'CRIMSON PEAK' Bakal Dilarang Tayang di Cina, Ini Alasannya

Fitrah Ardiyanti | 24 Oktober 2015, 13:52 WIB
'CRIMSON PEAK' Bakal Dilarang Tayang di Cina, Ini Alasannya

Kapanlagi.com - Menjelang perayaan Halloween yang biasanya diperingati setiap akhir Oktober di Amerika Serikat, bulan ini banyak film-film bergenre horor dirilis. Selain PARANORMAL ACTIVITY: THE GHOST DIMENSION dan juga THE VATICAN TAPES, ada juga film horor artistik yang digarap sutradara Guillermo Del Toro.

Sayang, film garapan sutradara film MAMA ini flop. Di AS, CRIMSON PEAK hanya mendapatkan US$ 13,1 juta atau setara dengan Rp 178 juta. Padahal film yang dibintangi Tom Hiddleston, Mia Wasikowska, Jessica Chastain dan Charlie Hunnam ini dibuat di atas budget US$ 78 juta (Rp 1,05 T). 

Untuk mengembalikan modal, biasanya para studio dan distributor film bergantung pada Cina. Pasar perfilman Cina dianggap bisa menghasilkan pendapatan tinggi disebabkan oleh tingkat populasinya yang mencapai 1,4 miliar manusia.

CRIMSON PEAK bakal dilarang tayang di Cina/©Legendary PicturesCRIMSON PEAK bakal dilarang tayang di Cina/©Legendary Pictures

Namun, Legendary Pictures nampaknya bakal menelan pil pahit dan harus berusaha mencari alternatif lain. Mengapa? Karena Cina melarang keras film-film bergenre horor diputar di bioskop!

Dilansir The Hollywood Reporter, negeri Tirai Bambu ini selalu menolak untuk memutar film-film yang menampilkan hantu, pemujaan dan sejenisnya, baik untuk film luar negeri ataupun film lokal Cina. Kebijakan ini membuat pusing tujuh keliling bagi para sineas film horor.

CRIMSON PEAK sendiri menceritakan kehidupan Edith Cushing (Mia Wasikowska) yang bisa berkomunikasi dengan hantu. Ia menikah dengan Thomas Sharpee (Tom Hiddleston) yang tinggal di mansion tua di Crimson Peak. Edith pun perlahan menguak misteri mengerikan di balik mansion tua ini. Penasaran ada cerita seram apa di balik CRIMSON PEAK? Yuk, nonton di bioskop kesayanganmu.

(hol/tch)

Editor:   Fitrah Ardiyanti