Bayaran Robert Downey Jr Selama Jadi Iron-Man, Dari Jutaan Hingga Trilliunan

Dhimas Nugraha | Kamis, 09 Mei 2019 18:30 WIB
Bayaran Robert Downey Jr Selama Jadi Iron-Man, Dari Jutaan Hingga Trilliunan

Kapanlagi.com - Usai sudah kontrak Robert Downey Jr sebagai Iron-Man bersama Marvel dan Avengers.Peran RDJ sebagai Iron-Man harus berakhir di film AVENGERS: ENDGAME. Sutradara Russo bersaudara memberikan peran penting kepada Robert Downey Jr sebgai bentuk penghormatan selama 11 Iron-Man bersama Marvel.

Sejak kemunculan pertamanya sebagai di film IRON-MAN, Karakter Tony Stark sudah melekat pada diri Robert Downey Jr. Nah, dari 11 tahun bersama Marvel, RDJ tak hanya bermain di film IRON-MAN saja. Namun, juga bermain di film Marvel yang lain.

Dari sekian banyak perannya di beberapa film, Marvel sebagai perusahaan utama, memberikan upah yang layak untuk Downey. Namun, sebelum ia menjadi bintang termahal di MCU, ternyata Robert Downey Jr pernah dibayar hanya US$500 ribu.

Penasaran kan bayaran RDJ selama menjadi Iron-Man di Marvel. Nah, dilansir dari verdict.co.uk, berikut ini estimasi pendapatan Robert Downey Jr dari film IRON-MAN sampai film AVENGERS: ENDGAME. 

 

 

1 dari 9 halaman

1. 'IRON-MAN'

'IRON-MAN' Robert Downey Jr sebagai Iron-Man credit: imdb.com
Ditunjuk sebagai Tony Stark, Robert Downey Jr pada film pertama IRON-MAN mendapatkan bayaran 500 ribu dollar atau setara dengan 7,1 miliar rupiah. Bayaran ini termasuk kecilsebagai aktor Hollywood. Dan dari sinilah kesuksesan RDJ bersama Marvel sebgai Iron-Man dimulai.

 

2 dari 9 halaman

2. 'IRON-MAN 2'

'IRON-MAN 2' Robert Downey Jr sebagai Iron-Man credit: imdb.com
Melanjutkan kesuksesan dari sekuel pertama, Robert Downey Jr berhasil meraup keuntungan hingga 13 juta dollar. Pada awal kontrak, seharusnya RDJ hanya mendapatkan 10 juta dollar. Namun, dengan kesuksesan film tersebut dan peran dari Robert Downey Jr, ia berhak mendapat 2,5 persen dari keuntungan film sebesar 3 juta dollar.

Jadi jika ditotal keseluruhan bayaran Robert Downey Jr di film IRON MAN 2, dari kontrak dan share, ia mendapat keuntungan sebesar 186 miliar rupiah.

3 dari 9 halaman

3. 'THE AVENGERS'

'THE AVENGERS' Robert Downey Jr sebagai Iron-Man credit: imdb.com
Sama dengan film IRON-MAN 2, estimasi bayaran yang diterima oleh Robert Downey Jr juga termasuk dari keuntungan film. Film pertama THE AVENGERS tersebut mendapat keuntungan bersih sebesar 1,518 miliar dollar atau setara dengan 21,8 triliun rupiah.

Dari keuntungan film tersebut dan ditambah dengan bayaran pokoknya, Robert Downey Jr memperoleh bayaran 10 juta dollar ditambah dengan profit film 29 juta dollar. Jadi total bayaran RDJ di film ini mencapai 39 juta dollar atau setara dengan 560 miliar rupiah.

4 dari 9 halaman

4. 'IRON-MAN 3'

'IRON-MAN 3' Robert Downey Jr sebagai Iron-Man credit: imdb.com
Meski pendapatan film ini tidak sebesar film THE AVENGERS, film terakhir dari sekuel Iron-Man ini juga mampu memberikan bayaran yang lumayan besar untuk Robert Downey Jr.

Dengan total keuntungan film mencapai 1,214 triliun dollar, film ini mampu memberikan keuntungan sebesar 22 juta dollar. Artinya jika ditambahkan seperti sebelumya, total bayaran Tony Stark di film ini mencapai 35 juta dollar atau 503 miliar rupiah.

