9 Macam Avengers Populer yang Ada di Marvel Universe

Dhimas Nugraha | Selasa, 10 September 2019 15:47 WIB
9 Macam Avengers Populer yang Ada di Marvel Universe

Kapanlagi.com - Semenjak diperkenalkan pada tahun 2012 lalu, THE AVENGERS selalu berhasil menarik perhatian. Banyak fans yang langsung jatuh cinta dengan para kumpulan superhero besutan Marvel Universe tersebut.

Dengan dipimpin langsung oleh Captain America, kelompok pahlawan super bentukan S.H.I.E.L.D.ini berhasil mempertahankan Bumi dari serangan Alien.

Dari enam orang pada pertama kali terbentuk, anggota Avengers terus bertambah di setiap sekuelnya. Namun, apakah kalian tahu jika sebenarnya ada banyak versi Avengers yang pernah dikenalkan oleh Marvel Comic?

Nah, berikut ini adalah beberapa versi Avengers yang pernah ada di jajaran komik keluaran Marvel. Simak ulasannya.

1 dari 9 halaman

1. 8 Avengers

©Marvel Comic
Dalam comic Marvel Earth-616 Avengers sudah terbentuk sejak satu juta tahun sebelum Masehi. Ada 8 anggota superhero yang tergabung dalam Avengers kala itu. Mereka adalah, Odin Borson, Phoenix Face, Agamotto, Ghost Rider, Starbrand. Phoenix, Black Panther, dan Fan Fei.

Para makhluk kuat ini berkumpul untuk melawan salah satu Celestial bernama Zegreb yang kala itu menyerang Bumi. Odin dan Avengers lain berhasil memukul mundur Zagreb dan menempatkannya di Bulan sebagai peringatan untuk Celestial yang lain.

2 dari 9 halaman

2. The Avengers

The Avengers ©Marvel Studios
Satu juta tahun setelah Avengers pertama terbentuk, kelompok superhero ini kembali dibuat di zaman modern. Dikumpulkan oleh S.H.I.E.L.D., pahlawan ini beranggotakan Iron-Man, Captain America, Thor Odinson, Hulk, Black Widow, Hawkeye.

Sama dengan Avengers 8, pertarungan pertama mereka melawan para Alien yang menginvasi Bumi. Para Alien ini dipanggil oleh Loki, saudara tiri Thor untuk memusnahkan Bumi.

3 dari 9 halaman

3. Mighty Avengers

Mighty Avengers ©Marvel Comic
Pada masa Civil War, Avengers terbelah menjadi dua kubu, kubu Captain America dan kubu Iron-Man. Dalam cerita asli versi comic, usai kejadian itu, Iron-Man yang menjabat sebagai direktur S.H.I.E.L.D. membentuk sebuah kelompok baru.

Tony Stark sebagai pimpinan saat itu membentuk kelompok bernama Mighty Avengers. Kelompok ini langsung berada di bawah komando pemerintahan. Beranggotakan 6 orang, mereka adalah Iron-Man, Ms Marvel, Wasp, Black Widow, Ares, Sentry dan Wonder Man.

4 dari 9 halaman

4. Dark Avengers

Dark Avengers ©Marvel Comic
Kegagalan Tony Stark dalam menghadapi invasi bangsa Skrull ke Bumi membuatnya harus mundur dari direktur S.H.I.E.L.D. Usai kejadian secret invasion, ia pun akhirnya digantikan oleh Norman Osborn, dan mengubahnya menjadi H.A.M.M.E.R.

Norman pun membentuk Avengers baru yang beranggotakan 7 orang. Kelompok ini sebenarnya adalah kumpulan para Villain yang menyamar sebagai superhero.

Mereka adalah Moonstone (Karla Sofen), Venom (Mac Gargan), Bullseye, Daken (Anak Wolverine), Sentry, Ares, Captain Marvel (Noh-Varr) dan Norman Osborn (Iron Patriot).

5 dari 9 halaman

5. New Avengers

New Avengers ©Marvel Comic
Ada hal yang menarik dari salah satu cerita buatan Marvel ini, yakni Avengers Disassambled. Bubarnya Avengers karena kekuatan Scarlett Witch yang tak terkontrol karena mengalami tekanan mental.

Dalam kejadian tersebut, dua anggota Avengers pun terbunuh, yakni Ant-Man dan Hawkeye, hingga dunia pun tak punya Avengers.

