Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Adegan Pantai Tak Terlupakan: Dari Bercinta Sampai Perang Dunia

Mahardi Eka Putra   | Kamis, 07 November 2013 20:01 WIB
Adegan Pantai Tak Terlupakan: Dari Bercinta Sampai Perang Dunia
dok. Columbia Pictures

Kapanlagi.com - Pantai menjadi tempat favorit para sineas untuk menjadi lokasi syuting. Bukan hanya pemandangan indah pasir putih dan birunya air laut saja yang mereka tunjukkan, namun karena pantai bisa menjadi setting lokasi yang pas untuk adegan-adegan memorable dalam sejarah pertilman Hollywood.

Hingga detik ini, sineas Hollywood secara kreatif menjadikan pantai sebagai latar dari momen-momen hebat dalam film. Mulai dari adegan romantis sampai yang membuat penonton terkaget karenanya. Simak saja daftar berikut, dan nikmati momen-momen sinematik yang tak terlupakan di pantai. (lst/dka)

1. FROM HERE TO ETERNITY

Gambar

Banyak dari adegan sinematik di pantai malah merupakan adegan yang sedikit vulgar dan seksi. Dan harus diakui bahwa penonton pun menyukainya. Penonton yang menikmatinya sih santai saja melihat adegan panas tersebut seperti yang terlihat dalam film FROM HERE TO ETERNITY ini padahal para aktor dan aktris yang melakoninya sangat tak nyaman bercinta-cintaan di atas pasir pantai.

Coba deh kamu ke pantai dan berguling-guling di atas pasirnya. Pasti tak nyaman.

2. PLANET OF THE APES

Gambar

Pantai dalam film yang dibintangi oleh Charles Heston ini menjadi latar yang pas untuk memberikan twist ending kepada para penontonnya. Setelah dibuat tegang di sepanjang film, penonton masih disuguhi dengan adegan mengejutkan ketika sang tokoh utama terdampar di pantai dan mengetahui bahwa Bumi telah dikuasai oleh para monyet yang berevolusi.

Disertakannya patung Liberty di pesisir pantainya membuat momen sinematik dalam film ini tersaji megah dan keren.

3. GREASE

Gambar

Film musikal paling populer di tahun 1971 ini tak ketinggalan menyertakan adegan pantai di pembukaannya. Di adegan pembukaannya, diperlihatkan adegan mesra antara Sandy dan Danny (John Travolta) sedang berguling-guling di atas pasir pantai. Adegan ini bisa dipastikan terinspirasi dari film FROM HERE TO ETERNITY.

4. BEACH BLANKET BINGO

Gambar

Dari judul filmnya saja sudah ketahuan bahwa film garapan tahun 1965 ini bakal mengambil setting lokasi di pantai. Di sepanjang film, penonton akan disuguhi betapa serunya menghabiskan waktu di pantai kala itu. Para pemainnya yang kebanyakan mengenakan bikini dan juga bertelanjang dada hampir di sepanjang film berenang, berselancar, menari, dan berpesta sampai pingsan...

5. CHARIOTS OF FIRE

Gambar

Film pemenang Oscar di 1981 ini punya satu adegan yang memorable hingga saat ini. Terbukti adegan tersebut dipakai sebagai promo Oscar 2013 lalu oleh Rowan Atkinson. Adegan tersebut tak lain adalah adegan ketika para atlet berlari di pantai dalam pakaian putih dan dalam gerakan lambat. Bayangkan kamu sedang berada di treadmill dengan musik super elegan dan megah.

6. THE SEVENTH SEAL

Gambar

Film thriller satu ini menghadirkan ketegangan yang tak tergantikan. Bayangkan bila kamu adalah seorang ksatria zaman pertengahan yang harus berbincang empat mata dan bermain catur dengan sang setan untuk menyelamatkan nyawanya sendiri. Dan pantai menjadi tempat klimaks pertandingan catur hidup dan mati tersebut.