5 dari 9 halaman

5. 'AVENGERS: AGE OF ULTRON'

'AVENGERS: AGE OF ULTRON' Robert Downey Jr sebagai Iron-Man credit: imdb.com
Masih tetap menjadi bintang utama dari sekuel Avengers kedua, bayaran Robert Downey Jr tidak sebesar pada film pertama. Film AVENGERS: AGE OF ULTRON yang berhasil meraup keuntungan total 1,405 miliar dollar hanya memberikan keuntungan sebesar 22 juta dollar untuk RDJ.

Jika ditotal keseluruhan, selama film ini Robert Downey Jr hanya mendapatkan bayaran sebesar 35 juta dollar, atau setara dengan 503 miliar rupiah.

6 dari 9 halaman

6. 'CAPTAIN AMERICA: CIVIL WAR'

'CAPTAIN AMERICA: CIVIL WAR' Robert Downey Jr sebagai Iron-Man credit: imdb.com
Marvel juga menambahkan kontrak untuk Robert Downey Jr di film ketiga Captain America. Awalnya penulis dari film CAPTAIN AMERICA: CIVIL WAR hanya memberikan sedikit peran untuk RDJ. Namun, presiden Marvel Kevin Feige meminta untuk memberikan peran lebih banyak untuk RDJ sebagai untuk meningkatkan bisnis dan keuntungan film.

Tentu saja dengan kemunculan Iron-Man film ini berhasil meraup keuntungan hingga 1,1 triliun. Dan ini menjadikannya film sekuel Captain America dengan keuntungan paling besar. Dari film ini, Robert Downey Jr berhasil mendapatkan bayaran sebesar 63,74 juta dollar setara dengan 916 miliar rupiah.

7 dari 9 halaman

7. 'SPIDER-MAN: HOMECOMING'

'SPIDER-MAN: HOMECOMING' Robert Downey Jr sebagai Iron-Man credit: imdb.com
Di film SPIDER-MAN: HOMECOMING, meski tidak terlalu banyak adegan, namun Robert Downey Jr sebagai Iron-Man memiliki peran penting. Iron-Man atau Tony Stark adalah orang yang berpengaruh dalam pembentukan karakter Peter Parker sebagai Spider-Man.

Meski hanya cameo, Robert Downey Jr mendapatkan bayaran yang cukup fantastis. Dari keuntungan film dan sebagai peran pembantu, Robert Downey Jr berhasil meraup keuntungan sebesar 15 juta dollar atau 215 miliar rupiah.

8 dari 9 halaman

8. 'AVENGERS: INFINITY WAR'

'AVENGERS: INFINITY WAR' Robert Downey Jr sebagai Iron-Man credit: imdb.com
Seiring dengan semakin terkenalnya Iron-Man, nama Robert Downey Jr disebut-sebut sebagai aktor Marvel dengan bayaran paling mahal. Di film AVENGERS: INFINITY WAR, Robert Downey Jr sebagai Iron-Man memiliki peran sentral dalam film ini.

Dilansir dari Hollywoodreporter.com, keuntungan yang diraih oleh Robert Downey Jr mencapai angka yang besar. Jika ditambahkan dengan bayaran utama dan keuntungan film serta beberapa profit yang lain, total bayaran yang diterima RDJ di film AVENGERS: INFINITY WAR mencapai 75 juta dollar atau mencapai 1 triliun rupiah.

9 dari 9 halaman

9. 'AVENGERS: ENDGAME'

'AVENGERS: ENDGAME' Robert Downey Jr sebagai Iron-Man credit: imdb.com
Film AVENGERS: ENDGAME menjadi salah satu film Marvel yang memberikan banyak keuntungan. Tak hanya untung, film ini juga mampu mencetak banyak rekor hanya dalam hitungan hari. Bahkan Endgame sudah mampu menggeser TITANIC dari urutan dua film terlaris sepanjang masa.

Di film terakhir ini Iron-Man mengorbankan nyawa demi menyelamatkan bumi dari kehancuran melawan Thanos. Diprediksi dari film ini, Robert Downey Jr mendapat bayaran sekitar 100 juta dollar atau setara dengan 1,4 triliun. Angka yang sungguh fantastis.

(kpl/DIM)


Editor:  

Dhimas Nugraha

↑