 nominasi termasuk Dev Patel dalam Actor in a Supporting Role dan Nicole Kidman dalam Actress in a Supporting Role.

Akankah Saroo temukan orangtuanya di India?©IstimewaAkankah Saroo temukan orangtuanya di India?©Istimewa

8. MANCHESTER BY THE SEA
Genre: Drama
Sutradara: Kenneth Lonergan
Produser: Matt Damon, Kimberly Steward, Chris Moore, Lauren Beck and Kevin J. Walsh
MANCHESTER BY THE SEA adalah salah satu nominee dalam kategori Best Motion Picture: Drama dalam Golden Globes 2017. Film ini, mengisahkan kisah perjuangan seseorang bernama Lee Chandler (Casey Affleck). Lee adalah seorang pria kesepian dengan segudang masalah di hidupnya. Suatu hari, ia mendapatkan telepon jika sang kakak terkena serangan jantung.

Drama berliku kehidupan Casey Affleck dalam MANCHESTER BY THE SEA/©IstimewaDrama berliku kehidupan Casey Affleck dalam MANCHESTER BY THE SEA/©Istimewa
Sang kakak meninggal sebelum Lee sampai di rumah sakit. Ternyata, ia mendapatkan wasiat untuk menjadi guardian bagi keponakannya yang masih remaja, Patrick. Ia tak percaya dan tak merasa mampu untuk bisa membesarkan seorang remaja yang berapi-api, sedangkan dirinya punya banyak masalah yang menghantui.
Atas aktingnya, Casey Affleck diganjar penghargaan sebagai Best Actor in a Leading Role dan membuat Michelle Williams, yang memerankan karakter Randi, istri Lee Chandler, menjadi nominee dalam kategori Best P Actress in a Supporting Role. Filmnya sendiri mendapatkan 6 nominasi Oscar.

Akankah keduanya bersatu kembali?/©IstimewaAkankah keduanya bersatu kembali?/©Istimewa

9. MOONLIGHT
Genre: Drama
Sutradara: Barry Jenkins
Produser: Adele Romanski, Dede Gardner and Jeremy Kleiner
MOONLIGHT adalah peraih Best Motion Picture - Drama Golden Globes 2017. Dibintangi oleh Mahershala Ali dan Naomie Harris yang masing-masing menjadi nominasi sebagai Best Actress & Actor in a Supporting Role dalam Oscar 2017, kisah dalam MOONLIGHT dibagi menjadi 3 bagian.

MOONLIGHT/©IstimewaMOONLIGHT/©Istimewa


Pada intinya, film ini mengisahkan cerita kehidupan seorang anak lelaki Afro-America yang bernama Chiron. Film ini mengisahkan perjuangan Chiron mencari jati diri, dengan latar belakangnya yang merupakan anak broken home, besar di Drug War Era (1980-an) dan merasakan cinta sesama jenis. Through the good and pain, nikmati masa demi masa Chiron beranjak dewasa dalam sajian artistik ini.

Bagaimana kelanjutan kehidupan Chiron?/©IstimewaBagaimana kelanjutan kehidupan Chiron?/©Istimewa

Jadi, mana film favoritmu? (kpl/tch)

Editor:   Fitrah Ardiyanti