Enam bulan berselang, Avengers tersisa, Captain America dan Iron-Man pun membentuk Avengers baru bernama New Avengers. Mereka merekrut Spider-Man, Luke Cage, dan Spider-Woman. Dalam perjalanannya mereka pun menemukan dua anggota baru, Wolverine dan Sentry.

Mereka membentuk New Avengers untuk melawan Electro yang kala itu berhasil membebaskan para villain yang mengancam Bumi.

6 dari 9 halaman

6. Secret Avengers

Secret Avengers ©Marvel Comic
Cerita seru lainnya dalam cerita Marvel, yaitu event Siege ketika para superhero melawan Dark Avengers buatan Norman Osborn. Dark Avengers berhasil dikalahkan, dan Captain America berhasil mengambil alih H.A.M.M.E.R.

Captain America yang kala itu berhasil memimpin kembali para superhero membentuk sebuah unit baru, yaitu Secret Avengers atau yang kerap disebut Black Ops.

Para pahlawan ini dibuat khusus dan rahasia untuk mengidentifikasi masalah agar lebih terkoordinasi. Anggotanya pun sangat ahli dalam misi Black Opertion. Meraka adalah, Black Widow, Ant-Man, Beast, Moon Knight, Nova, Sharon Carter, Valkyrie, dan War Machine,

7 dari 9 halaman

7. Avengers illuminati

Avengers illuminati ©Marvel Comic
Avengers Illuminati adalah kelompok Avengers yang diisi oleh karakter-karakter kunci di Marvel Universe. Mereka adalah Iron-Man (Avengers), Professor Xavier (X-Men), Mr. Fantastic (Fantastic 4), Dr. Strange (Sorcerer Supreme), Namor (Atlantis), dan Black Bolt (Inhumans).

Kelompok ini pertama kali terbentuk karena ide dari Iron-Man saat peperangan bangsa Skrull dan Kree di Bumi. Demi mengusir para Alien tersebut, Iron-Man akhirnya membentuk Avengers Illuminati.

Meski sempat ditolak, tapi kelompok ini tetap berdiri demi melindungi Bumi. Selama masa tugas, Avengers Illuminati berhasil menyelamatkan Bumi saat Secret Invasion dan World War Hulk.

8 dari 9 halaman

8. Young Avengers

Young Avengers ©Marvel Comic
Bercerita tahun 3016, seorang pemuda bernama Nathanael Richards berhasil diselamatkan dari kejahatan yang datang dari masa depannya sendiri sebagai Kang The Conqueror. Kang memberikan sebuah armor besi kepada Nathan dan berharap bisa mengubah masa depannya, ia pun menyebut dirinya Iron Lad.

Namun, Nathan menyadari jika ada yang salah dengan armornya. Ia pun pergi mengunjungi markas Avengers. Tapi bangunan itu sudah ditinggalkan setelah peristiwa Avengers Disassambled. Ia pun mencoba melacak tubuh Vision ketika di gudang Stark Enterprise.

Ia kemudian mengunduh program dan protokol Avengers, dan mulailah ia mencari anggota baru. Akhirnya ia berhasil menemukan empat anggota lain, mereka adalah Issaiah Bradley (Patriot), Wiccan (Asgardian), Thomas Shepherd (Speed), Theodore “Teddy” Altman (Hulkling).

9 dari 9 halaman

9. A-Force

A-Force ©Marvel Comic
Salah satu hal yang menarik dari Marvel adalah dengan munculnya A-Force. A-Force adalah gabungan para superhero wanita. Mereka pertama kali muncul dalam Marvel Comic Earth- 616 Vol. 4.

Anggota A-Force versi komik adalah Captain Marvel, Dazzler (Female Thor), She-Hulk, Medusa, Singularity, dan Nico Minoru.

Pada film, A-Force pertama kali muncul di film AVENGERS: ENDGAME. Kala itu mereka membantu Spider-Man yang kewalahan melindungi Infinity Gauntlet dari Thanos.

Kelompok wanita kuat ini beranggotakan lebih dari 6 orang. Mereka adalah, Iron-Heart, Wasp, Valkyrie, Captain Marvel, Scarlett Witch, Gamora, Okoye dan Shuri.

(kpl/dim)


Editor:  

Dhimas Nugraha

↑