Klimaks tersebut makin terasa karena pantai yang dimaksud digambarkan dalam gambar hitam putih. Warna lautnya yang hitam sungguh menambah ketegangan dalam cerita.

7. SHE'S ALL THAT

Gambar

Film ini memang hanya film tahun 90-an dengan kisah cinta yang generik. Tak ada yang terlalu istimewa di dalamnya. Tapi satu adegan di pantainya yang menjadi pusat perhatian. Bukan karena keindahan pantainya, namun lebih karena dialog di dalam adegan tersebut sungguh buruk dan mengundang banyak caci maki.

8. JAWS

Gambar

Ingat pantai, penikmat film pasti teringat hiu ganas dalam film JAWS. Thriller seru ini bersetting di sebuah kota di pinggir pantai yang indah. Tapi keindahan tersebut berubah menjadi kengerian saat hiu raksasa ganas berenang-renang di pesisirnya. Sebuah tindakan  harus diambil supaya pantai tersebut tak merenggut nyawa lebih banyak pengunjungnya.

9. TERMS OF ENDEARMENT

Gambar

Di tahun 1983, di tahun pembuatan filmnya, mobil yang dipakai Jack Nicholson ini terhitung sporty dan futuristik. Satu kata... keren pokoknya. Salah satu adegan yang ada di dalamnya memperlihatkan Jack melajukan kencang mobil tersebut dan mengeremnya secara mendadak. Mobil yang melaju kencang tersebut langsung berputar kencang dan memelantingkan Jack ke dalam air.

10. 10

Gambar

Sebelum Pamela Anderson tenar dengan adegan bikininya di pinggir pantai, sutradara Blake Edwards sudah mempopulerkannya terlebih dahulu. Ia memoles pesona Bo Derek ketika berlari jogging di pantai. Apa mungkin Pamela Anderson meniru gerakan ikonik tesebut ya? Satu kelemahan dari momen jogging pantai ini adalah rambut Bo Derek yang dikepang kecil-kecil tersebut.



11. MOONRISE KINGDOM

Gambar

Wes Anderson tahu benar bahwa asmara para remaja begitu menarik untuk disimak. Dalam film terbaru sang sutradara, MOONRISE KINGDOM, ditampilkan percintaan antara dua anak muda anggota pramuka. Mereka melarikan diri bersama untuk merayakan cinta mereka, jauh dari para orang tua. Berdansa di pinggir pantai menjadi salah satu momen indahnya.

12. DR. NO

Gambar

Siapa yang menyangka bahwa adegan pantai yang paling dikenal salah satunya berasal dari film James Bond, DR.NO. Adegan tersebut terjadi ketika Honey Ryder (Ursula Andress) keluar dari dalam air dengan bikini putihnya dan dalam gerakan lambat pula. Saking ikoniknya adegan ini, maka Halle Berry dalam DIE ANOTHER DAY pun mengulang adegan tersebut.

13. TOP GUN

Gambar

Dalam salah satu adegan homoerotis dalam sejarah perfilman, gang TOP GUN, Maverick (Tom Cruise) dan rekan-rekannya bermain voli pantai dengan bertelanjang dada. Adegan tersebut makin terasa ikonik sebab musik Kenny Loggins' “Playing With the Boys” terdengar keras dari sebuah boombox yang diletakkan di dekat lapangan voli.

14. 81/2

Gambar

Dalam film garapan tahun 1963 ini, sutradara Federicco Fellini menyertakan salah satu adegan yang tak bakal kamu sangka. Beberapa anak kecil sengaja membayar seorang wanita tuna susila untuk menari di depan mereka. Semua itu terjadi tepat di pinggir pantai Mediterania yang indah.

15. SAVING PRIVATE RYAN

Gambar

Tidak ada yang menjamin bahwa pantai menjanjikan hal-hal indah. Tengoklah film garapan Steven Spielberg ini. Adegan pembukanya menampilkan adegan peperangan paling epik dalam sejarah perfilman. Yang tidak kuat darah jangan nekad menontonnya.

 

Editor:   Mahardi Eka Putra