'CRIMSON PEAK' Ternyata Diangkat Dari Pengalaman Mistis Sutradara

Fitrah Ardiyanti | 20 Oktober 2015, 14:52 WIB
'CRIMSON PEAK' Ternyata Diangkat Dari Pengalaman Mistis Sutradara

Kapanlagi.com - Oktober selalu identik dengan perayaan Halloween di Amerika Serikat. Kebudayaan ini pun akhirnya merembet ke dalam industri perfilman Hollywood, di mana para studio beramai-ramai merilis film-film horor untuk meramaikan suasana Halloween.

Selain THE VATICAN TAPES dan PARANORMAL ACTIVITY: THE GHOST DIMENSION, film horor lainnya dengan sentuhan gothic karya sutradara asal Meksiko, Guillermo Del Toro juga akan dirilis. Berjudul CRIMSON PEAK, film ini dibintangi oleh empat nama besar yaitu Tom Hiddleston, Jessica Chastain, Mia Wasikowska dan Charlie Hunnam.

Kisahnya sendiri bercerita tentang seorang penulis, Edith Cushing (Mia Wasikowska) yang memilih untuk menikah dengan seorang stranger, Thomas Sharpe (Tom Hiddleston). Thomas tinggal di mansion tua di puncak bukit bersama saudarinya, Lucille Sharpe (Jessica Chastain). Sebagai seorang penghuni baru, Edith pun mulai merasakan kengerian dan teror oleh para penunggu mansion tersebut. Ia pun mulai mengungkap rahasia kelam di balik rumah sang suami.

Edith Cushing bakal menguak rahasia kelam di balik rumah Thomas Sharpe/©LegendaryEdith Cushing bakal menguak rahasia kelam di balik rumah Thomas Sharpe/©Legendary

Ternyata kisah CRIMSON PEAK ini diambil dari pengalaman mistis yang dialami oleh ibu Guillermo saat masih kecil. "Adegan pembuka film ini berasal dari pengalaman mistis ibuku. Nenek ibuku meninggal saat ia masih kecil. Ia menangis di atas tempat tidur dan kemudian mendengar suara gaun satin neneknya di koridor. Ia juga mencium bau parfum yang biasa dipakai nenek. Tak lama, ia mendengar suara orang menaiki tempat tidurnya. Ibuku berteriak ketakutan dan langsung meninggalkan kamarnya," tutur sutradara di balik film MAMA dan THE ORPHANAGE ini.

Dilansir Cinema Blend, Guillermo juga mengakui jika karya terbarunya ini memang terinspirasi oleh era Victoria di Inggris, plus karya dua orang penulis yang terkenal pada abad itu, Mary Shelley dan Anne Radcliffe. Inspirasi yang sangat kental ini bisa dilihat dari setiap frame CRIMSON PEAK.

Guillermo Del Toro memang terkenal dengan karya-karya film horornya yang nggak biasa. Mulai dari MIMIC hingga THE ORPHANAGE, MAMA sampai sampai CRIMSON PEAK, semua punya signature yang hampir sama yaitu berlatar dark fairy tale atau hadirnya makhluk-makhluk mengerikan yang tak pernah kita duga. Jadi, berani nonton CRIMSON PEAK sendirian?

(cin/tch)

Editor:   Fitrah Ardiyanti